12 Tempat Wisata di Soppeng Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Tempat Wisata di Soppeng
Bulu dua taken by @xxaswanxx

Nyero.ID – Bingung mencari tempat wisata di Soppeng? Jangan khawatir, karena ulasan di bawah ini dilengkapi dengan berbagai macam destinasi hits pilihan yang rekomended dikunjungi.

Dikenal dengan sebutan Bumi Latemmamala, Kabupaten Soppeng menawarkan destinasi wisata yang cukup beragam dengan daya tariknya masing-masing. Kabupaten yang beribukota di Watansoppeng ini juga sering disebut sebagai Kota Kalong dengan luas wilayah mencapai kurang lebih 1.500,00 km².

Berkunjung ke Soppeng tidak akan lengkap tanpa menjelajahi pesona wisatanya yang mengagumkan. Biar tidak penasaran, berikut ini adalah tempat wisata di Kabupaten Soppeng terbaru dan paling hits dikunjungi:

Desa Mattabulu Soppeng

Wisata Hits Terbaru Desa Mattabulu Soppeng
Photo by @pesona.mattabulu

Desa Mattabulu bisa menjadi pilihan terbaik untuk merencankan liburan di Soppeng. Terdapat pohon pinus, yang bisa dijadikan lokasi mendirikan tenda. Tak jarang beberapa wisatawan menghabiskan weekend dengan berkemah di pohon pinus yang ada di Mattabulu.

Salah satu pesona alam yang dimiliki Desa Mattabulu terletak di puncak gunung Cirowali, Tellongeng Meriam adalah salah satu objek wisata yang menyuguhkan pemandangan jantung kota Soppeng dari ketinggian yang tampak begitu indah dan sangat mempesona.

Selain itu, untuk mengikuti trend wisata hits kekinian di desa ini terdapat Lembah Cinta yang menyediakan gardu pandang, sangkar burung, hingga pohon jomblo untuk menikmati panorama alam cantik dari ketinggian.

Lokasi: Desa Mattabulu, Kecamatan Lalabata, Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan.

Puncak Gunung Sewo

Wisata Hits Puncak Gunung Sewo Soppeng
Photo by @anzar_hidayat

Ingin menikmati pemandangan kota Soppeng? Cukup mendatangi puncak Sewo. Daerah tertinggi di tengah-tengah kota Soppeng. Tidak hanya pemandangan kota yang terlihat di sekitar area, bila berkunjungi di pagi hari maka kamu bisa mendapati area sekitar di selemuti dengan awan, mirip negeri di atas awan.

Selain menikmati sunrise di pagi hari, tempat ini juga menjadi lokasi terbaik untuk menikmati sunset di sore hari, sehingga disarankan untuk berkemah di sekitar lokasi.

Lokasi: Bila, Kecamatan Lalabata, Kebulaten Soppeng, Sulawesi Selatan.

Pemandian Air Panas Lejja

Wisata Hits Pemandian Air Panas Lejja Soppeng
Photo by @calluramadhan

Dengan suhu air yang mencapai sekitar 60 derajat Celsius, Pemandian Air Panas Lejja sangat menarik untuk dikunjungi. Sambil menikmati aliran air panasnya yang memberikan efek relaksasi, pengunjung juga disuguhi dengan pemandangan alam yang mempesona.

Lokasi: Desa Bulu, Kecamatan Marioriawa, Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan.

Pemandian Alam Citta

Wisata Hits Pemandian Alam Citta Soppeng
Photo by @nadyanaavia

Di lokasi wisata ini terdapat tiga kolam, dimana dua diantaranya masih sangat alami dengan bebatuan di dasar kolam. Aliran air jernih yang mengalir di celah akar pepohonan dan lingkungan alamnya yang asri menawarkan sensasi liburan asik yang menenangkan.

Lokasi: Desa Citta, Kecamatan Citta, Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan.

Lereng Hijau Bulu Dua

Wisata Hits Lereng Hijau Bulu Dua Soppeng
Photo by @sarioiwan86

Panorama alam di sekitar pemandian ini akan membuat pengunjung betah dan semakin rileks.  Letak kolam renang yang berada di lereng bukit menyajikan pemandangan indah yang memanjakan mata. Dengan fasilitas yang cukup memadai, pengunjung akan semakin nyaman menikmati liburan.

