15 Tempat Wisata di Trawas Mojokerto dan Sekitarnya yang Hits Dikunjungi

Tempat Wisata di Trawas Mojokerto dan Sekitarnya
Photo by @jauharsultoni

Nyero.ID – Liburan ke Jawa Timur tidak akan lengkap tanpa singgah ke Mojokerto, khususnya di Trawas. Salah satu kecamatan di Kabupaten Mojokerto ini menyimpan potensi wisata yang cukup beragam dengan berbagai tempat wisata menarik di dalamnya.

Hal ini tidak terlepas dari lokasi Trawas yang berada di kaki Gunung Arjuno Welirang dan Penanggungan.

Tempat ini memiliki suhu udara yang sejuk, sehingga banyak wisatawan yang tertarik untuk menjelajahinya dan mengeksplore lebih lanjut obyek wisata yang dimilikinya.

Dengan jarak sekitar 65 Km dari pusat kota Surabaya, Trawas menjadi salah satu tujuan wisata yang cukup diandalkan. Tidak mengherankan jika berbagai upaya dilakukan untuk mendukung perkembangan pariwisata di wilayah ini.

Salah satunya adalah dengan membangun berbagai fasilitas yang cukup memadai termasuk akses jalan yang akan memudahkan wisatawan mengunjungi objek wisata Trawas yang diinginkan.

Destinasi wisata di Trawas memiliki daya tarik tersendiri yang mungkin tidak akan ditemui di tempat lain, terutama yang berhubungan dengan sejarah kejayaan Majapahit di masa lalu.

Nah, biar kamu tidak penasaran dengan potensi wisata tersebut, berikut ini adalah 6 destinasi wisata Trawas Mojekerto dan sekitarnya yang patut kamu pertimbangkan:

Petirtaan Candi Jolotundo

Wisata Petirtaan Candi Jolotundo Trawas Mojokerto
Photo by @dikrii__

Petirtaan Jolotundo adalah sebuah kolam pemandian nan eksotis yang berada di kompleks Candi Jolotundo.

Kolam ini diyakini sebagai tempat pemandian keluarga Kerajaan Majapahit yang telah dibangun sejak tahun 997 Masehi.

Istilah Jolotundo memiliki makna air yang keluar dari pancuran bertingkat. Tentu, keunikan ini membuat beberapa orang tidak akan ketinggalan mencari spot foto cantik di beberapa sudut.

Lokasi kolam pemandian yang berada di Bukit Bekal, menjadikan Petirtaan Jolotundo memiliki pemandangan alami yang eksotis.

Air yang mengalir di rongga bebatuan candi menjadi bukti kecanggihan teknologi pengelolaan air di masa silam.

Bukan hanya itu saja, kandungan mineral alami pada air petirtaan ini diyakini memiliki manfaat bagi siapapun. Sehingga banyak pengunjung yang berdatangan untuk mendapatkan khasiat tertentu.  Bahkan air di lokasi ini disebut-sebut sebagai mata air terbaik di dunia setelah air zam-zam.

Tentu saja anggapan ini tidak terlepas dari kondisi lingkungan di sekitar lokasi yang berada di kaki gunung vulkanik dan bebas dari aktivitas manusia.

Lalu dengan bebatuan candi yang mengelilingi mata air, diyakini mampu berfungsi sebagai akuifer yang akan menyimpan dan mengalirkan air melalui rongga-rongganya.

Menjelajahi wisata Trawas di Petirtaan Jolotundo ini, kamu akan diajak kembali ke masa lampau dengan berbagai bukti peninggalan Kerajaan Majapahit.

Aura mistis terasa begitu kental di lokasi wisata. Di kolam pemandian, kamu boleh melakukan aktivitas mandi namun tidak diperbolehkan menggunakan shampo, sabun ataupun pasta gigi.

Lokasi: Desa Seloliman, Trawas, Mojokerto

Fresh Green Trawas

Wisata Fresh Green Trawas Mojokerto
Photo by @bswn

Fresh Green Trawas juga sering disebut dengan istilah “Wisata Mendem Duren”.

Untuk mencapai lokasi wisata, dibutuhkan waktu sekitar 3 jam perjalanan dari pusat kota Mojokerto.

Wisata alam dengan konsep agrowisata ini bisa menjadi destinasi wisata menarik dalam agenda liburan kamu.

Di tempat ini tersedia berbagai olahan buah durian yang memang ditanam di kawasan wisata.

Sejak diresmikan pada tahun 2012 silam, objek wisata unik ini mampu menyedot perhatian wisatawan karena keunikannya.

Selain bisa makan durian dan buah-buahan tropis lainnya, kamu juga bisa melakukan kegiatan asik lainnya seperti flying fox.

Pastikan untuk mengunjungi tempat wisata ini pada musin durian ya!

Lokasi: Dusun Bantal, Desa Duyung, Kecamatan Trawas, Mojokerto,

Duyung Trawas Hill

Wisata Duyung Trawas Hill Mojokerto
Photo by @rizky2498

Dengan konsep wisata keluarga, Duyung Trawas Hill menawarkan sensasi liburan yang paling seru dan menyenangkan.

Objek wisata ini sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas yang memadai, diantaranya adalah area parkir yang luas, playground, mushola, wahana permainan anak, area outbound, kolam renang, mini zoo dan fasilitas lainnya.

Tidak ketinggalan juga panorama cantik dan hawa sejuk, selalu menghiasi area wisata. Tidak mengherankan bila tempat ini menjadi hits diperbincankan diberbagai media.

Lokasi: Desa Duyung, Kecamatan Trawas, Mojokerto

Villa Puncak Trawas

Wisata Villa Puncak Trawas Mojokerto
Photo by @kak_trex

Puncak Trawas menyuguhkan keindahan alam pegunungan yang begitu mempesona, siapapun pasti akan berdecak kagum menyaksikan keindahan tempat ini.

Pemandangan menjadi semakin menarik dengan keberadaan villa-villa dengan berbagai design mewah nan elegan.

Kamu bisa menyewa villa yang ada di kawasan ini atau menikmati beberapa fasilitasnya, seperti kolam renang, playground dan arena berkuda dengan biaya tertentu.

PPLH Seloliman Trawas

Wisata PPLH Seloliman Trawas Mojokerto
Photo by @massajju

Perjalanan wisata kamu akan semakin berkesan bila berkunjung ke PPLH (Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup atau Environmental Education Centre).

Tempat wisata edukasi ini buka setiap pukul 08.00 dan sering digunakan sebagai lokasi penelitian tentang lingkungan hidup, terutama yang berhubungan dengan pengolahan sampah, dan kegiatan lainnya.

Di tempat ini, juga disediakan fasilitas outbound, penginapan, restoran, toilet dan beberapa fasilitas pendukung lainnya yang cukup memadai.

Lokasi: Desa Seloliman, Trawas, Mojokerto

Bumi Perkemahan Dlundung Trawas

Bumi Perkemahan Dlundung Trawas Mojekerto
Photo by @pur_nomo__

Selain wisata air terjun yang sudah populer, di kawasan Dlundung juga terdapat bumi perkemahan yang banyak menarik minat wisatawan untuk camping.

Suasana alam yang masih asri ditambah dengan hawa sejuk yang menyegarkan, menjadikan siapapun akan merasa nyaman dan betah untuk tinggal lebih lama di lokasi.

Akses menuju lokasi perkemahan cukup mudah karena bisa dicapai dengan mobil maupun sepeda motor.

Fasilitas di bumi perkemahan pun cukup memadai seperti mushola, kamar mandi, warung makan dan juga area parkir yang luas.

Coban Canggu

Wisata Coban Canggu Mojokerto
Photo by Kabarmojokerto.com

Berada di kaki Gunung Welirang, Coban Canggu patut kamu pertimbangkan sebagai destinasi selanjutnya.

Air terjun dengan ketinggian hampir 80 meter ini memiliki aliran air yang jernih dan segar dengan ornamen dinding tebing yang cukup unik.

Hawa sejuk pegunungan dan lingkungan asri juga mampu memberikan efek yang menenangkan sehingga pikiranmu akan lebih rileks dan fresh.

Dengan harga tiket masuk yang cukup terjangkau kamu bisa menikmati liburan santai di tempat wisata ini.

Untuk fasilitas, kamu tidak perlu khawatir karena di lokasi wisata ini terdapat beberapa warung makanan yang bisa kamu singgahi untuk mengisi perut maupun keperluan lainnya.

Lokasi: Desa Padusan, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Air Terjun Watu Ondo

Wisata Air Terjun Watu Ondo Mojokerto
Photo by @meyriskahrln

Air terjun yang berada di Taman Hutan Raya Raden Soerojo ini merupakan air terjun kembar dengan aliran air yang cukup deras.

Aliran air pada kedua coban ini masing-masing bertingkat dan memiliki karakter yang berbeda.

Pada air terjun pertama ketinggian air terjun sekitar 75 meter sedangkan air terjun kedua memiliki ketinggian sekitar 40 meter.

Keberadaan batu di bawah aliran air terjun semakin menambah eksotisme air terjun yang menyuguhkan pemandangan alam nan asri ini.

Perlu diketahui bahwa kondisi jalan yang dilewati untuk mencapai lokasi air terjun cukup ekstrem sehingga kamu harus tetap hati-hati.

Yang pasti di tempat ini kamu bisa hunting spot foto keren untuk kebutuhan foto selfie kamu biar makin hits di instagram.

