Tempat Wisata di Trenggalek Terbaru & Paling Hits Dikunjungi Tahun Ini!

Tempat Wisata di Trenggalek
Pantai Indah Cengkrong taken by @yopipiyocahyo

Nyero.ID – Trenggalek merupakan sebuah wilayah kabupaten di Provinsi Jawa Timur. Keindahan alamnya yang didominasi dengan pegunungan menjadi daya tarik tersendiri dalam dunia pariwisata. Selain pegunungan, Trenggalek juga memiliki banyak pantai eksotis yang tak kalah mempesona.

Potensi wisata di Trenggalek cukup beragam sehingga memberikan banyak pilihan buat kamu yang sedang merencanakan liburan di Kota Alen-alen ini. Untuk lebih jelasnya berikut adalah beberapa tempat wisata hits di Kabupaten Trenggalek yang wajib kamu explore.

Pantai Karanggongso

Meskipun lumayan jauh dari pusat kota, namun pantai ini menjadi salah satu spot wisata favorit di Trenggalek. Deretan pegunungan dengan nuansa hijau terlihat begitu kontras dengan warna biru laut yang lembut, membuat suasana semakin sejuk.

Pantai ini memiliki garis pantai yang cukup panjang sehingga kamu bisa berjalan-jalan di sepanjang bibir pantai sepuasnya. Ombak yang cukup tenang memungkinkan kamu untuk berenang atau sekedar bermain air di tepi pantai.

Buat yang ingin seru-seruan bisa berkeliling pantai dengan perahu motor atau banana boat. Di pantai ini juga terdapat dermaga yang menjadi ikon Pantai Karanggongso. Kamu bisa menunggu momen sunset di dermaga ini dan mengabadikan senja di Pantai Karanggongso dengan view yang begitu epic.

Lokasi: Tasikmadu, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur.

Pantai Prigi

Pantai ini letaknya berdekatan dengan Pantai Karanggongso. Meskipun berbatasan dengan Laut Selatan Jawa, namun ombak di pantai ini relatif tenang karena terhalang oleh pegunungan di sekitar pantai. Alhasil pantai ini memiliki panorama yang indah dengan view pegunungan nan eksotis.

Selain itu fasilitas yang tersedia di Pantai Prigi cukup lengkap sehingga momen liburanmu akan semakin nyaman. Jalan-jalan, hunting spot foto, kulineran, atau bahkan camping di kawasan pantai bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Lokasi: Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur.

Pantai Damas

Destinasi wisata pantai ini sangat menarik untuk dikunjungi karena keindahan alamnya yang mempesona. Nuansa alami yang begitu kental dengan lingkungan yang masih sangat asri akan membuat liburanmu semakin nyaman. Kamu bisa berteduh di bawah pepohonan sambil menikmati keindahan pantai. Kamu juga bisa berenang atau berburu spot foto kece buat galerimu.

Lokasi: Desa Karanggandu, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur.

Pantai Ngadipuro

Pemandangan di pantai ini sangat indah, cocok buat acara rekreasi dan refreshing di akhir pekan. Perpaduan antara pasir putih, laut biru, dan hijaunya pepohonan menjadi suguhan alam yang begitu menyejukkan, bikin adem dan jadi enggan pulang. Meskipun failitas yang tersedia belum begitu lengkap, namun hal itu tidak akan mengurangi pesona pantai yang memikat.

Lokasi: Peden, Craken, Munjungan, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur.

Pantai Konang

Garis pantai yang sangat luas akan memanjakan mata dengan keindahan yang seolah tanpa batas. Sambil menunggu momen sunset kamu bisa berjalan-jalan di sepanjang bibir pantai atau berburu kuliner khas ikan bakar yang menggugah selera. Jangan lewatkan untuk mengabadikan momen sunset terbaik di pantai ini dengan view yang begitu syahdu.

Lokasi: Sukorejo, Nglebeng, Panggul, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur.

Hutan Bakau Pancer Cengkrong

Destinasi wisata hutan bakau memang sangat menarik untuk dikunjungi. Hamparan hutan bakau yang begitu asri terlihat semakin menawan dengan view pegunungan dan sungai di depan mata. Di kawasan hutan bakau ini kamu bisa menjelajahi setiap sudut keindahannya melewati jembatan kayu.

Di kawasan ini kamu juga bisa mengexplore keindahan Pantai Cengkrong dengan menggunakan perahu. Manfaatkan momen serumu di tempat wisata ini untuk berburu spot foto yang paling kece.

Lokasi: Karanggangu, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur.

Gunung Prongos

Berada di ketinggian sekitar 550 mdpl, Gunung Prongos menyajikan pemandangan yang luar biasa indah di atas ketinggian. Hamparan hutan pinus yang begitu asri memberikan kesejukan tersendiri. Kamu bisa menikmati keindahan alam dari gardu pandang dengan view pegunungan yang memanjakan mata.

