15 Tempat Wisata di Maros Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Tempat Wisata di Maros
Bulu Tombolo taken by @erwin_prayoga_

Nyero.ID –  Ada banyak tempat wisata di Maros yang bisa masuk dalam agenda liburan panjangmu tahun ini.

Sebagai salah satu kabupaten di Sulawesi Selatan, Maros menawarkan berbagai pilihan objek wisata menarik dengan dominasi wisata alamnya yang masih sangat alami.

Wisata Leang-Leang dan Taman Nasional Bantimurung menjadi destinasi paling terkenal yang selalu ramai dikunjungi di akhir pekan maupun hari libur lainnya.

Umumnya, wisatawan akan menyerbu kedua tempat ini. Padahal, Maros tidak hanya memiliki wisata alam, terdapat juga tempat bersejarah, area bermain anak hingga spot foto kekinian yang instagramable.

Nah, penasaran kan destinasi apa saja yang bisa di sambangi di sana. Berikut daftar lengkap tempat wisata di Maros terbaru & paling rekomended dikunjungi:

1. Bulu Tombolo Maros

Wisata Hits Terbaru Bulu Tombolo Maros
Photo by @tnbabul

Bulu tombolo merupakan destinasi terbaru di Maros yang menyuguhkan pemandangan alam terbuka dari atas ketinggian.

Hamparan pegunungan berbaris dengan paduan sawah terlihat indah dan unik dari gardu pandang yang disediakan.

Beberapa sarana pendukung telah dibangun oleh masyarakat sekitar, termasuk mendirikan spot selfie dari bambu untuk mengikuti trend wisata hits kekinian.

Lokasi: Pattiro, Kecamatan Camba, Kebupaten Maros, Sulawesi Selatan.

2. Puncak Makkaroewa

Wisata Hits Puncak Makkaroewa Maros
Photo by @andielviraa.a

Puncak Makkaroewa merupakan destinasi wisata baru yang berhasil meraih posisi kedua kategori Daya Tarik Wisata dalam gelaran lomba Dinas Pariwisata Sulsel tahun 2017.

Daya tarik utama puncak Makkaroewa yaitu pemandangan hutan pinus dan lembah yang indah di atas ketinggian, bahkan pada malam hari bisa melihat gemerlap lampu dari Kota Makassar.

Berada disana seakan memberikan ketenangan jiwa, semilir angin terasa sejuk dibawah rindangnya pohon pinus dengan pemandangan kota camba.

Umumnya, wisatawan yang berkunjung akan berselfie ria, menikmati suasana alam sejuk, hingga berkemah di area camping ground yang disedikan.

Lokasi: Labuaja, Kecamatan Cenrana, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

3. Bukit Kanari Cenrana

Wisata Hits Terbaru Bukit Kanari Cenrana Maros
Photo by @penjelajah_bayangan

Wisatawan yang ingin berlibur dengan suasana berbeda bisa berkunjung ke Bukit Kanari, salah satu destinasi baru yang juga hits di media sosial.

Suasana Bukit kanari juga tenang namun sedikit terbuka dibandingkan dengan puncak Makkaroewa, sehingga disarankan membawa pelindung kepala untuk mengurangi terpaan sinar matahari.

Tersedia beberapa gardu pandang untuk berfoto selfie mengikuti trend wisata kekinian. Seperti pintu langit, sayap burung, balai dengan bendera merah putih, spot love, dll.

Bukit kenari juga menjadi area camping ground alternatif di maros, namun hanya bisa memuat belasan tenda di area Puncak.

Untuk berkemah ke tempat ini, sebaiknya datang lebih awal, supaya bisa mendapatkan lokasi di atas bukit.

Lokasi: Malaka, Cencana Baru, Kecamatan Cenrana, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

4. Helena Sky Bridge

Selfie Hits di Halena Sky Bridge Taman Nasional BantimurungMaros
Photo by @wahyupratamaaaa

Selain koleksi kupu-kupu yang cukup beragam dengan bentang alam yang begitu eksotis, kini hadir wahana baru untuk berswafoto di Taman Nasional Bantimurung yaitu Helena Sky Bridge.

Jembatan ini merupakan jembatan tertinggi di kerajaan kupu-kupu Bantimurung, diresmikan sekitar tahun 2017, namun hingga saat ini kian hits dikunjungi wisatawan.

Hasil foto dari jembatan ini terlihat instagramable, namun kamu harus trekking dari loket ke Jembatan Pelangi Helena sejauh 200 meter.

Lokasi: Bantimurung, Kecamatan Bulusaraung, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

5. Rammang-Rammang

Wisata Hits Rammang Rammang Maros
Photo by @yudidgreat

Rammang-Rammang menawarkan potensi alam berbeda dengan destinasi hits lainnya di Maros, didominasi dengan area perbukitan karst yang merupakan satu-satunya di Indonesia.

