11 Tempat Wisata di Sidrap Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Tempat Wisata di Sidrap
Taman Wisata Puncak Bila taken by @janejamlu

Nyero.ID –  Bingung mencari tempat wisata di Sidrap? Jangan khawatir, karena ulasan di bawah ini dilengkapi dengan berbagai macam destinasi hits pilihan yang rekomended dikunjungi.

Dikenal dengan sebutan Bumi Nene Mallomo yang begitu ikonik, Kabupaten Sidenreng Rapang atau Sidrap juga dikenal sebagai lumbung padi di wilayah Sulawesi Selatan. Dengan luas wilayah mencapai kurang lebih 2.506,19 km², Kabupaten Sidrap terbagi dalam 11 wilayah kecamatan.

Seperti wilayah lainnya, Kabupaten Sidrap juga memiliki ragam destinasi wisata menarik yang diunggulkan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah 10 tempat wisata di Kabupaten Sidrap terbaru dan sedang hits dikunjungi.

Taman Wisata Puncak Bila

Destinasi Hits Taman Wisata Puncak Bila Sidrap
Photo by @damisdtammelle

Taman wisata favorit yang memadukan wisata modern dan keindahan alam ini merupakan salah satu destinasi wisata unggulan yang sangat populer di Sidrap. Selain waterboom, di lokasi wisata ini juga terdapat sepeda raksasa terbesar di dunia yang begitu unik, sangat cocok untuk spot selfie keren yang tidak ada duanya.

Lokasi: Desa Bila Riase, Kecamatan Pitu Riase, Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan.

Kincir Angin Raksasa

Wisata Hits Kincir Angin Raksasa Sidrap
Photo by @ihsansip

Spot wisata ikonik yang satu ini menawarkan sensasi liburan yang unik dengan pemandangan yang begitu epic. Berada di atas ketinggian, pengunjung bisa mengeksplore keindahan alam di sekitar kincir angin dengan objek kincir angin raksasa sebagai background-nya.

Lokasi: Desa Mattirotasi, Kecamatan Watang Pulu, Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan.

Taman Bulgeria Art Bonsai

Wisata Hits Taman Bulgeria Art Bonsai Sidrap
Photo by @ihsansip

Taman ini menyuguhkan pemandangan eksotis berupa aneka jenis tanaman bonsai. Setidaknya ada sekitar 120 koleksi tanaman hias yang akan memanjakan mata. Selain berkeliling menikmati aneka jenis bonsai, pengunjung juga bisa foto-foto selfie dengan background taman bonsai yang unik.

Lokasi: Desa Bulo, Kecamatan Panca Rijang, Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan.

Tambang Batu Allakuang

Wisata Hits Terbaru Tambang Batu Allakuang Sidrap
Photo by @kpa.mario

Gunung Allakuang merupakan lokasi tambang batu yang sering dijadikan mata pencaharian warga di Sidrap. Batu ini umumnya digunakan untuk berbagai hal, seperti bahan dasar bangunan, alat rumah tangga, hingga ukiran batu. Semua hasil karya ini biasanya dijual di pinggir Jalan Poros, Kabupaten Soppeng.

Meskipun tambang ini tidak termasuk dari destinasi wisata di Sidrap, namun beberapa remaja gemar hunting foto di sekitar lokasi. Cocok bagi kamu yang ingin menghasilkan foto selfie instagenic.

Lokasi: Allakkuang, Kecamatan Maritengngae, Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan.

Puncak Malloci Sidrap

Wisata Hits Puncak Malloci Sidrap
Photo by @emmy_kasmiati

Sebenarnya puncak Malloci bukanlah objek wisata baru di Sidrap, namun pemandangan di atas ketinggian tidak boleh diabaikan begitu saja, tidak mengherankan bila lokasi ini selalu hits disambangi wisatawan, terutama bagi mereka yang suka dengan view sunset maupun sunrise.

Di atas puncak, semilir angin akan terasa sejuk dengan pemandangan cantik area sekitarnya, bila kamu berkunjung ke objek Kincir Angin Raksasa, tidak ada salahnya untuk menyambangi tempat ini.

Lokasi: Desa Buae, Kecamatan Wattang Pulu, Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan.

Trans Park Sidrap

Wisata Hits Trans Park Sidrap
Photo by Makassar.tribunnews.com

Hanya berjarak sekitar 9,5 km dari pusat Kota Pangkajene Sidrap, wisatawan bisa menikmati liburan yang seru dengan mencoba berbagai wahana permainan yang ada. Selain fasilitas yang cukup memadai, panorama alam di perbukitan yang begitu eksotis juga dijamin bikin betah.  Liburanmu akan semakin asik!

Lokasi: Kelurahan Lawawoi, Kecamatan Watang Pulu, Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan.

Taman Usman Isa

Wisata Hits Taman Usman Isa Sidrap
Photo by @vanistreeteam2017

Terletak di pusat Kota Pangkajene Sidrap menjadikan taman ini mudah diakses dan banyak dikunjungi warga sekitar. Dengan konsep taman yang unik, banyak pengunjung yang memanfaatkannya sebagai spot selfie yang keren.

Lokasi: Jalan Ahmad Yani, Kota Pangkajene, Sidrap, Sulawesi Selatan.

Rumah Adat Datae

Wisata Hits Rumah Adat Datae Sidrap
Photo by Bjrachmanrahim.blogspot.co.id

Di lokasi wisata budaya ini terdapat 11 rumah adat dari masing-masing kecamatan. Selain menjelajahi sejarah dan budaya yang ada, pengunjung juga bisa menikmati panorama di sekitarnya yang masih sangat asri.

Lokasi: Kelurahan Lawawoi, Kecamatan Watang Pulu, Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan.

Danau Sidenreng

Wisata Hits Danau Sidenreng Sidrap
Photo by @rerydhea

Lokasi wisata yang satu ini sering digunakan untuk perlombaan perahu dayung dan juga ritual adat.  Di danau ini pengunjung bisa berselfie ria atau berkeliling menikmati keindahan danau menggunakan perahu kecil yang disewakan.

Lokasi: Desa Mojong, Kecamatan Watang Sidenreng, Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan.

Bukit Larua Sidrap

Wisata Hits Bukit larua Sidrap
Photo by @visit.sidrap

Bukit larua bisa kamu jadikan destinasi alternatif saat liburan di Sidrap. Pemandangan cantik dari ketinggian dengan rerumputan kecil di sekitarnya bisa menghasilkan foto instgramable yang tidak kalah dengan objek wisata lain.

Disarankan untuk untuk berkunjung di pagi hari ataupun sore hari untuk menghindari sinar matahari.

Lokasi: Larua, Pangkajenne, Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan.

Air Terjun Salu Maridi

Wisata Hits Air Terjun Salu Maridi Sidrap
Photo by Travel.rakyatku.com

Susunan air terjunnya yang bertingkat menjadikan air terjun ini menyerupai “Niagara” yang tersembunyi. Suasana alam yang begitu asri dan hembusan angin segar dari aliran air terjun membuat siapapun akan merasa betah dan enggan untuk beranjak.

Kamu bisa mengeksplore keindahan di sekitar air terjun sembari berburu spot cantik untuk diabadikan dalam sebuah foto.

Lokasi: Desa Leppangang, Kecamatan Pituriase, Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan.

Baca: 15 Tempat Wisata di Barru Terbaru & Paling Hits Dikunjungi