Umbul Ponggok Klaten, Sensasi Foto Underwater Anti Mainstream di Sumber Mata Air Alami

Umbul Ponggok Klaten
Photo by @luckyfebrian26

Nyero.ID – Umbul Ponggok Klaten merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Katen Jawa Tengah yang cocok untuk wisata keluarga maupun rame-rame bareng sahabat.  Destinasi ini menawarkan keindahan alam bawah airnya yang menakjubkan dengan spot foto kece underawater yang anti mainstream.

Sebagai salah satu destinasi wisata favorit di Klaten, Umbul Ponggok rupanya menyimpan cerita sejarah masa lampau yang cukup menarik.  Beberapa sumber mengatakan bahwa di tahun 1920-an wilayah Ponggok dikenal sebagai kawasan pabrik gula atau Suikerfabriek Ponggok.  Dimana fungsi utama dari umbul Ponggok adalah sebagai sumber mata air utama untuk kegiatan operasional pabrik.

Setelah pabrik gula tutup di tahun 1930, umbul Ponggok dialihfungsikan untuk pengairan lahan perkebunan dan pertanian di sekitarnya.  Seiring dengan berjalannya waktu, keindahan sumber mata air alami ini rupanya menarik perhatian wisatawan sehingga dikembangkan menjadi destinasi wisata yang cukup diunggulkan.

Popularitas Umbul Ponggok sebagai tempat wisata semakin dikenal luas setelah banyak wisatawan yang mengunggah foto underwater mereka di media sosial.  Bahkan di tahun 2018, Umbul Ponggok juga sempat dipromosikan oleh Presiden Jokowi sebagai contoh keberhasilan masyarakat dalam memanfaaatkan dana desa.

Pengembangan Umbul Ponggok sebagai tempat wisata memang tidak terlepas dari pemanfaatan dana desa yang dinilai tepat sasaran.  Dengan perkembangan wisata Umbul Ponggok ini, Desa Ponggok pun berubah menjadi kawasan desa wisata yang maju dengan perekonomian yang semakin meningkat.

Berbicara tentang Umbul Ponggok sendiri tidak akan terlepas dari keunikan yang ditawarkan, salah satunya adalah spot foto underwaternya yang keren.  Kolam dengan ukuran 50×25 meter ini dilengkapi dengan berbagai macam properti yang bisa digunakan untuk keperluan foto-foto maupun pengambilan video.  Mulai dari bangku, kursi santai, sepeda onthel, sepeda motor hingga televisi dan laptop semuanya ada.

Selain berfoto ria di bawah air, wisatawan juga bisa melakukan kegiatan snorkeling dan diving yang tidak kalah menyenangkan.  Untuk keperluan snorkeling maupun diving ini pihak pengelola sudah menyiapkan peralatan yang cukup memadai seperti tabung oksigen, kaki katak, wet suit dan kacamata selam untuk disewa.

Di Umbul Ponggok Klaten ini pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan bawah airnya yang menyejukkan.  Bahkan saat melakukan sesi foto di bawah air, wisatawan bisa merasakan sensasi berenang bersama aneka macam ikan hias yang berenang ke sana ke mari, seolah telah terbiasa berinteraksi dengan manusia.

Untuk menikmati keindahan alam di Umbul Ponggok Klaten dengan lebih nyaman, berikut adalah informasi lengkap mengenai harga tiket masuk, jam buka, fasilitas, daya tarik dan lokasi yang perlu diketahui.

Harga Tiket Masuk

Untuk menikmati keindahan alam di Umbul Ponggok Klaten, pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 15.000 per orang untuk hari biasa dan Rp 30.000 di hari libur.  Namun untuk keperluan foto underwater, snorkeling maupun diving akan dikenakan biaya tambahan sesuai dengan paket yang dipilih.

Jam Buka

Untuk menikmati sensasi wisata di Umbul Ponggok, pengunjung bisa datang sesuai dengan jam buka seperti berikut.  Hari Senin – Jum’at buka mulai pukul 08.00 WIB – 16.00 WIB.  Sementara di akhir pekan Sabtu dan Minggu buka dari jam 08.00 WIB – 17.00 WIB.

Fasilitas

Sebagai salah satu destinasi wisata yang diunggulkan, Umbul Ponggok sudah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas yang cukup memadai.  Mulai dari mushola, kamar mandi atau toilet, ruang ganti pakaian, cafe hingga warung-warung yang menjual aneka jenis makanan dan minuman.