Di tempat ini juga terdapat area khusus untuk menempelkan gembok harapan dengan nama keren “Hope Lock”. Bagaimana, tertarik untuk menambatkan harapanmu di Gunung Prongos?

Lokasi: Desa Timahan, Kecamatan Kampak, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur.

Bukit Dukuh

Dari atas ketinggian Bukit Dukuh kamu akan dimanjakan dengan panorama laut di antara perbukitan hijau, membuat lelahmu sirna seketika. Kamu bisa menikmati suasana alam yang begitu menenangkan sembari berburu spot foto dengan view yang menawan.

Lokasi: Desa Dukuh, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur.

Bukit Gembes

Tempat wisata hits di Trenggalek yang menawarkan sensasi liburan tak terlupakan dengan pemandangan alam yang menakjubkan. Kamu bisa menikmati pemandangan dari gardu pandang dengan view keindahana pantai dan pegunungan. Foto selfiemu di tempat ini pasti keren dan instagrammable.

Lokasi: Gembes, Desa Masaran, Kecamatan Munjungan, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur.

Bukit Banyon

Bukit Banyon menyajikan eksotisme alam pegunungan bak negeri di atas awan dengan segala keindahannya. Di ketinggian Bukit Banyon kamu akan diajak untuk menikmati keindahan matahari terbit dan lautan kabut yang begitu epic.

Jika kamu masih enggan untuk pulang, kamu bisa menunggu momen sunset yang tak kalah eksotis dengan semburat jingganya yang syahdu. Saat malam tiba keindahan masih berlanjut dengan kerlap-kerlip lampu di pemukiman penduduk yang membuat suasana semakin romantis.

Lokasi: Perbatasan Desa Widoro dan Karanganyar, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur.

Bukit Tunggangan

Spot wisata ini berada di ketinggian sekitar 250 mdpl dengan akses jalan yang cukup terjal. Untuk menyaksikan momen sunrise di pagi hari kamu bisa camping di tempat ini dan menikmati suasana malam yang syahdu.

Bukit dengan pemandangan menawan ini juga sering digunakan untuk kegiatan paralayang. Buat kamu yang suka liburan dengan olahraga ekstrem paralayang, Bukit Tunggangan bisa jadi pilihan terbaik.

Lokasi: Talun, Kendalrejo, Kecamatan Durenan, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur.

Bukit Bendil

Berada di ketinggian sekitar 350 mdpl, Bukit Bendil menyajikan pesona alam yang begitu indah dengan udaranya yang sejuk. Hamparan kabut yang menyelimuti bukit membuat suasana alam semakin menakjubkan, serasa negeri di atas awan.

Lokasi: Desa Parakan, Kecamatan Trenggalek, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur.

Bukit Caretan

Masih berada dalam satu kawasan dengan Bukit Bendil, keindahan Bukit Caretan tidak kalah menawan. Dari puncak bukit kamu bisa menyaksikan pesona Kota Trenggalek dari atas ketinggian. Di malam hari pun suasananya tetap mempesona dengan kerlap-kerlip lampu kota yang bersinar bak lentera.

Lokasi: Desa Parakan, Kecamatan Trenggalek, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur.

Bukit Braksinto

Bukit Braksinto menyajikan keindahan alam terbuka di atas ketinggian dengan view lautan yang memanjakan mata. Udara yang sejuk, pepohonan yang rindang dan teduh serta pemandangan alam yang mempesona cukup ampuh untuk menghilangkan segala kepenatan.

Lokasi: Jajar, Desa Salamwates, Kecamatan Dongko, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur.

Air Terjun Pelang

Air terjun nan eskostis ini berada di pesisir Pantai Pelang membuat keindahannya semakin maksimal. Aliran air terjun mengalir diantara tebing bebatuan dan kemudian bermuara ke laut. Suasana yang masih sangat alami akan membuat kamu betah dan merasa nyaman di tempat ini. Berburu spot foto kece atau sekedar bermain air bisa menjadi kegiatan yang cukup menyenangkan.

Lokasi: Wonocoyo, Kecamatan Panggul, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur.

Sungai Kedung Maron

Hamparan sawah yang hijau diantara aliran sungai yang begitu jernih menghadirkan nuansa alam pedesaan yang bikin hati semakin adem. Kamu bisa bermain air dan merasakan kesegaran alaminya sambil menikmati keindahan alam di sekitar yang menyejukkan pandangan.

Lokasi: Desa Salamwates, Kecamatan Dongko, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur.

Jurug Waru Dongko

Air terjun ini menyajikan pemandangan alam yang indah sekaligus unik dengan bentuk tebing yang eksotis. Airnya sangat jernih dan segar membuat siapapun tergoda untuk menikmati kesegaran alaminya. Maksimalkan hobby fotografimu dengan mengexplore keindahan setiap sudut Jurug Waru Dongko.

Lokasi: Desa Watuagung, Kecamatan Dongko, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur.