Tempat Wisata di Sukoharjo Terbaru & Paling Hits Dikunjungi!

Tempat Wisata di Sukoharjo Terbaru
Watu Giring taken by @mahmud_ihya

Nyero.ID – Sukoharjo merupakan salah satu wilayah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang terkenal dengan julukan Kota Makmur, Kota Gamelan, Kabupaten Jamu dan Kabupaten Batik. Kabupaten ini berbatasan dengan beberapa wilayah lainnya seperti Surakarta, Karanganyar, Wonogiri, Gunung Kidul, serta Klaten dan Boyolali.

Bukan hanya terkenal dengan Kraton Kartasuranya saja sebagai destinasi wisata sejarah dan budaya, Sukoharjo juga memiliki beberapa destinasi wisata lainnya yang cukup beragam. Sangat cocok buat acara liburanmu bersama keluarga atau teman-teman di akhir pekan.
Sebagai rekomendasinya, berikut adalah beberapa tempat wisata hits di Kabupaten Sukoharjo yang bisa kamu kunjungi.

Curug Krajan

Curug Krajan memiliki aliran air yang jernih dan masih sangat alami sehingga siapapun akan tergoda untuk menikmati kesegarannya. Karakter air terjun yang bertingkat dengan lingkungan sekitarnya yang masih asri membuat suasana semakin adem dan bikin rileks.

Di lokasi air terjun kamu bisa naik ke atas dan menjelajahi keindahannya sembari berburu spot foto keren buat selfie. Buat yang ingin bersantai sekedar menikmati suasana alam pedesaan bisa mencari tempat ternyaman dan menghirup sejuknya udara diantara rimbunnya pepohonan.

Lokasi: Krajan, Kecamatan Weru, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Telaga Claket

Destinasi wisata ini letaknya berbatasan langsung dengan Kabupaten Wonogiri sehingga banyak dikunjungi oleh anak muda dari Sukoharjo maupun Wonogiri. Suasana alamnya sangat tenang dan sejuk dengan air telaga yang bening. Sangat cocok buat menenangkan diri dan sejenak menyingkir dari kebisingan kota.

Bukan hanya menikmati suasana alam saja, ada sebagian pengunjung yang memanfaatkan lokasi telaga buat keperluan foto prewedding. Dengan keindahan alamnya, telaga ini memang recommended buat foto-foto dan merefresh pikiran.

Lokasi: Jalan Raya Sukoharjo-Wonogiri, Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Watu Giring

Masih di kawasan Bukit Sepikul, destinasi wisata Watu Giring menyajikan pesona alam yang berbeda.  Tebing batu bekas penambangan ini memiliki bentuk yang unik sehingga menarik perhatian para pecinta selfie.  Pemandangan di sekitar tebing juga tak kalah menawan dengan nuansa alam yang begitu kental.  Sangat cocok buat memuaskan hobby fotografimu.

Lokasi:  Desa Tiyaran, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Bendungan Colo

Masih satu kawasan dengan Telaga Claket, kamu bisa sekalian mengunjungi Bendungan Colo yang menyajikan pemandangan nan instagenic. Meskipun bendungan ini awalnya difungsikan untuk menahan aliran Sungai Bengawan Solo, namun keunikan tempat ini justru menarik minat wisatawan.

Deretan batu beton yang tersusun rapi membentuk formasi yang unik membuat suasana bendungan semakin menarik. Kamu bisa berfoto dengan latar yang berbeda untuk menghasilkan koleksi foto yang lebih lengkap dan pastinya keren.

Lokasi: Desa Pengkol, Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Geopark Batu Seribu

Destinasi wisata murah meriah di Kabupaten Sukoharjo yang bisa kamu kunjungi saat liburan. Suasana alam pedesaan begitu terasa ketika kamu memasuki kawasan wisata, membuat lelah dan penatmu hilang seketika.

Area Batu Seribu termasuk kawasan Geopark Pegunungan Seribu dengan batuan karst yang unik. Selain menyajikan keindahan alam yang menyejukkan, tempat wisata ini juga dilengkapi dengan kolam renang dan arena outboud dengan biaya masuk yang sangat terjangkau.

Lokasi: Desa Gentan, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Gunung Taruwongso

Akses jalan menuju ke puncak Gunung Taruwongso relatif mudah karena sudah tersedia tangga yang dibangun oleh warga sekitar. Keberadaan batu manten di gunung ini konon bisa membuat seseorang mendapatkan jodoh.

Terlepas dari mitos yang ada, pemandangan alam khas pegunungan di tempat ini mampu memberikan kesejukan tersendiri yang membuat pikiran kembali fresh. Buat kamu penikmat senja, jangan lewatkan momen sunset nan syahdu di tempat ini.