Selain fasilitas umum tersebut, pihak pengelola juga menyediakan berbagai macam fasilitas lainnya yang bisa disewa untuk keperluan foto underwater, snorkeling maupun diving.  Untuk kamera foto underwater biaya sewanya sekitar Rp 60.000 per 30 menit maksimal untuk 4 orang.  Sementara untuk 1 jam dikenakan biaya sekitar Rp 100.000 maksimal untuk 7 orang.

Jika pengunjung ingin menambahkan properti dalam foto underwater tersebut maka akan dikenakan biaya tambahan yang cukup bervariasi.  Diantaranya adalah sewa sepeda sebesar Rp 30.000, sewa set taman/laptop/TV sebesar Rp 60.000 dan set kursi tenda sebesar Rp 100.000.  Sementara untuk sewa set love/ayunan/becak/motor sebesar Rp 100.000 dan sewa ayunan double/jet sky sebesar Rp 150.000.

Bagi pasangan yang akan menikah dan ingin melakukan sesi foto prewedding di Umbul Ponggok akan dikenakan biaya sebesar Rp 300.000.  Selain harga tersebut, pihak pengelola juga menyediakan paket  prewedding standart dengan fasilitas waktu pemotretan 1 hari full, biaya sewa pemotretan, 3  crew fotgrafer dan dokumentasi dengan harga Rp 2.000.000.

Untuk paket prewedding yang lebih lengkap ditawarkan seharga Rp 3.000.000 dengan fasilitas berupa waktu pemotretan sehari full, make up artist, biaya sewa tempat pemotretan, 3 crew fotografer, wardrobe, dan dokumentasi dalam bentuk CD maupun cetak.

Sedangkan bagi pengunjung yang ingin menikmati sensasi berjalan di bawah air bisa mencoba paket power dive (walker) dengan harga Rp 150.000 sudah termasuk dokumentasi foto dan Rp 200.000 untuk dokumentasi foto dan video.  Sementara untuk paket snorkeling dikenakan biaya sebesar Rp 250.000 dengan fasilitas berupa swim suit, sepatu katak, tabung oksigen dan bimbingan sebelum menyelam.

Meskipun biaya yang ditawarkan terbilang mahal namun hal itu sebanding dengan sensasi dan keindahan yang akan didapatkan karena sangat berkesan dan pastinya tak terlupakan.

Daya Tarik

Umbul Ponggok Klaten menawarkan sejuta keindahan dengan alam bawah airnya yang mempesona.  Sumber mata air alami ini sangat jernih sehingga aneka jenis ikan dan dasar kolam-nya pun terlihat dengan jelas.  Tidak heran jika banyak diantara pengunjung yang menyebutnya sebagai Bunaken van Klaten karena keindahannya.

Selain menyajikan keindaahan alam yang asri dan sejuk, salah satu daya tarik Umbul Ponggok yang tidak boleh dilewatkan adalah sensasi foto underwaternya yang keren dan anti mainstream.  Di kolam berukuran 50×25 m2 dengan kedalaman 1,5 – 2,6 meter ini pengunjung bisa mengekspresikan berbagai gaya saat berfoto dengan property yang tersedia.

Kualitas air yang jernih dan tidak amis meskipun banyak ikan yang berenang di dalamnya mampu memberikan hasil foto yang keren dan unik.  Bagi pengunjung yang tidak ingin mengabadikan momen di bawah air pun bisa tetap menikmati liburan yang menyenangkan dengan adanya kolam renang dan wahana permainan yang seru untuk anak-anak.

Pengunjung juga bisa sekedar duduk bersantai menikmati suasana alam yang asri dengan secangkir kopi atau teh.  Dan bagi yang tidak suka berbasah-basahan main air bisa mencoba berkeliling kolam dengan menyewa perahu.

Lokasi

Umbul Ponggok Klaten berlokasi di Jalan Delanggu – Polanharjo, Jeblogan, Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.  Akses jalan menuju ke lokasi wisata sudah cukup memadai sehingga mudah untuk dicapai.  Jika dari arah Jogja, Kebumen, maupun Purworejo silahkan langsung menuju ke arah Alun-alun Klaten dan kemudian ke arah Lapangan Mayungan.

Jika sudah ketemu silahkan ikuti jalan utama menuju ke arah Karanganom dan ikuti petunjuk arah yang ada sampai ke pertigaan besar dekat Puskemas Karanganom, silahkan belok kiri lalu kanan.  Ikuti jalan utama hingga melewati Kantor Desa Gledeg dan Pasar Jeblog.  Jarak dari Alun-alun Klaten ke Umbul Ponggok sekitar 12,5 km dan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 30 menit menggunakan roda empat.  Untuk lebih mudahnya silahkan gunakan aplikasi Google Maps.