Tempat Wisata di Ngada NTT yang Sedang Hits Dikunjungi

Tempat Wisata di Ngada
Kampung adat Bena Bajawa taken by @diankadarsoekemi

Nyero.ID –  Beribukota di Bajawa, Kabupaten Ngada terletak di Pulau Flores Provinsi Nusa Tenggara Timur. Dengan luas wilayah mencapai 1.621 km2, Kabupaten Ngada memiliki suhu yang cukup sejuk karena berada di dataran tinggi.

Kabupaten Ngada memiliki potensi wisata alam dan budaya yang luar biasa, tidak mengherankan jika daerah ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi para traveller di NTT.

Sebagai  referensi, berikut ini adalah 8 tempat wisata di Kabupaten Ngada yang sedang hits dikunjungi saat liburan.

Taman Laut Riung 17 Pulau

Taman laut yang terletak di pantai utara Pulau Flores ini menyajikan keindahan alam yang sangat luar biasa, baik panorama pantainya yang berpasir putih maupun keindahan alam bawah lautnya.  Salah satu yang sangat populer adalah objek wisata Mawar Laut yang eksotis. Di kawasan taman laut ini pengunjung juga bisa menikmati keindahan laut dari atas bukit di Pulau Tiga yang menyajikan nuansa laut dengan gradasi warna yang berbeda.

Lokasi: Kecamatan Riung, Kabupaten Ngada, NTT.

Pantai Ena Bhara

Suasana pantai yang masih sangat alami dengan paduan pasir putih dan air laut yang biru menjadi suguhan alam yang begitu menenangkan pikiran. Lembutnya angin yang berhembus membuat suasana pantai semakin sejuk dan bikin rileks.

Lokasi:  Desa Waebela, Kecamatan Aimere, Kabupaten Ngada, NTT.

Air Terjun Ogi

Dengan ketinggian air terjun sekitar 30 meter, suasana di tempat wisata alam ini semakin sejuk karena berada di lingkungan yang masih sangat asri dan alami. Hawa sejuk yang berhembus diantara rimbunnya pepohonan membuat siapapun akan betah untuk berlama-lama menikmati suasana dan keindahan air terjunnya.

Lokasi: Desa Faobata, Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada, NTT.

Air Terjun Wae Roa

Air terjun yang masih sangat alami ini memiliki dua tingkatan air terjun dengan aliran airnya yang jernih dan menyegarkan. Berada di antara rimbunnya pepohonan yang menghijau, aliran air terjun Wae Roa menyajikan keindahan alam yang begitu menyejukkan mata. Tempat yang rekomended untuk menenangkan pikiran.

Lokasi: Desa Tiworiwu, Kecamatan Jerebu’u, Kabupaten Ngada, NTT.

Danau Wawomudha

Panorama yang indah di Danau Wawomudha bisa dinikmati dengan mendaki bukit sekitar 30 menit.  Danau ini terbentuk akibat letusan Gunung Wawomudha sehingga memuculkan 3 kawah kecil dengan warna yang cukup unik, sekilas tampak mirip dengan Danau Kelimutu namun dalam versi yang lebih mini.

Lokasi: Kelurahan Susu, Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada, NTT.

Wisata Alam Air Panas Mangeruda

Air panas alami di kawasan wisata ini berasal dari sumber mata air panas di sebuah kolam. Air panas dengan suhu sekitar 30 derajat tersebut mengalir diantara bebatuan sehingga menyerupai air terjun kecil. Aliran airnya yang hangat bisa memberikan efek relaksasi bagi tubuh dan pikiran.

Lokasi: Mangeruda, Desa Piga, Kecamatan Soa, Kabupaten Ngada, NTT.

Kampung Adat Belaraghi

Masyarakat di kampung ini masih mempertahankan tradisi dan adat istiadat yang merupakan peninggalan nenek moyang, salah satunya dengan bangunan rumah yang khas. Keramahan warga akan membawa pengunjung dalam suasana yang lebih hangat. Biasanya pengunjung akan dijamu dengan hidangan tradisional berupa ubi, pisang, dan talas yang disajikan dengan kopi maupun arak.

Lokasi: Kaligejo, Kecamatan Aimere, Kabupaten Ngada, NTT.

Kampung Adat Bena

Terletak di kaki Gunung Inerie, suhu udara di kawasan adat Bena ini terasa sangat sejuk dan dingin.  Bentuk rumah adat di kampung tradisional ini sangat unik dan khas, menghadirkan sebuah budaya yang tak lekang oleh waktu. Masyarakatnya yang ramah mampu memberikan rasa nyaman, sehingga wisatawan semakin betah untuk tinggal lebih lama.

Lokasi:  Desa Tiworiwu, Kecamatan Jerebu’u, Kabupaten Ngada, NTT.