Lokasi: Tengklik, Kecamatan Tawangsari, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Bukit Sepikul

Meskipun wisata bukit, namun akses jalan menuju ke puncak bukit relatif mudah dengan medan yang tidak terlalu menanjak. Wisata alam pegunungan di Bukit Sepikul menyajikan keindahan yang luar biasa dengan lingkungan sekitar yang masih sangat asri.

Dari atas ketinggian kamu bukan hanya disuguhi dengan panorama alam yang memukau saja tetapi juga udara sejuk khas pegunungan, bikin adem dan betah. Momen sunrise dan sunset di Bukit Sepikul juga keren, sangat cocok buat objek fotografi.

Lokasi: Desa Tiyaran, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Alas Karet Polokarto

Sesuai dengan namanya, tempat ini menyajikan keindahan alam berupa deretan pohon karet yang membuat suasana semakin teduh. Tempatnya sangat sejuk, cocok buat ngadem dan menenangkan pikiran. Pemandangannya juga bagus, recommended buat background foto selfie.

Lokasi: Tepisari, Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Curug Banyu Tibo

Air terjun dengan ketinggian sekitar 10-15 meter ini menyajikan keindahan alam yang mempesona dengan lingkungan sekitar yang asri. Aliran airnya cukup deras membuat suasana semakin adem dan sejuk, sangat cocok buat refreshing di akhir pekan. Kamu bisa menikmati nuansa alam pedesaan yang tenang sembari berburu spot foto kece buat melengkapi galerimu.

Lokasi: Desa Karangtengah, Kecamatan Weru, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Waduk Mulur

Destinasi wisata alam ini menyuguhkan panorama yang indah, sangat cocok buat acara rekreasi bareng keluarga atau komunitas. Suasana alam yang begitu asri akan memanjakanmu dengan segala kesejukannya.

Kamu bisa menikmati momen santaimu di sekitar waduk sembari mencicipi aneka menu ikan bakar yang menggugah selera. Jika cuaca cerah, kamu bisa menyaksikan keindahan Gunung Merapi dan Merbabu di arah barat.

Lokasi: Dondong, Mulur, Kecamatan Bendosari, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Pendawa Water World

Taman rekreasi air yang cocok buat acara rekreasi keluarga di akhir pekan. Buat yang mau piknik rame-rame bareng teman juga boleh. Tersedia kolam renang buat dewasa dan anak-anak dengan berbagai fasilitas dan wahana permainan seru di dalamnya.

Beberapa wahana yang bisa kamu coba antara lain earth shower, black hole, wave pool, raft slide, body slide, dll. Dijamin liburanmu semakin seru dan menyenangkan.

Lokasi: Jalan Cemara Raya Solo Baru, Gedangan, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Royal Water Adventure

Tempat wisata ini menyajikan suasana yang meriah dengan sentuhan warna-warni ceria di dalamnya, sangat cocok buat refreshing di akhir pekan. Selain menyediakan kolam renang, terdapat beberapa wahana permainan seru yang bisa dicoba, mulai dari kolam arus hingga water slide. Beberapa fasilitas yang tersedia pun cukup memadai membuat momen liburanmu semakin nyaman.

Lokasi: Jalan Raya Telukan Km 08, Telukan, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Kolam Renang Kora-kora

Taman rekreasi air ini menawarkan sensasi liburan asik dengan konsep “green environment” dengan lingkungan yang asri. Ada 4 kolam yang bisa dipilih untuk berenang atau sekedar bermain air dengan air yang bersih. Mulai dari kolam buat balita, anak-anak, remaja hingga dewasa, sangat cocok buat acara liburan keluarga.

Lokasi: Baki, Kecamatan Purbayan, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

The Heritage Palace Sukoharjo

Resmi dibuka pada bulan Juli 2018, tempat wisata ini memiliki lima lokasi kece untuk berfoto, yaitu Museum Transportasi, Museum 3 Dimensi, Omah Kwalik, Bangunan Kuno dan Taman. Masing-masing tempat memiliki daya tarik tersendiri yang akan membuat koleksi foto liburanmu semakin keren.

Tempat wisata ini buka dari Senin hingga Jum’at mulai pukul 10.00-18.00 WIB, dan Sabtu-Minggu mulai pukul 09.00-21.00 WIB. Buat kamu yang ingin tampil maksimal saat berfoto bisa meminta bantuan para crew agar bisa mendapatkan angle dan gaya terbaik.

Lokasi: Honggobayan, Pabelan, Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Baca: Tempat Wisata di Sragen Terbaru & Paling Hits Dikunjungi Tahun Ini!