17 Tempat Wisata di Probolinggo yang Lagi Hits Dikunjungi

Tempat Wisata di Probolinggo
Bukit Bentar taken by @surya_kavy

Nyero.ID – Dengan julukan “Kota Seribu Taman”, tentunya ada banyak tempat wisata di Probolinggo yang rekomended dijadikan destinasi keluarga di Jawa Timur. Namun tidak hanya itu, terdapat beberapa spot wisata keren lainnya yang bisa kamu explore lebih lanjut.

Probolinggo bukanlah tujuan wisata utama di Jawa Timur, namun wilayah ini memiliki beragam destinasi unik yang menarik untuk dikunjungi.

Mulai dari wisata alam, cagar budaya, tempat bersejarah, kuliner khas, tempat romantis, area bermain anak hingga spot foto hits kekinian yang instagramable.

Jika ingin mengagendakan liburan keluarga di Probolinggo, maka kamu tidak perlu khawatir. Karena Probolinggo memiliki objek wisata pilihan dengan keindahan alam yang mengagumkan.

Kamu bisa berselfie ria di Wisata BJBR, nongkrong asik di Alun-alun Kota Probolinggo, snorkeling di Gili Ketapang, hingga menanti sunset dan sunrise di sekitar pantai Bentar .

Tanpa basa-basi lagi, berikut daftar lengkap tempat wisata di Probolinggo terbaru & paling rekomended dikunjungi:

Wisata BJBR Probolinggo

Wisata BJBR Probolinggo
Photo by @beejaybakauresort

Sebagai objek wisata favorit, BJBR (BeeJay Bakau Resort) Probolinggo berada di urutan teratas yang kami rekomendasikan untuk dikunjungi bareng keluarga.

Tempat ini tidak jauh dari pusat kota dengan berbagai fasilitas yang cukup beragam di dalamnya, mulai dari resort, kolam air asin hingga beberapa spot untuk berfoto ria.

Selain menikmati sejuknya udara pantai dan hutan bakau, kamu bisa mencoba wahana permainan seru seperti Study Lingkungan, Piramida Botol, Fantasy Land, Water Splash, dan cycling track.

Selain itu, kamu juga bisa berselfie di spot foto keren seperti kebun bunga matahari, gembok cinta, mushola di atas laut, Foto Booth, Lorong Seribu Payung, Globe BJBR, hingga Ikon I Love BJBR.

Objek ini selalu hits dikunjungi di hari-hari libur, terutama bagi beberapa keluarga, komunitas, hingga perserorangan.

Lokasi: Pelabuhan PPP Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur.

Patung Kuda Cipta Wilaha

Wisata Hits Patung Kuda Cipta Wilaha Probolinggo
Photo by @ratrinuin

Tidak jauh dari wisata BJBR terdapat spot keren terbaru yang akan membuat momen liburanmu semakin lengkap, yaitu patung kuda Cipta Wilaha.

Patung kuda terbesar kedua di dunia ini menyajikan pemandangan yang unik, sehingga kamu pun bisa menaikinya dan berfoto dengan latar pantai utara dan hutan bakau yang begitu eksotis.

Lokasi: Kawasan wisata BJBR, Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur.

Bukit Bentar Probolinggo

Wisata Hits Bukit Bentar Probolinggo
Photo by @saa_hadi

Bukit Bentar atau Bukit Selfie merupakan tempat hunting foto keren yang selalu hits dikunjungi wisatawan dihari-hari libur, terutama bagi mereka yang doyan berburu spot foto instgaramable.

Hamparan suasana Desa di Probolinggo akan terlihat cantik di sini. Hanya saja, untuk menikmati pemandangan cantik dari puncak bukit membutuhkan sedikit perjuangan karena jalur tracking yang cukup menantang.

Selain berfoto ria dan bersantai di pinggir bukit, kamu bisa menantikan sunset di mana melihat matahari solah terbenam di belakang bukit dengan pancaran cahaya kuning dan memantul di air pantai bentar.

Hal ini tentu menjadi panorama yang menawan.

Lokasi: Jl. Panglima Sudirman, Desa Curahsawo, Kecamatan Gending, Probolinggo, Jawa Timur.

Wisata TWSL Probolinggo

Wisata TWSL Probolinggo
Photo by @restianggoro

Menikmati wisata alam dan memperkenalkan lingkungan pada anak bisa kamu dapatkan di Taman Wisata Study Lingkungan (TWSL) Probolinggo.