Uniknya, bukit karst ini merupakan terluas ke-3 setelah Vietnam dan Cina Selatan dengan paduan bukit raksasa berwarna hitam keabu-abuan dengan tumbuhan subur di tubuhnya

Sekilas pemandangan area bukit mengingatkan kita pada Krabi di Thailand. Bila di Rammang-Rammang diapit oleh sungai Puthe dan persawahan, Krabi Tahiland terletak di tengah lautan.

Rammang-Rammang mirip dengan tekstur batu karang, bahkan ada peneliti yang menyatakan, “Dulunya Rammang-Rammang mungkin terendam lautan”.

Lokasi: Salenrang, kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

6. Taman Leang-Leang

Wisata Hits Taman Wisata Leang-Leang Maros
Photo by @fitrianana23

Taman Prasejarah Leang-Leang terletak sekitar 11 km dari kota, berdada dalam wilayah Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, juga dikelilingi oleh perbukitan karts seperti Rammang-rammang.

Dalam bahasa Makassar leang berarti goa, nampak serupa dengan kata liang yang berarti lubang. Hal menarik dari tempat ini adalah lukisan dinding yang mirip kehidupan manusia prasejarah.

Terdapat gambar babi rusa meloncat dengan anak panah di dada dan gambar telapak tangan yang diperkirakan sebagai cap telapak tangan milik salah satu anggota suku di masa lampau.

Selain gambar, ditemukan pula artefak serpih, bilah, serta kulit kerang yang terdeposit pada mulut goa.

Lokasi: Leang-Leang, Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

7. Grand Mall Maros

Wisata Hits Grand Mall Maros
Photo by @dickhyjr

Bagi yang ingin berselfie ria di Eropa namun belum kesampaian hingga saat ini, cobalah berkunjung ke Grand Mall yang baru-baru ini dibuka di Maros.

Sepintas terlihat seperti bangunan arsitektur di Roma, Italia. Namun bila didekati, bangunan ini berada di kabupaten Maros.

Meskipun Mall ini bukan tujuan wisata di Maros, namun ornamen khas bergaya eropa dengan lukisan dan patung yunani kuno di sana selalu hits dijadikan backround foto oleh pengunjung.

Umumnya, para pengunjung mencari spot foto terbaik di lantai dua dengan latar lukisan, jalan raya dan juga ornamen mall yang unik.

Lokasi: Jl. Poros Makassar-Maros KM.20, Bontoa, Kecamatan Mandai, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

8. Wisata Bulu Saukang

Wisata Hits Bulu Saukang Maros
Photo by @ay_chank

Bulu Saukang adalah salah satu gunung di Sulawesi Selatan yang menjadi simbol perbatasan kabupaten Gowa, Makassar dan Maros.

Di Puncak gunung, terdapat tugu batas wilayah menyerupai trianggulasi puncak seperti gunung-gunung lainya di Sulawesi Selatan.

Uniknya, berada di Puncak kamu bisa memandangi landscape indah tanpa batas dengan deretan gunung penyangga langit seperti Bawakaraeng, Lompobattang hingga Bulusaraung.

Bila kamu memalingkan muka ke sisi lainnya, terhampar kota Makassar dengan bias-bias biru lautan lepas. Berfoto di sini akan menghasilkan capture yang instagramable.

Lokasi: Benteng Gajah, Kecamatan Tompo Bulu, Kebupaten Maros, Sulawesi Selatan.

9. Pantai Kuri Caddi

Wisata Hits Pantai Kuri Caddi Maros
Photo by @nanna_muthmainnah

Pantai Kurri Caddi terkenal sebagai pantai yang memiliki hamparan pasir putih berkilau. Pantai ini dapat dijadikan objek wisata pilihan untuk hunting foto.

Saat berada di sana, kamu bisa menikmati suasana sore hari yang memberikan kedamaian. Apa lagi ombak pantai menjadi tenang dengan eksotisme sunset saat matahari terbenam.

Di sekitar lokasi, kamu bisa berfoto di atas karang dan pohon yang terlihat istagenic.

Lokasi: Nisombalia, Kecamatan Marusu, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

10. Air Panas Reatoa

Wisata Air Panas Reatoa Maros
Photo by @dahlanpraditya_

Pemandian air panas Reatoa tidaklah setenar dengan jejeran wisata favorit di Maros, namun destinasi ini bisa jadi pertimbangan untuk disinggahi, terutama bagi yang suka wisata alam.

Air Panas Reatoa merupakan pemandian alami yang terpusat dalam kolam yang dibangun oleh pemerintah. Air panas tersebut bersumber dari gunung melalui aliran air terjun di atasnya.