Tidak jauh dari lokasi air terjun ini masih ada air terjun lainnya yaitu Air Terjun Watu Lumpang yang tak kalah mempesona.

Lokasi: Desa Pacet, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto.

Air Terjun Surodadu

Wisata Air Terjun Surodadu Mojokerto
Photo by Sinyoureh.blogspot.co.id

Air terjun dengan ketinggian sekitar 15 meter ini masih terbilang baru dan bisa menjadi pelengkap perjalanan wisatamu di Mojokerto.

Sebelum mencapai lokasi air terjun, kamu akan disuguhi dengan pemandangan alam yang menyejukkan mata. Bahkan kamu akan menjumpai air terjun mini yang cocok untuk foto-foto narsis.

Setibanya di lokasi Air Terjun Surodadu kamu bakal dimanjakan dengan gemericik air yang lembut diantara bebatuan tersusun alami.

Menghirup sejuknya udara di tempat yang masih sangat asri ini akan membuat kamu lepas sejenak dari segala kepenatan.

Lokasi: Dusun Mligi, Desa Claket, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Baca: 10+ Wisata Kuningan Jawa Barat yang sedang Hits & Instagramable tahun Ini

Puncak Jengger

Wisata Puncak Watu Jengger Mojokerto
Photo by @tigorteguh

Puncak Jengger merupakan salah satu lokasi yang sedang hits di Mojokerto saat ini. View alami yang instragamable dapat kamu temukan di sini.

Hamparan perbukitan yang menghijau dengan pemandangan yang begitu epic membuat siapapun akan betah untuk tinggal lebih lama di tempat ini.

Untuk mencapai lokasi Bukit Jengger, kamu harus melewati medan yang cukup ekstrem dengan jalur yang sempit dan berbatu, jadi kamu harus tetap ekstra hati-hati.

Buat kamu yang berjiwa etualang dan hobby menjelajahi spot-spot wisata yang menantang, mendaki ke Puncak Jengger bisa menjadi pilihan tepat.

Berada di Puncak Jengger rugi rasanya jika tidak mengabadikan momen liburanmu dalam sebuah foto kenangan. Karena ada banyak spot cantik yang menantimu untuk diabadikan dalam sebuah foto.

Lokasi:  Desa Tawangrejo, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto.

Pacet Mini Park Mojokerto

Wisata Pacet Mini Park Mojokerto
Foto by Kaskus.co.id

Taman rekreasi keluarga ini berada di daerah pegunungan. Selain menawarkan sensasi liburan yang seru, tempat wisata ini juga menyuguhkan pemandangan alam yang masih asri dan sejuk.

Selain berenang, ada banyak wahana permainan yang bisa dicoba di tempat ini seperti wahana seluncuran, ATV, bumper boat, hingga flying fox dan arena outbound lainnya.

Dengan harga tiket yang cukup terjangkau kamu bisa melengkapi agenda liburanmu dengan mengunjungi Pacet Mini Park Mojokerto.

Lokasi: Jalan Raya Mojosari Pacet Km 55, Desa Warugunung, Pacet, Mojokerto.

Joglo Park Mojokerto

Tempat Wisata Joglo Park Mojokerto
Photo by @joglopark

Dengan suguhan pemandangan alam yang masih sangat asri, Joglo Park Mojokerto hadir untuk memberikan penglaman wisata yang tak terlupakan.

Paduan antara suasana alam yang menyejukkan dengan berbagai wahana permainan seru bisa menjadi solusi terbaik buat kamu yang menginginkan keduanya.

Berenang atau hanya sekedar duduk santai menikmati keindahan alam bisa mengisi waktu liburanmu dengan kegiatan yang bikin rileks. Tapi kalau kamu ingin seru-seruan menikmati liburan, jangan lewatkan berbagai wahana seru yang telah disediakan taman rekreasi ini.

Kamu bisa menjelajahi arena outbound dengan ATV atau extrem flying fox dengan panjang mencapai 180 meter dan ketinggian 6 meter.

Selain itu ada juga arena kids outbound, mini flying fox, play ground, family slide dan wahana permainan seru lainnya.

Selain menyediakan berbagai wahana seru yang menarik untuk dicoba, tempat ini juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap.

Seperti mushola, rumah makan, pusat oleh-oleh dan cendera mata, serta fasilitas lainnya yang akan membuat liburanmu semakin nyaman dan menyenangkan.

Lokasi: Jalan Pacet Km 3, Warugunung, Pacet, Mojokerto

Api Abadi Mojokerto

Api Abadi Mojokerto
Foto by Senibudaya12.blogspot.com

Objek wisata yang satu ini sangat menarik untuk.dikunjungi saat plesiran ke Mojokerto.  Sesuai dengan namanya, api abad menyuguhkan pesona wisata unik berupa nyala api yang tak pernah padam.

