Tempat Wisata di Sidoarjo Terbaru & Paling Hits Dikunjungi Tahun Ini!

Tempat Wisata di Sidoarjo
Aaround Ex tol HK porong taken by @aga_rpd

Nyero.ID – Berbicara tentang Sidoarjo tentu tidak bisa dilepaskan dari tragedi semburan Lumpur Lapindo yang terjadi pada 29 Mei 2006 silam. Akibat bencana tersebut banyak pemukiman warga, area pertanian, dan industri di tiga kecamatan sekitar semburan lumpur ikut tergenang.

Keprihatinan akan bencana lumpur Lapindo mungkin masih bisa dirasakan hingga saat ini. Bahkan area semburan lumpur pun dianggap sangat rentan dan berbahaya sehingga wacana menjadikannya sebagai tempat wisata justru menuai pro dan kontra.

Namun begitu Sidoarjo juga menyimpan potensi wisata lainnya yang menarik untuk dikunjungi.  Mulai dari wisata alam, wisata edukasi dan sejarah, hingga wisata hiburan yang seru.

Nah, buat kamu yang sedang merencanakan liburan ke Sidoarjo, berikut ini adalah beberapa destinasi wisata yang bisa dikunjungi.

Pantai Kepetingan
Pantai Kepetingan merupakan salah satu tempat wisata favorit di Sidoarjoa yang kental dengan tradisi nyadran. Tradisi tahunan yang diselenggaraan untuk menyambut Ramadhan ini juga melambangkan rasa syukur para nelayan atas hasil laut yang melimpah.

Letaknya yang cukup tersembunyi bukan alasan untuk tidak mengunjungi tempat wisata ini. Akses jalan menuju ke Pantai Kepetingan memang cukup menguras energi, namun semua akan terbayar dengan eksotisme pantai yang menawan.

Untuk mencapai lokasi wisata kamu harus menyusuri sungai menggunakan perahu kayu. Di sepanjang perjalanan keindahan hutan bakau akan menemanimu dengan pemandangannya yang begitu asri. Tiba di lokasi pantai kamu akan dimanjakan dengan panorama pantai yang begitu mengagumkan.

Lokasi: Kepetingan, Desa Sawohan, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Wisata Bahari Tlocor
Spot wisata ini bisa menjadi alternatif tujuan wisata di akhir pekan, sangat menarik buat acara rekreasi bareng keluarga. Tempat wisata ini bukan hanya cocok buat bersantai dan menikmati suasana saja tetapi juga recommended banget buat kamu yang hobby mancing.

Hasil pancinganmu bisa langsung dimasak menjadi menu lezat dengan harga yang bersahabat. Kamu juga bisa menjelajahi pulau di sekitarnya dengan menggunakan perahu

Lokasi: Desa Tlocor, Kecamatan Jabon, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Pulau Sarinah
Pulau yang terbentuk akibat sedimentasi lumpul Lapindo ini sebelumnya banyak dimanfaatkan untuk penelitian dan penanaman mangrove. Dalam perkembangannya pulau ini dikenal sebagai salah satu ikon wisata di Sidoarjo.

Dari dermaga Tlocor kamu bisa menyewa perahu nelayan menuju ke Pulau Sarinah. Di sepanjang perjalanan kamu bisa menyaksikan keindahan hutan bakau yang asri dan menyejukkan.

Lokasi: Desa Tlocor, Kecamatan Jabon, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Pulau Lusi
Sama seperti halnya Pulau Sarinah, Pulau Lusi juga terbentuk akibat sedimentasi lumpur Lapindo beberapa tahun silam. Dari kawasan wisata Tlocor kamu bisa menggunakan jasa perahu nelayan dengan waktu sekitar 30 menit menuju ke Pulau Lusi.

Hutan bakau yang begitu asri terlihat sangat menyejukkan. Beberapa fasilitas seperti jalur pejalan kaki, gazebo, tracking mangrove, menara pandang dll di pulau ini akan membuat liburanmu semakin nyaman.

Lokasi: Desa Tlocor, Kecamatan Jabon, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Legok Asri Sidoarjo
Destinasi wisata ini mengkombinasikan tema wisata alam, edukasi dan rekreasi sehingga sangat cocok untuk tujuan wisata di akhir pekan. Tempat wisata ini dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti sarana outbound, gazebo, playground, kolam renang, pemancingan, mini farm, panggung hiburan dll.

Selain menikmati suasana alam yang asri, di tempat ini kamu juga bisa mencicipi aneka menu khas yang menggugah selera.