Lokasi: Desa Gattareng, Kecamatan Marioriwawo, Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan.

Air Terjun Minawoe

Wisata Hits Air Terjun Minawoe Soppeng
Photo by @wija_panincong

Tidak jauh dari Pemandian Alam Lejja, wisatawan bisa singgah sejenak menikmati keindahan Air Terjun Minawoe. Lebih disarankan untuk mengunjungi air terjun ini saat musim kemarau, karena akses jalannya kurang mendukung saat musim hujan.

Lokasi: Dusun Kajuara, Desa Bulue, Kecamatan Marioriawa, Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan.

Air terjun Datae

Wisata Hits Air Terjun Datae Soppeng
Photo by @ayokesoppeng_

Air terjun Datae sangat cocok dikunjungi bagi mereka yang senang berwisata sambil trackking. Kerana tidak mudah untuk mencapai lokasi, terletak di tengah hutan belantara.

Air Terjun Datae masih jarang dijamah manusia sehingga kejernihan air masih terjaga. Berada di atas ketinggian, memungkinkan wisatawan untuk melihat tebing-tebing tinggi dan lekukan bebatuan yang sangat indah.

Lokasi: Desa Bulue, Kecamatan Marioriawa, Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan.

Puncak Biccuing

Wisata Hits Puncak Biccuing Soppeng
Photo by @hervinachndr

Berburu spot foto cantik ala generasi kekinian yang sedang hits, bisa dilakukan di Puncak Bicciung.  Di lokasi wisata ini terdapat monumen cinta, anjungan Bicciung, rumah pohon, dan juga ayunan langit yang akan membuat momen liburan semakin mengasikkan.

Lokasi: Dusun Bicciung, Kelurahan Botto, Kecamatan Lalabata, Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan.

Rumah Adat Sao Mario

Wisata Hits Rumah Adat Sao Mario Soppeng
Photo by @arsyad.yahya

Di kompleks rumah adat ini terdapat berbagai macam rumah adat dengan gaya arsitekturnya yang khas. Tempat wisata ini juga sekaligus berfungsi sebagai museum yang menyimpan koleksi benda-benda bersejarah dari berbagai wilayah di Indonesia.

Lokasi: Kelurahan Manorang Salo, Kecamatan Marioriawa, Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan.

Villa Yuliana

Wisata Hits Villa Yuliana Soppeng
Photo by @icaal_donald

Bangunan bersejarah ini dibangun pada tahun 1905 oleh pemerintah Hindia Belanda dan sengaja dibangun untuk menyambut kedatangan Ratu Yuliana. Saat ini, Villa Yuliana difungsikan sebagai museum yang sarat akan nilai sejarah.

Lokasi: Jl. Pengayoman Watansoppeng, Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan.

Taman Kalong

Wisata Hits Taman Kalong Soppeng
Photo by @adeirwansyah82

Berada di alun-alun Kota Watansoppeng, Taman Kalong menjadi destinasi wisata murah meriah kebanggaan warga Soppeng. Taman yang diresmikan pada bulan Desember 2017 ini identik dengan ribuan kelelawar yang bersarang di pepohonan. Taman ini juga dilengkapi dengan air mancur warna warni yang membuat suasana malam di Bumi Latemmamala semakin meriah dan penuh warna.

Lokasi: Botto, Kecamatan Lalabata, Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan.

Gua Coddong

Wisata Hits Tersembunyi Gua Coddong Soppeng
Photo by @nurulhikmahhakim

Gua Coddong adalah fenomena alam yang terbentuk dari batu gamping karst berjuta juta tahun yg lalu. Dahulu kala, gua dijadikan oleh manusia purba sebagai tempat berlindung dari binatang buas dan cuaca buruk. Di dalam gua pernah dijumpai tengkorak manusia dari spesies etnis bugis.

Lokasi: Desa Citta, Kecamatan Liliriaja, Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan.

Baca: 10 Tempat Wisata di Sidrap Terbaru & Paling Dikunjungi