Uniknya, pemandia air panas terdapat juga air terjun dingin yang berada di sekitarnya, namun kurang terawat dengan baik.

Bila ingin berkunjung kesini, disarankan membawa makanan dan peralatan mandi. Selain jaraknya yang jauh, wisata ini terkesan tidak dikelola dengan baik.

Lokasi: Realolo, Samaenre, Kecamatan Mallawa, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

11. Air Terjun Bantimurung

Wisata Hits Air Terjun Bantimurung Maros
Photo by @wakhyu_ps

Air Terjun Bantimurung selalu menjadi tempat liburan favorit bagi warga Makassar dan sekitarnya. Destinasi pilihan yang menjadi tujuan liburan bersama keluarga.

Gemuruh air terjun akan terdengar semakin kita mendekati lokasi. Debit air terjun yang begitu besar, terlihat mengagumkan dengan suasana alami di sekitarnya.

Kita bisa merasakan percikan air yang terbawa angin dengan hawa sepoi-sepoi basah. Bebatuan di di bawah rintikan terlihat besar dan landai, relatif aman untuk dinikmati beramai-ramai.

Air terjun ini masih berdekatan dengan taman nasional Bantimurung. Sebuah lokasi yang menjadi habitat alami kupu-kupu unik dengan berbagai ukuran dan warna yang cantik.

Jangan sampai ketinggalan, membawa suvenir khas berupa kerajinan kupu-kupu awetan dalam kotak kaca.

Lokasi: Kalabbirang, Bantimurung, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

12. Maros Waterpark

Wisata Hits Maros Waterpark
Photo by @Maroswaterpark

Satu lagi destinasi wisata keluarga yang kami rekomendasikan untuk dikunjungi, yaitu Maros Waterpark. Tempat ini selalu hits dikunjungi setiap hari libur, termasuk libur lebaran.

Di pemandian ini, sejumlah fasilitas diadakan untuk memanjakan wisatawan. Yaitu berupa kolam balita, anak-anak dan dewasa dengan fasilitas slider, waterboom, gazebo outbond, dan gazebo.

Selain itu, terdapat villa suite semacam rumah sederhana yang bisa ditempati untuk menginap maupun bersantai bersama keluarga.

Tersedia juga layanan penyewaan tikar untuk beristirahat maupun menikmati bekal makanan yang di bawah dari rumah.

Lokasi: Jl. Poros Maros – Soppeng, Samangki, Simbang, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

13. Air Terjun Lacolla

Wisata Hits Air Terjun Lacolla Maros
Photo by @pajokka_santai

Air Terjun Lacolla sekilas mirip dengan Air Terjun Parangloe, salah satu destinasi hits di Kabupaten Gowa. Terletak tidak jauh dari bukit Kanari, yang bisa kamu jadikan persinggahan selanjutnya.

Air terjun Lacolla terbagi ke dalam dua lokasi yang tersusun ke dalam 7 tingkatan, 4 tingkatan pertama merupakan lokasi paling hits dikunjungi, digunakan sebagai tempat berselfie ria.

3 Tingkatan selanjutnya terletak jauh dari lokasi pertama, bisa kamu jadikan alternatif untuk dijelajahi.

Lokasi: Cenrana Baru, Kecamatan Cenrana, Kebupaten Maros, Sulawesi Selatan.

14. Air Terjun Taipa

Wisata Hits Air Terjun Taipa Maros
Photo by @nieljandri

Air terjun Taipa termasuk dalan objek wisata tersembunyi di Maros, terletak sekitar 30km dari pusat kota.

Dibutuhkan perjuangan keras untuk mencapai lokasi, karena jarak serta medan yang akan ditempuh tidaklah mudah.

Namun rasa lelah saat berada di sana, akan terbayarkan dengan panorama cantik di sekitar area.

Percikan air dengan tujuh tingkatan beserta suasana sekitar yang masih alami akan membuat pengunjung merasa nyaman di sini.

Lokasi: Tompobulu, Kecamatan Tompubulu, Kebupaten Maros, Sulawesi Selatan.

15. Air terjun Jami

Wisata Hits Air terjun Jami Maros
Photo by @rahmat.ramma

Air Terjun Jami memiliki ciri khas air yang jernih segar dengan suasana asri di sekelilingnya, terdapat kolam besar yang bisa kamu tempati untuk berenang.

Uniknya, air terjun Jami bersembunyi di bawah hutan dengan akses jalan yang cukup menantang.

Lokasi: Bontomanurung, Kecamatan Tompobulu, Kebupaten Maros, Sulawesi Selatan.

Baca: 20 Tempat Wisata di Selayar Terbaru & Paling Hits Dikunjungi