Lokasi: Jalan Sukolegok, Desa Sukolegok, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Delta Fishing
Tempat pemancingan sekaligus rekreasi keluarga di Sidoarjo yang menarik untuk dikunjungi saat liburan. Tempat wisata alam dengan konsep kolam pemancingan ini menawarkan sensasi liburan yang cukup lengkap dengan ragam fasilitas yang tersedia.

Selain memancing ikan, di tempat ini disediakan beberapa wahana seperti flying fox, kolam renang anak, playground, sepeda air dll yang akan membuat liburanmu semakin menyenangkan.

Lokasi: Jalan Lingkar Timur, Prasungtambak, Desa Prasung, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Monstero Fishing Park
Buat kamu yang punya hobby mancing dan ingin merasakan sensasi mancing ikan monster bisa langsung datang ke Monstero Fishing Park. Selain ikan predator tersedia juga aneka macam ikan tawar yang bisa dipancing dan masak di tempat.

Tempat liburan keluarga ini memang menawarkan konsep wisata alam dengan fasilitas pemancingan yang menarik. Suasana di tempat wisata ini cukup sejuk dengan pemandangan yang kece, cocok buat foto-foto.

Lokasi: Desa Gebang, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Candi Pari
Salah satu situs cagar budaya yang akan melengkapi agenda liburanmu di Sidoarjo. Bangunan bersejarah peninggalan zaman Majapahit ini sangat cocok buat acara liburan dengan konsep rekreasi dan edukasi. Bangunan candi yang terbuat dari batu bata merah berukuran besar terlihat kokoh meskipun usianya sudah ratusan tahun.

Lingkungan di sekitar candi yang masih sangat asri memberikan kenyamanan tersendiri yang bikin betah. Bangunan candi yang unik dengan view alam sekitar yang tak kalah menawan sangat cocok baut background foto liburanmu.

Lokasi: Jalan Purbakala, Desa Candi Pari, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Candi Sumur
Tidak jauh dari lokasi Candi Pari, kamu bisa sekaligus menjelajahi destinasi wisata sejarah Candi Sumur. Sama seperti Candi Pari, Candi Sumur juga dibangun dengan menggunakan bata merah namun ukuran bangunannya lebh kecil jika dibandingkan Candi Pari.

Meskipun kondisi candi sudah tidak utuh lagi, namun nilai-nilai sejarah di dalamnya masih bisa dinikmati hingga saat ini. Jangan lupa untuk mengabadikan momen liburanmu di Candi Sumur dengan view yang tak kalah menawan.

Lokasi: Dusun Candipari Wetan, Desa Candi Pari, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Museum Mpu Tantular
Destinasi wisata sejarah dan edukasi ini sengat cocok untuk agenda liburan sekolah atau keluarga. Ada banyak koleksi benda-benda bersejarah di tempat ini yang akan memberikan banyak pengetahuan.

Selain itu terdapat ruang iptek dengan ragam ilmu sains yang mengedukasi, ruang budaya, replika goa manusia purba, zona permainan tradisional dan kandang rusa. Ada juga permainan catur dengan ukuran super besar yang bisa kamu jadikan spot foto unik.

Lokasi: Jalan Raya Buduran, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Water Park Suncity
Water Park Suncity sangat cocok buat agenda liburanmu di akhir pekan, terlebih jika cuaca sedang panas. Taman rekreasi air ini merupakan bagian dari Sun City Mall dan menjadi salah satu tempat wisata favorit di Sidoarjo.

Selain memiliki beberapa kolam renang, tempat wisata ini juga menyediakan berbagai macam fasilitas dan wahana yang cukup lengkap. Seperti wahana arung jeram, flying fox, wall climbing, snow bath, dll.
Yang tidak kalah menarik, taman wisata air ini juga dilengkapi dengan spot foto, live music, taman kelinci, burung hantu dll yang akan membuat liburanmu semakin seru.

Lokasi: Jalan Pahlawan No. 1, Sidokumpul, Kecamatan Sidoarjo, Jawa Timur.

Taman Abhirama
Ruang Terbuka Hijau di Sidoarjo ini menyuguhkan suasana yang asri dengan fasilitas yang cukup memadai. Lingkungannya yang asri sangat cocok buat ngadem dan menikmati momen santai bareng keluarga atau sahabat. Selain menikmati suasana taman di tempat ini kamu juga bisa kulineran dengan menu jajanan yang cukup beragam.

Lokasi: Pagerwojo, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Baca: Tempat Wisata di Pacitan Terbaru & Paling Hits Dikunjungi Tahun Ini!