20 Tempat Wisata di Puncak yang lagi Hits Nan Instagramable di Bogor

Tempat Wisata di Puncak yang lagi Hits

Nyero.ID – Tempat wisata di Puncak menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Jawa Barat yang menyajikan suasana alam sejuk dan menyegarkan.

Bogor banyak dipilih sebagai tempat refreshing bagi siapapun karena bisa ditempuh dengan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan saja. Tidak heran jika lalu lintas menuju ke Puncak Bogor selalu macet di akhir pekan atau pada masa liburan.

Selain tempatnya yang dekat, suasana sejuk di Bogor juga tidak ditemukan di kota besar lainnya yang padat akan polusi. Faktor ini yang membuat puncak sebagai destinasi akhir pekan yang cukup diminati dengan biaya yang relatif murah.

Puncak Bogor juga dikenal dengan kawasan turis Timur Tengah dan Asia. Oleh karenanya, tidak mengherankan bila beberapa pelayanan jasa dan toko menggunakan spanduk dalam bahasa Arab.

Selain itu, deretan objek wisata di puncak merupakan tujuan wisata menarik bagi rombongan maupun keluarga yang tinggal di daerah Jawa Barat. Terdapat wisata alam berupa pegunungan, danau, air terjun, taman wisata, area perkebunan, tempat bersejarah, dan beberapa destinasi lainnya yang kaya akan panorama eksotis.

Wilayah Puncak berada pada jalur perbatasan Bogor-Cianjuar dengan suhu sekitar 14-18 derajat celcius dengan suasana dingin di malam hari.

Wilayah ini mencakup beberapa kecamatan, beberapa di antaranya terdapat di Bogor seperti Babakan Madang, Sukaraja, Sukamakmur, Ciawi, Cigombong, Cijeruk, Cisarua, Citeureup, dan Megamendung. Lalu dua kecamatan lainya berada di kabupaten Cianjur yaitu Pacet dan Cipanas.

Kontur alam unik ini membuat kawasan puncak berada di dua wilayah yaitu Bogor maupun Cianjur, sehingga tidak mengherankan bila beberapa objek wisata terdapat di dua daerah tersebut.

Untuk memastikan rencana liburanmu mengasyikkan, berikut ini adalah daftar rekomendasi tempat wisata di Puncak yang instagramable, dari destinasi terbaru hingga paling hits dikunjungi:

Telaga Warna Puncak Cisarua

Wisata Hits Telaga Warna Puncak Bogor
Photo by @abdulkarim_amrullah

Telaga Warna bukan hanya terdapat di wisata Dieng saja, karena di Puncak pun terdapat Telaga Warna yang tak kalah eksotisnya.

Panorama alam yang ditawarkan oleh Telaga Warna ini sangat mempesona dengan area persawahan dan gunung yang kokoh berdiri sebagai backgroundnya.

Perubahan warna air yang terjadi setiap saat pada telaga ini menjadi daya tarik tersendiri yang unik.  Warna air bisa berubah dari kehijauan menjadi kuning terang dan bahkan coklat.

Secara ilmiah perubahan warna terjadi karena banyaknya ganggang yang tumbuh di dalam telaga sehingga memantulkan warna-warna unik ketila terkena sinar matahari.

Tidak salah jika obyek wisata ini semakin hits diperbincangkan di masyarakat.

Buat kamu yang ingin menikmati keindahan telaga ini bisa menggunakan rakit atau perahu untuk berkeliling danau.

Ada juga sepeda air yang bisa kamu kayuh untuk mengelilingi danau, sekalian buat olah raga biar lebih sehat.

Kamu juga bisa memaksimalkan acara refreshingmu dengan duduk santai menikmati keindahan alam di Telaga Warna sambil menghirup udara segarnya agar pikiran kembali fresh.

Untuk acara liburan yang lebih seru, kamu bisa mencoba beberapa fasilitas yang disediakan, seperti jogging track, outbound, flying fox dan juga menara setinggi 13,5 meter yang difungsikan untuk mengamati satwa yang ada di kawasan Telaga Warna.

Lokasi: Jl. Raya Puncak – Cianjur, Desa Tugu Utara, Cisarua, Bogor, Jawa Barat.