Sumber api alami ini pertama kali ditemukan pada tahun 1993 dan konon sudah menyala sejak jaman Kerajaan Majapahit.

Sumber api ini konon juga digunakan para empu untuk menempa senjata atau pusaka di masa lampau.

Akses jalan menuju ke lokasi api abadi cukup mudah karena hanya berjarak sekitar 3 km saja dari Kota Mojokerto.

Untuk mendapatkan pemandangan yang lebih menarik, sebaiknya kamu datang menjelang malam hari agar nyala api abadi terlihat jelas.

Lokasi: Dusun Bekucuk, Desa Tempuran, Kecamatan Soko, Mojokerto.

Kolam Segaran

Wisata Kolam Segaran Mojokerto
Photo by @abdoermessio

Situs purbakala peninggalan jaman Kerajaan Majapahit Kolam Segaran berbentuk kolam raksasa dengan ukuran luas 375×175 meter.

Sebelum ditemukan pada tahun 1926, kolam air bersejarah ini terpendam dalam tanah. Selama 10 tahun sejak tahun 1974 kolam purbakala ini telah mengalami beberapa kali pemugaran.

Meskipun kolam air ini disebut-sebut sebagai tempat rekreasi bagi keluarga kerajaan. Namun adanya saluran keluar masuk air di kolam ini tidak menutup kemungkinan jika pada jaman Majapahit kolam ini difungsikan sebagai sebagai waduk.

Lokasi: Desa Trowulan, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto.

Patung Budha Tidur Mahavihara Mojopahit

Patung Budha Tidur Mahavihara Mojopahit Mojokerto
Photo by Myworldmyride.blogspot.co.id

Tidak perlu jauh-jauh ke Thailand atau Myanmar untuk melihat patung Budha tidur, karena di Mojokerto kamu pun bisa menyaksikannya.

Dengan ukuran mencapai 22 meter untuk panjangnya, dan 6 meter serta 4,5 meter untuk lebar dan tingginya, patung dengan pose santai ini disebut-sebut sebagai patung terbesar ketiga di dunia.

Di lokasi ini kamu akan menyaksikan bangunan vihara dengan bentuk dan aromanya yang khas.  Selain melihat keunikan patung Budha yang sedang tidur, kamu juga bisa melihat patung-patung lainnya, termasuk miniatur Candi Borobudur yang melegenda.

Dengan background patung Budha tidur, kamu bisa pose dalam berbagai gaya untuk menambah koleksi foto liburanmu di Mojokerto.

Spot cantik lainnya juga bisa kamu temukan di tempat ini, jadi jangan lewatkan momen liburanmu untuk berfoto selfie maupun rame-rame.

Lokasi: Jalan Raya Trowulan, Bejijong, Trowulan, Mojokerto

Selain destinasi wisata Trawas yang telah disebutkan di atas, di wilayah Mojokerto juga terdapat objek wisata sejarah dan budaya lainnya yang identik dengan peninggalan Kerajaan Majapahit.

Diantaranya adalah Kolam Segaran yang terletak di Kecamatan Trowulan, Mojokerto.  Sebagai salah satu peninggalan Kerajaan Majapahit, kolam kuno ini disebut-sebut sebagai kolam kuno terbesar di Indonesia dengan panjang kolam mencapai 375 meter.

Selain itu di Mojokerto juga terdapat objek wisata alam berupa pemandian air panas Padusan yang terletak di Kecamatan Pacet, tepatnya di Desa Padusan.

Banyak pengunjung yang percaya bahwa air di pemandian ini ampuh untuk menyembuhkan penyakit kulit dan persendian.

Di Mojokerto juga terdapat beberapa candi peninggalan Kerajaan Majapahit dan situs bersejarah, diantaranya adalah seperti berikut:

  • Candi Kedaton
  • Candi Bajang Ratu
  • Candi Brahu
  • Candi Tikus Mojokerto
  • Candi Wringin Lawang
  • Situs Trowulan
  • Pendopo Agung Trowulan
  • Makam Troloyo
  • Kolam Segaran
  • Pemandian air panas Ubalan

Nah, itulah beberapa destinasi wisata Trawas yang bisa dijelajahi selama liburan ke Mojokerto.  Selain wisata di atas, kita juga bisa mengunjungi beberapa air terjun eksotis di Mojokerto ataupun mendaki Gunung Penanggungan yang penuh dengan kisah legenda dan sejarah.

Baca: 10 Tempat Wisata Hits di Jakarta Selatan yang Ramai DIbicarakan

Jangan lupa juga untuk mencicipi aneka jajanan khas Mojokerto yang pasti enak dan menggugah selera. Seperti onde-onde, sate keong, sambel wader dan kuliner khas lainnya.

Ayo liburan ke Mojokerto!