10 Tempat Wisata di Wajo Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Tempat Wisata di Wajo
Bukit Kalola taken by @mohammadrasul

Nyero.ID – Beraneka ragam tempat wisata di Wajo, bisa mengobati rasa jenuhmu saat berkunjung ke kabupaten ini. Dari wisata alam, tempat bersejarah hingga destinasi hits kekinian ada di Wajo.

Selain memiliki julukan Bumi Lammaddukkelleng, Kabupaten Wajo juga dikenal sebagai Kota Sutera karena merupakan sentra penghasil kain sutera Bugis yang cukup potensial.

Kabupaten yang memiliki luas wilayah hingga 2.056,19 km² ini beribukota di Sengkang dan terbagi dalam 14 wilayah kecamatan.

Dengan keanekaragaman cagar budaya dan adat istiadat yang masih tetap dilestarikan, Kabupaten Wajo menyimpan potensi wisata yang tak kalah menarik dari daerah lainnya.

Berikut tempat wisata di Wajo Terbaru dan paling hits dikunjungi saat liburan:

1. Bukit Kalola Wajo

Wisata Hits Terbaru Bukit Kalola Wajo
Photo by @jabalnarzisco

Bukit kalola wajo bukanlah tujuan wisata utama di wajo, namun pemandangan di sekitar danau dapat menghasilkan foto instagramable. Tidak mengherankan bila banyak remaja yang menjadikan lokasi ini sebagai lokasi hunting foto favorit di Wajo.

Bagi kamu yang ingin mencari tempat berselfie ria, maka bukit ini bisa menjadi lokasi terbaik untuk menghasilkan foto sunrise dan sunset yang istagenic.

Lokasi: Desa Sogi, Kecamatan Maniangpajo, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan.

2. Danau Tempe

Wisata Hits Danau Tempe Wajo
Photo by @a.rudi2908

Di danau ini wisatawan akan disuguhi dengan panorama alam yang indah dan mengagumkan. Untuk menikmati keindahan danau dan alam di sekitarnya, pengunjung bisa menyewa perahu. Selain itu, tersedia pula penginapan yang bisa disewa untuk bermalam agar keesokan harinya bisa menikmati keindahan sunrise di kawasan danau.

Lokasi: Desa Salotengnga, Kecamatan Sabbangparu, Kabupaten Wajo, Sulsel.

3. Kolam Renang Syariah NBS

Wisata Kolam Renang Syariah NBS Wajo
Photo by Makassar.tribunnews.com

NBS Syariah Swimming Pool dan kawasan wisata Telaga Biru merupakan fasilitas bagi para santri Nurmilad Boarding School yang juga dibuka untuk masyarakat umum. Konsep syariah yang ditawarkan oleh objek wisata ini menjadi terobosan penting karena pengunjung bisa berenang dengan tetap menutup aurat. Selain itu, lokasi kolam renang yang berada di tengah areal persawahan menjadi daya tarik yang unik dan memikat.

Lokasi: Desa Lempong, Kecamatan Bola, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan.

4. Air Terjun Sumpang Puli

Wisata Hits Air Terjun Sumpang Puli Wajo
Photo by Makassar.tribunnews.com

Air terjun yang berada di tengah Pegunungan Keera ini menawarkan sensasi liburan yang mengasikkan. Dengan panorama alam yang masih sangat asri dan aliran airnya yang menyegarkan, air terjun ini banyak dikunjungi wisatawan saat liburan. Masih di Desa Awo, pengunjung juga bisa singgah sejenak di Sumber Air Panas Samoe yang belum begitu terekspose.

Lokasi: Dusun Bekkae, Desa Awo, Kecamatan Keera, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan.

5. Situs Tosora Wajo

Wisata Hits Situs Tosora Wajo
Photo by Mharissyah.blogspot.com

Di lokasi wisata ini terdapat beberapa koleksi peninggalan bersejarah dan benda-benda arkeologi.  Mulai dari makam-makam Raja Wajo hingga masjid kuno yang dibangun pada tahun 1621 M.

Lokasi: Desa Tosora, Kecamatan Majauleng, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan.

6. Masjid Darussalam Belawa

Wisata Hits Masjid Besar Darussalam Belawa Wajo
Photo by @abdulazis23

Masjid kebanggaan masyarakat Belawa ini bisa dijadikan destinasi wisata religi yang akan membuat agenda liburan di Wajo semakin lengkap. Masjid yang berdiri megah ini dibangun pada tahun 1947 oleh AGH M. Yunus Martan, seorang ulama yang kharismatik. Masjid ini selalu ramai dikunjungi dan sangat terkenal di Kabupaten Wajo.

Lokasi: Jl. Masjid Menge Belawa, Lepangeng, Wajo, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan.

7. Rumah Adat Atakkae

Wisata Hits Rumah Adat Atakkae Wajo
Photo by @jusman_muhammad11

Salah satu rumah adat terbesar yang ada di kawasan ini adalah Rumah Adat Saoraja Tenri Bali yang memiliki 101 tiang, dimana masing-masing tiang memiliki bobot hingga 2 ton. Di kawasan wisata budaya ini juga terdapat arena road race yang menjadi ajang berkumpulnya anak muda.  Pengunjung juga sering memanfaatkan keunikan arsitektur rumah adat sebagai background untuk spot selfie.

Lokasi: Kelurahan Atakkae, Kecamatan Tempe, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan.

8. Saoraja Mallangga

Wisata Hits Saoraja Mallangga Wajo
Photo by @andigustirustan

Rumah Raja ini dialihfungsikan menjadi sebuah museum yang menyimpan beberapa koleksi benda bersejarah. Sebagian koleksi merupakan milik pribadi dan sebagian lainnya berupa replika.

Lokasi: Jl. Ahmad Yani, Kota Sengkang, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan.

9. Perkampungan Sutera Pakanna

Wisata Hits Perkampungan Sutera Pakanna Wajo
Photo by Hutbunkabwajo.blogspot.com

Kabupaten Wajo terkenal dengan produksi kain suteranya, dan wisatawan pun bisa mengunjungi lokasi budidaya murbei dan ulat sutera. Sekaligus melihat proses pemintalan kepompong menjadi benang, pewarnaan hingga penenunannya. Wah, pasti menarik sekali!

Lokasi: Sempangnge, Desa Pakkanna, Kecamatan Tanasitolo, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan.

10. Kolam Renang Kalola

Wisata Hits Kolam Renang Kalola Wajo
Photo by id.wikipedia.org

Destinasi wisata yang satu ini berada di tengah hutan sehingga menyajikan suasana alam yang masih sangat asri. Meskipun saat ini kolam renang Kalola terlihat kurang terawat, namun mengunjunginya bisa menjadi rekreasi tersendiri yang menyenangkan.

Lokasi: Desa Kalola, Kecamatan Maniangpajo, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan.

Baca: 12 Tempat Wisata di Soppeng Terbaru & Paling Hits Dikunjungi