Istana Kepresidenan Cipanas

Wisata Hits Istana Kepresidenan Cipanas Puncak
Photo by Majalahasri.com

Berada di kaki Gunung Gede, tempat wisata bersejarah ini dibangun pada tahun 1740 dan difungsikan sebagai tempat peristirahatan Gubernur Jenderal Hindia Belanda pada masa itu.

Setelah kemerdekaan RI, gedung ini ditetapkan sebagai Istana Kepresidenan yang difungsikan untuk tempat peristirahatan bagi presiden atau wakil presiden dan juga keluarganya.

Selain bangunan kuno, ada banyak koleksi benda bersejarah yang disimpan di gedung ini. Buat kamu yang ingin mengunjungi istana ini, sebaiknya memesan jadwal setidaknya 7 hari sebelum kedatanganmu.

Dengan jadwal Senin-Minggu pukul 08.00-14.00 WIB, kecuali hari Jum’at dan tanggal merah. Dresscode: pakaian sopan seperti kemeja, batik dan sepatu.

Lokasi: Desa Sindangjaya, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat.

Taman Bunga Nusantara

Wisata Hits Taman Bunga Nusantara Puncak
Photo by @adjiekeike

Objek wisata ini bakal membuat liburan kamu semakin berwarna. Taman bunga ini menyuguhkan pemandangan alam yang begitu asri dan segar dengan hamparan rumput hijau yang bikin adem.

Ada banyak jenis tanaman bunga yang tertata rapi dengan warna dan bentuk yang indah. Dimana jenis tanaman ditempatkan dalam beberapa taman sesuai dengan temanya.

Mulai dari taman air yang terdiri dari berbagai jenis tumbuhan air, taman mawar, taman Perancis yang epic, taman Bali dengan nuansa khas Bali yang begitu kental, taman Jepang, taman palem, hingga taman labirin yang seru untuk disinggahi.

Selain taman dengan berbagai tema yang elok dipandang, di tempat wisata ini juga disediakan berbagai macam fasilitas yang cukup lengkap.

Diantaranya ada kereta dotto yang akan membawamu berkeliling taman, garden tram, poliklinik, food court, wisma dan camping ground, bursa bunga, gazebo, dll.

Lokasi: Jalan Mariwati Km 7, Kawungluwuk, Sukaresm, Cianjur, Jawa Barat.

Curug Panjang Megamendung

Wisata Hits Curug Panjang Puncak
Photo by @mangihut_chandra

Wisata ke Puncak tidak akan lengkap tanpa singgah ke Curug Panjang yang hanya berjarak sekitar 20 km dari pusat kota Bogor.

Aliran air yang melimpah di Curug Panjang berasal dari Sungai Cirangrang.

Ketinggian air terjun di Curug Panjang tidak seberapa, namun kejernihan air dan asrinya pepohonan di sekeliling curug mampu memberikan efek yang menenangkan pikiran.

Kamu bisa bermain air sepuasnya di curug ini, tapi bagi yang tidak bisa berenang sebaiknya bermain air di pinggiran kolam atau di aliran air terjun saja. Karena kedalaman air di bagian tengah kolam mencapai 5 meter.

Lokasi: Desa Megamendung, Kecamatan Megamendung, Bogor, Jawa Barat.

Curug Kembar Cisarua

Wisata Hits Curug Kembar Puncak
Photo by Denubay.blogspot.co.id

Jika kamu ingin berwisata sembari melakukan aktivitas hiking, maka Curug Kembar bisa menjadi destinasi wisata selanjutnya.

Karena untuk mencapai lokasi wisata ini, kamu harus berjalan kaki melewati hutan pinus dengan medan yang cukup menanjak.

Tiba di lokasi curug, kamu akan disuguhi pemandangan dua air terjun yang mengalir cukup deras.  Selanjutnya kamu bisa bermain air sambil menikmati keindahan alam di sekeliling curug.

Ada banyak spot cantik yang tentunya bisa kamu abadikan sebagai background foto selfie kamu nantinya.

Dan perlu diingat, kawasan wisata curug ini hanya dibuka sampai jam 18.00 WIB saja jadi sebaiknya kamu datang lebih awal untuk pengalaman liburan yang lebih menyenangkan.

Lokasi: Desa Batulayang, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Telaga Biru Cipanas

Wisata Hits Telaga Biru Puncak
Photo by Cianjurstory.blogspot.co.id

Danau dengan luas kurang lebih 500 m2 ini berada di ketinggian 1.575 mdpl dan masih termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Tepatnya di sekitar 1,5 km dari pintu masuk Cibodas.

Telaga ini menjadi salah satu spot favorit yang banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Warna telaga yang bernuansa biru terlihat sangat mempesona terlebih dengan pepohonan yang asri di sekelilingnya. Semakin membuat telaga ini elok untuk dipandang.

Warna biru yang menghiasi telaga ini berasal dari banyaknya ganggang biru yang tumbuh di dalam telaga.

Pancaran sinar matahari yang menembus telaga menghasilkan pantulan warna biru alami yang sangat mempesona.

Hawa sejuk pegunungan dan pemandangan alam yang indah bisa membuat pikiranmu lebih tenang dan fresh.

Lokasi: Desa Sindanglaya, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Wana Wisata Mandalawangi Pecet

Wisata Hits Mandalawangi Puncak Cianjur
Photo by WikiWisata.com

Dengan ketinggian mencapai kurang lebih 1000 mdpl, lokasi wisata yang satu ini menawarkan pesona alam yang indah dan sejuk dengan suhu rata-rata 18-20 derajat Celsius.

Lokasi wisata ini dikenal sebagai bumi perkemahan yang menawarkan berbagai kegiatan outdoor yang seru dengan fasilitas yang cukup lengkap. Seperti mushola, area parkir, kamar mandi, penginapan dll.

Di kawasan camping ground Wana Wisata Mandalawangi ini juga terdapat beberapa spot wisata menarik dan aktivitas seru yang bisa dicoba Mulai dari mengunjungi Danau Mandalawangi, jungle track, perahu dayung, high rope seperti flying fox dan lintas danau hingga lintas tali pohon.

Berbagai aktivitas seru tersebut tentu akan membuat momen liburanmu semakin lengkap dan pastinya menyenangkan.

Lokasi: Desa Rarahan, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Candi Tri Dharma Gunung Putri Pecet

Wisata Hits Candi Tri Dharma Gunung Putri Puncak
Photo by @hendriromeo_f

Jika keberadaan candi lain di Indonesia telah dibangun sejak berabad-abad silam, maka berbeda dengan candi yang satu ini.

Candi Tri Dharma Gunung Putri adalah candi modern yang dibangun pada tahun 2000-an.

Di awal pembangunannya, candi ini sebenarnya dimaksudkan untuk tempat ibadah umat Budha dan diberi nama Vihara Bumi Tridharma.

Tidak adanya izin dari pemerintah daerah dan juga warga sekitar membuat pembangunan candi terhenti meskipun baru selesai 70%.

Seiring dengan berjalannya waktu, candi yang terbengkalai ini justru menarik perhatian wisatawan. Uniknya bangunan candi modern ini cukup instagrammable.

Sangat cocok buat kamu yang suka berburu spot wisata unik untuk melengkapi galeri foto plesiran kamu.

Lokasi: Kampung Gunung Putri, Desa Sukatani, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur.

Baca: 15 Pilihan Tempat Wisata di Surabaya dan Sekitarnya yang Wajib Kamu Eksplorasi…

Melrimba Garden Puncak Cisarua

Wisata Melrimba Garden Puncak
Photo by @ayahnya_salsa

Suasana alam yang masih asri dengan suhu udara yang sejuk membuat siapapun akan betah di sini, sembari melepas penat setelah menjalani rutinitas harian yang melelahkan, tentu wisata ini patut dipertimbangkan.

Penataan taman bunga yang begitu rapi dengan aneka macam bunga yang bermekaran menjadi salah satu pemandangan yang menyejukkan mata.

Selain menyajikan pemandangan alam yang begitu menakjubkan, Melrimba Garden juga menyediakan fasilitas outbound yang cukup lengkap dengan berbagai permaianan untuk menambah keseruan dalam liburan.

Mulai dari ATV, High Rope, Mini Soccer, Giant Chest, hingga Buggy Cart dan masih banyak lagi lainnya.

Untuk menikmati obyek wisata hits ini, kamu akan dikenakan biaya masuk Rp. 15.000 – Rp. 30.000 per orang.

Dengan jam operasional mulai pukul 08-21.00 WIB pada hari Senin-Jum’at dan pukul 07.00-23.00 WIB pada hari Sabtu.

Lokasi: Jl. Puncak Km 8, Tugu Utara, Cisarua, Bogor, Jawa Barat.

Taman Wisata Matahari Cisarua

Taman Wisata Matahari Puncak Bogor
Photo by @lank_awal

Dengan lahan seluas kurang lebih 30 hektare, tempat wisata ini menyediakan wahana permaian seru dengan fasilitas yang sangat memadai.

Mulai dari wahana permainan air seperti waterpark, arung jeram, paddle boat, bumper boat, sepeda air, water ball, perahu naga dan permainan seru lainnya dapat kamu temukan di sini.

Di sana juga tersedia wahana petualangan berupa ATV, Flying fox, rumah hantu, kereta safari, green car dan masih banyak lagi yang lainnya.

Taman wisata ini bukan hanya menyajikan aneka permainan seru saja tetapi juga menyajikan wisata edukasi yang bermanfaat.

Kamu dapat menemukan dino park, citra paly land, taman lalulintas, taman satwa, agro sayur, agro sawah, fun game seru dan wahana lainnya dengan muatan edukasi.

Untuk harga tiket masuk (HTM) pengunjung dikenakan tarif sebesar Rp 20.000 (Senin-Jum’at) dan Rp 25.000 (Sabtu-Minggu).

Adapun jam opersionalnya buka pada pukul 08.00-16.00 WIB (Senin-Jum’at) dan pukul 08.00-17.00 (Sabtu dan Minggu).

Lokasi: Jl. Puncak Km 77, Cisarua, Bogor, Jawa Barat.

Taman Safari Indoenesia Cisarua

Wisata Taman Safari Indoenesia Puncak Bogor
Photo by @theloverciciilexsa92

Salah satu icon wisata Bogor ini menjadi destinasi wisata alam dan edukasi yang menarik untuk liburan keluarga, terlebih dengan koleksi satwa yang sangat beragam di taman ini.

Dengan harga tiket masuk sebesar Rp 150.000 untuk dewasa dan Rp 140.000 untuk anak-anak s/d usia 5 tahun, kamu sudah bisa menikmati berbagai fasilitas yang ada.

Diantaranya adalah seperti berikut:

  • Safari journey
  • Menyaksikan berbagai atraksi atau pertunjukan (Dolphin Show, Elephant Show, Various Animal Show, Sea Lion Show, Tiger Show, Birds and Prey Show, Cowboy Show, Globe of Death, dan Safari Theatre).

Di lokasi wisata ini juga disediakan berbagai wahana permainan seperti Lolly swing, crazy plane, kincir raksasa, bom bom car, sepeda air, rumah hantu 3D, jet boat, sepeda layang, bumper boat, dan spinning boat.

Sementara untuk anak-anak juga disediakan permaian yang tak kalah serunya, seperti mandi bola, foam ball, speedway, poni rodeo, gajah terbang, climbing car, lolo train, ventura river dll, yang akan menambah keseruan dalam liburan bareng keluarga.

Taman Safari juga menawarkan safari malam yang akan mengajak kamu untuk menyaksikan secara langsung aktivitas para satwa di malam hari dengan menggunakan kereta wisata.

Lokasi: Jl. Raya Puncak No 601, Cibeureum, Cisarua, Bogor, Jawa Barat.

Littel Vanice di Puncak Cipanas

Wisata Littel Vanice di Puncak
Photo by Isril Caniago

Kawasan Little Vanice merupakan salah satu lokasi wisata paling hits yang banyak menyedot perhatian wisatawan belakangan ini.

Dengan konsep menyerupai kota Venesia di Italia, danau buatan di lokasi wisata ini benar-benar dirancang dengan gaya arsitektur menyerupai aslinya.

Salah satunya adalah keberadaan gondola yang akan mengajak kamu untuk berkeliling danau dengan suasana kota ala Littel Vanice.

Selain gondola, kamu juga bisa mencoba Mississippi Boat Ride yang keren.

Dengan tiket masuk seharga Rp 20.000 per orang, untuk naik gondola atau perahu, ada biaya tambahan sebesar Rp 50.000.  Lokasi wisata ini buka setiap hari mulai pukul 09.00-17.00 WIB.

Lokasi: Batulawang, Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Kebun Raya Cibodas Cipanas

Kebun Raya Cibodas
Photo by @berkahvilla

Padang rumput yang luas membentang, ditambah dengan koleksi tanaman langka, hingga taman lumut, air terjun, rumah kaca dan juga air mancur dapat kamu temukan di sini

Salah satu keunikan tempat wisata di Puncak ini adalah keberadaan Taman Sakura yang telah ditanam sejak tahun 1971 silam.

Setidaknya ada sekitar 435 pohon sakura di lokasi wisata ini dengan keindahan bunganya yang menawan.

Berbeda dengan bunga sakura di Jepang yang berbunga setiap musim semi, di lokasi ini bunga sakura bisa mekar dua kali dalam setahun yaitu pada bulan Januari-Februari dan Juli-Agustus.

Lokasi: Sindanglaya, Cipanas, Cianjur.

Agrowisata Gunung Mas Cisarua

Agrowisata Gunung Mas Puncak Bogor
Photo by @ikijaka

Di tempat ini, kamu bisa berkeliling dengan menyewa kuda atau sepeda dengan tarif yang terjangkau.

Tentu panorama perkebunan teh yang menyejukkan mata serta suasana alam yang begitu damai dan hijau menjadi obyek andalan di tempat ini.

Masih ingin tinggal lebih lama?

Jangan khawatir, ada penginapan di sekitar perkebunan teh yang bisa disewa dengan tarif yang terjangkau.

Lokasi: Jl. Raya Puncak Km 87, Tugu Selatan, Cisarua, Bogor, Jawa Barat.

Kebun Wisata Inkarla Cipanas

Kebun Wisata Inkarla Puncak Bogor
Photo by Ksmtour.com

Kawasan wisata ini menyajikan pemandangan alam yang menakjubkan dengan aneka bunga cantik yang bermekaran, seperti crysant, selosia, anyelir dan bunga cantik lainnya.

Ada banyak fasilitas yang tersedia di lokasi wisata ini, mulai dari penginapan, ruang meeting, play ground, kolam renang indoor dengan air hangat, dan beberapa fasilitas lainnya.

Tempat ini berada sekitar 100 meter sebelum pintu gerbang Kebun Raya Cibodas.

Lokasi: Jl. Singabarong, Cimacan, Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Taman Riung Gunung Cisarua

Wisata Hits Taman Riung Gunung Puncak Bogor
Photo by @sided_

Taman Riung Gunung mungkin tidak lebih populer dengan objek wisata lainnya di Puncak. Namun, sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Uniknya, area sekitar pernah memukau Presiden Soekarno dengan keindahan alamnya yang bagitu cantik, sehingga ia membangun sebuah restoran yang diberi nama restoran Riung Gunung.

Nama Riung Gunung diambil dari gambaran daerah sekitar, dimana gunung tersebut berkumpul lalu saling berhadapan dengan ketinggian berkisar 1500 Mdpl.

Objek wisata ini juga relatif lebih murah dengan konsep pemandangan alam cantik dari hamparan perkebunan teh.

Di sini, kamu bisa hunting foto dengan berlatar pada backround pegunungan maupun area perkebunan teh yang begitu luas.

Lokasi: Tugu Sepatang, Cisarua, Bogor, Jawa Barat (Sebelum Telaga Warna atau setelah Agrowisata Gunung Mas)

Wisata Citamiang Cisarua

Wisata Hits Citamiang Puncak Cisarua Bogor
Photo by @murdi.y

Citamiang merupakan kawasan wisata yang dikelola oleh pihak perhutani KPH Bogor yang menawarkan kedekatan alam khas di Puncak.

Destinasi ini cocok bagi kamu yang ingin menghabiskan waktu dengan bermain di alam terbuka.

Kawasan Citamiang di kelilingi hutang pinus rimbun dan area perkebunan teh yang terbentang luas. Di sana juga terdapat area outbond, dimana banyak komunitas yanng melakukan kegiatan terbuka seperti tracking dan berkemah.

Teradapat beberapa paket wisata yang bisa kamu coba di sini seperti pengetahuan ekologi, jungle track, tea walk dan yang lainnya. Termasuk, fasilitas perkemahan juga disediakan di sana.

Tempat ini juga cocok dijadikan lokasi pemotretan prewedding, dimana kesan romantis tergambar jelas dari hutan pinus dengan kontur tanah lembab dan bergelombang.