Di TWSL, kamu bisa mengenalkan berbagai jenis flora dan fauna yang cukup beragam, tentu si kecil akan sangat senang bila bisa menyaksikan langsung berbagai keunikannya .

Selain itu tersedia juga beberapa spot foto seperti patung yang berbentuk binatang hingga lingkungan sekitar yang sangat instagramable.

Lokasi: Joboan, Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur.

Air terjun Madakaripura

Wisata Hits Air terjun Madakaripura Probolinggo
Photo by @yazidkhairi

Air terjun Madakaripura merupakan air terjun tertinggi di Pulau Jawa dan tertinggi kedua di Indonesia dengan ketinggian berkisar 200 M, terletak di kawasan lereng Gunung Bromo.

Air terjun Madakaripura berada di ujung lembah sempit, berbentuk ceruk serta dikelilingi tebing-tebing curam yang meneteskan air pada seluruh tebingnya.

Terlihat seperti sedang hujan, 3 di antaranya bahkan mengucur deras membentuk air terjun lagi.

Air Terjun Madakaripura juga kerap disebut Air Terjun Abadi. Hal itu karena air yang dialirkan selalu melimpah dan tak pernah berkurang debitnya.

Lokasi: Branggah, Sapih, Lumbang, Sapih, Lumbang, Probolinggo, Jawa Timur.

Danau Ronggojalu

Wisata Hits Danau Ronggojalu Probolinggo
Photo by @barack_3in1

Danau Ronggojalu berfungsi sebagai sumber air bersih bagi warga sekitar, terletak tidak terlalu jauh dari pusat kota, dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Selain menikmati keindahan danau yang begitu alami, di tempat ini juga tersedia fasilitas kolam yang bisa dijadikan tempat untuk berenang.

Lokasi: Kecamatan Tegalsiwalan, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Pantai Bentar Probolinggo

Wisata Hits Pantai Bentar Probolinggo
Photo by @tuanmuda_traveller

Hanya berjarak sektar 10 km dari pusat Kota Probolinggo, kamu bisa mencapai lokasi wisata ini dalam waktu sekitar 25 menit.

Ada banyak spot cantik yang bisa kamu explore untuk menambah koleksi foto liburanmu. Mulai dari dermaga pantai hingga hutan bakau.

Fasilitas yang tersedia pun cukup lengkap seperti taman bermain, area outbound, pemancingan hingga mini zoo dengan beberapa satwa liar di dalamnya.

Menariknya, di kawasan pantai ini sering disinggahi oleh hiu tutul selama 3-4 bulan sebelum bermigrasi ke perairan Australia.

Lokasi: Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Gili Ketapang Probolinggo

Wisata Hits Gili Ketapang Probolinggo
Photo by @giliketapang

Keindahan alam di kawasan Gili Ketapang tidak perlu diragukan lagi. Di tempat ini kamu bisa melakukan kegiatan snorkeling dengan pemandangan bawah laut yang eksotis.

Kegiatan lain yang tak kalah serunya bisa kamu coba seperti camping dan menjelajahi area sekitar dengan perahu.

Lokasi: Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Purbalingga, Jawa Timur.

Kebun Teh Tiris

Wisata Hits Kebun Teh Tiris Probolinggo
Photo by @putrierany

Tiris merupakan salah satu kecamatan di Probolinggo yang memiliki destinasi unggulan berupa Kebun Teh Andung Biru atau lebih dikenal dengan sebutan Kebun Teh Tiris.

Kebun Teh ini menjadi salah satu obyek wisata yang menawarkan suasana hijau khas perkebunan teh, memiliki udara sejuk dengan pemandangan alam yang eksotis.

Kamu bisa menikmati aroma daun teh segar dengan panorama perbukitan hijau di sekitarnya, juga bisa ikut memetik serta melihat proses pembuatan teh agar bisa langsung diminum.

Lokasi: Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Pantai Duta Probolinggo

Wisata Hits Terbaru Pantai Duta Probolinggo
Photo by @firoh___

Pemandangan sunset begitu indah dan jelas akan nampak di bagian paling timur Probolinggo, tepatnya di Pantai Duta. Sebuah tempat yang awalnya dipromosikan sebagai mangrove center oleh pemerintah setempat.