Wisata Citamiang terbuka untuk umum dari pukuk 7.00-20.00 WIB dengan biaya murah sebanyak Rp. 5.000.

Lokasi: Kampung Pondok Rawa, Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Bogor (200m sebelum Gerbang Agrowisata Gunung Mas)

Danau Lido Cigombong

Wisata Hits Danau Lido Cigombong Bogor
Photo by @dpoelvull

Bermain air dengan rakit, lalu memancing di area luas sembari menikmati makan siang di atas perahu dengan semilir angin lingkungan sekitar bisa kamu rasakan di Danau Lido Cigombong Jawa Barat.

Danau Lido mulanya merupakan sebuah rawa yang dibentuk menjadi Danau dengan pepohonan rimbun di sekitarnya, suasana sejuk pun terpancar di sekitar pepohonan. Tidak jarang banyak wisatawan yang mengelar tikar untuk menikmati suasana setempat.

Selain suasana lingkungan yang sejuk, tersedia juga wahana rekreasi dan aneka hiburan, semisal perahu bebek dan rakit. Umumnya, wisatawan menggunakan perahu ini untuk mengitari pulau kecil yang ada di tengah danau.

Pulau tengah danau inilah yang menjadi unggulan objek wisata ini. Juga terdapat fasilitas tambahan yang bisa kamu nikmati di sana, seperti restoran terapung, area outbond, flying fox. Lalu ada wahana olahraga yang dikembangkan oleh Lido Aero Club seperti paramotor, aeromodeling, paralayang maupun area terjun payung.

Untuk melengkapi liburanmu di Danau Lido, jangan lupa menikmati suasana berbeda dengan santap siang di atas perahu.

Lokasi: Kampung Tambakan, Desa Wates Jaya, Cigombong, Bogor, Jawa Barat.

Puncak Pass Cipanas

Wisata Hits Puncak Pass Cipanas Bogor
Photo by @yudhaalvi17

Puncak Pass merupakan landmark terkenal di Bogor dengan keindahan alamnya yang tidak perlu diragukan lagi. Mulai dari matahari terbit hingga terbenam, tempat ini selalu hits dikunjungi oleh wisatawan. Apalagi banyak wisatawan yang berburu foto sunrise maupun sunsite dengan latar perbukitan, area persawahan maupun perkebunan teh.

Puncak pass memang cocok bagi kamu yang lelah dengan aktivitas sehari-hari. Keindahan alam dengan sunrise maupun sunset di puncak bisa merefresh segala pikiran dan tentunya pikiran pun akan segar kembali.

Malam pun sangat menyenangkan di puncak pass, dinginya udara bisa menjadi momen terbaik bersama teman maupun keluarga dengan ditemani minuman hangat sambil bercengkarama atau bercanda. Pasti akan menjadi momen yang tidak terlupkan.

Lokasi: Ciloto, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat.

Hutan Pinus Babakan Madan

Wisata Hutan Pinus Gunung Pancar Puncak Bogor
Photo by @nicapohan

Hutan Pinus Gunung Pancar bisa menjadi tempat rekreasi terbaik untuk sekedar piknik santai bersama pasangan maupun keluarga. Di sana, kamu juga bisa bersantai dengan berolahraga sepeda, mandi di permandaian air panas, maupun hunting foto instgramable.

Hutan pinus Gunung Pancar berada di ketinggian 800 Mdpl dengan pepohonan pinus menjulang tinggi seakan memberi kesan romatis. Tidak heran bila lokasi ini dijadikan area pemotretan pre-wedding.

Hutan pinus ini cocok untuk dijadikan tempat camping maupun kegiatan lainnya, terlebih lagi lokasinya dekat dengan Jakarta. Tentu saja, ini merupakan alternatif liburan di akhir pekan.

Fasilitas pun sudah tergolong lengkap. Mulai area parkir, toilet umum, warung makan hingga beberapa wahana untuk berswafoto dengan backround hutan pinus.

Lokasi: Desa Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat.

Baca: 10 Tempat Wisata Hits di Jakarta Selatan yang harus Masuk Daftar Liburanmu.

Selain destinasi wisata hits yang telah disebutkan di atas, tentunya masih banyak lagi tempat wisata Instagramable di Puncak yang bisa dikunjungi saat liburan.Ayo liburan!