Bermula dari beberapa postingan di facebook dan Instagram, pantai ini mulai viral dan mencuat di sosial media. Bahkan selalu hits dikunjungi wisatawan dua tahun belakangan, terbukti dengan membludaknya pengunjung sebesar 50% pada hari-hari libur.

Di sekitar lokasi kamu bisa menikmati keindahan laut yang masih tergolong asri serta menjelajahi rimbunan pepohonan cemara. Bahkan, kamu bisa menikmati fenomena hiu tutul.

Bukan itu saja, ubur-ubur pun terkadang juga bisa kamu temukan ketika sedang musim pancaroba di setiap tahunnya.

Lokasi: Randutatah, Kecamatan Paiton, Probolinggo, Jawa Timur.

Pelabuhan Tanjung Tembaga

Wisata Hits Pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo
Photo by @6_avemaria_12

Menikmati suasana pantai dengan cara yang menyenangkan bisa kamu dapatkan di Pelabuhan Tanjung Tembaga II.

Di sana, kamu akan disuguhi keindahan Gili Ketapang di seberangnya, lalu bila kamu beruntung bisa mendapati sunset di sore hari.

Nongkrong, memancing, membeli ikan, menyaksikan pembuatan kapal, hingga menjelajahi hutan mangrove rindang menjadi objek utama di sini.

Jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas yang disajikan di sekitar pelabuhan.

Lokasi: Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur.

Alun-alun Kota Probolinggo

Wisata Hits Alun-alun Kota Probolinggo
Photo by @dendi_dprt

Menikmati waktu santai sambil ngobrol asik bareng teman-teman akan semakin seru ketika kamu singgah ke Alun-alun Kota Probolinggo.

Udara yang sejuk ditambah suasananya yang asri akan membuat kamu betah untuk tinggal lebih lama.

Di malam hari, lokasi ini banyak dijadikan sebagai tempat nongkrong oleh beberapa remaja, bahkan banyak yang menjadikan ikon pancasila sebagai lokasi berselfi.

Sembari ngobrol asik, kamu bisa mencicipi aneka kuliner khas Probolinggo yang dijajakan di tempat ini.

Lokasi: Jl. KH. Mas Mansyur, Mangunharjo, Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur.

Taman Maramis

Wisata Hits Taman Maramis Probolinggo
Photo by @ridloahmad10

Tidak kalah dengan taman lainnya di Kota Probolinggo, kamu juga bisa menikmati momen santai saat liburan di Taman Maramis.

Seperti taman lainnya, di kawasan taman ini juga terdapat arena bermain anak dan fasilitas pendukung lainnya yang akan membuat liburanmu semakin nyaman.

Lokasi: Jl. A. A. Maramis No. 11, Kanigaran, Kota Probolinggo, Jawa Timur.

Benteng Mayangan

Wisata Hits Benteng Mayangan Probolinggo
Photo by @arief.ramdhani

Benteng Mayang bisa menjadi objek wisata alternatif yang kamu kunjungi di Probolinggo.

Benteng ini merupakan bangunan bersejarah peninggalan Inggris dan Belanda yang menjadi saksi perjuangan rakyat Probolinggo dalam merebut kemerdekaan.

Unikya, di sekitar benteng terdapat kedai kopi yang menawarkan spot foto instgaramable.

Lokasi: Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur.

Kolam Renang Banyuangga

Wisata Hits Kolam Renang Banyuangga Probolinggo
Photo by @arifmohammad18

Kolam Renang Banyuangga merupakan kolam renang pertama yang ada di Kota Probolinggo.

Kolam renang ini terdiri dari kolam renang anak-anak dan dewasa sehingga sangat cocok untuk wisata keluarga di hari libur.

Lokasi: Jl. Hayam Wuruk, Mangunharjo, Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur.

Museum Probolinggo

Wisata Hits Museum Probolinggo
Photo by @mas.fendik

Ikon wisata di Kota Probolinggo ini menyimpan koleksi benda bersejarah yang cukup beragam.

Mengunjungi museum ini akan memberikan banyak manfaat karena bisa menambah wawasanmu tentang sejarah dan budaya di Kota Probolinggo.

Lokasi: Jl. Suroyo, Tisnonegaran, Kanigaran, Kota Probolinggo, Jawa Timur.

Baca: 15 Tempat Wisata di Pasuruan Terbaru & Paling Hits Dikunjungi