14 Wisata di Purwokerto, Lengkap dengan Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Wisata di Purwokerto
Photo by @rifki_afifan

Nyero.ID – Berada di sebelah selatan Gunung Slamet, Purwokerto menyimpan potensi wisata yang cukup beragam sehingga sangat cocok untuk tujuan wisata bersama keluarga.  Purwokerto sendiri merupakan ibukota dari Kabupaten Banyumas yang terkenal dengan julukan Kota Kripik.  Sebagai referensi, berikut ini adalah 14 tempat wisata di Purwokerto yang menarik untuk dikunjungi.

1.  Lokaswisata Baturaden

Berada di kaki Gunung Slamet, Lokawisata Baturaden menjadi salah satu ikon wisata yang difavoritkan untuk tujuan wisata keluarga.

Sebagai ikon wisata kebanggaan Purwokerto, Lokawisata Baturaden dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas yang akan membuat pengunjung semakin betah dan nyaman.  Mulai dari taman bermain anak, kolam renang, flying fox, hingga kuliner.

Lokasi:  Karangmangu, Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Harga tiket masuk:  Rp 14.000

2.  Pancuran Pitu dan Pancuran Telu

Hanya berjarak sekitar 2,5 km dari Lokawisata Baturaden, Pancuran Pitu memiliki 7 sumber air panas yang dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.  Tidak jauh dari lokasi air terjun wisatawan bisa mengeksplore Goa Sarabadak dengan keindahannya yang tidak kalah memikat.

Sementara Pancuran Telu berada di dekat pintu masuk utama objek wisata Baturaden.  Pancuran dengan tiga sumber air panas ini hanya dibuka untuk umum pada waktu-waktu tertentu, yaitu Senin malam dan Kamis malam.

Lokasi:  kawasan Lokawisata Baturaden, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Harga tiket masuk:  Rp 7.500

3.  Teater Alam Baturaden

Konsep bisokop mini di tempat wisata ini sangat unik karena menggunakan badan pesawat jenis Foxer milik Maskapai Penerbangan Garuda.  Di bioskop mini ini pengunjung akan diajak untuk menyaksikan film-film yang bermuatan edukasi.

Lokasi:  kawasan Lokawisata Baturaden, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Harga tiket:  Rp 5.000

4.  Baturaden Adventure Forest (BAF)

BAF merupakan tempat wisata di Purwokerto yang berada di kawasan Baturaden, tepatnya di Desa Karangsalam yang berjarak sekitar 1,7 km dari Pancuran Pitu.

Tempat wisata ini didesign untuk aktivitas adveture yang seru bersama keluarga atau rombongan dengan berbagai macam wahana di dalamnya.  Mulai dari outbound, camping, canyoning, water slide, hingga paintball wars.

Lokasi:  Desa Karangsalam, Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Harga tiket masuk:  Rp 230.000

5.  The Village Purwokerto

Tempat wisata di Purwokerto ini menyajikan konsep wisata edukasi yang berpadu dengan unsur kesenian, budaya dan hiburan.  Konsep wisata family park yang diusung menjadikan tempat ini sebagai salah satu tujuan wisata yang cukup difavoritkan.

Selain menyajikan keindahan alam dengan spot-spot fotonya yang kece, tempat ini juga dilengkapi dengan mini zoo, bird dome, playground dan food court.

Lokasi:  Jalan Raya Baturaden Km 7, Desa Rempoah, Kecamatan Baturaden, Purwokerto, Kabupaten Banyumas.

Harga tiket masuk:  Rp 15.000 untuk hari biasa, Rp 10.000 untuk malam hari dan Rp 23.000 untuk akhir pekan.

6.  Taman Bale Kemambang

Lokasi taman wisata di Purwokerto ini sangat mudah untuk diakses karena berada di tengah kota.  Fasilitas yang tersedia pun cukup lengkap sehingga memberikan kenyaman tersendiri bagi pengunjung yang datang.

Selain taman bermain anak, di taman ini juga terdapat kolam ikan yang penuh dengan ikan hias, serta menara tiga lantai yang bisa dimanfaatkan untuk menyaksikan keindahan taman dan suasana kota dari atas ketinggian.

Lokasi:  Jalan Karang Kobar, Karang Kobar, Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Harga tiket masuk: Rp 1.500 untuk anak-anak dan Rp 2.500 untuk dewasa.

7.  Taman Andhang Pengrenan

Ruang terbuka hijau di Purwokerto ini merupakan salah satu tempat rekreasi yang cukup difavoritkan oleh masyarakat.

Selain dilengkapi dengan taman dan kolam air mancur, tempat ini juga menyediakan ragam fasilitas yang cukup lengkap seperti playground, ATV, kereta mini, dll.  Sementara di beberapa titik dilengkapi dengan berbagai macam properti menarik yang cocok untuk keperluan foto-foto.

Lokasi:  Jalan Gerilya, Karangklesem, Purwokerto Selatan, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Harga tiket masuk:  Rp 1.500 untuk anak-anak dan Rp 2.500 untuk dewasa.

8.  Taman Bambu

Taman wisata di Purwokerto ini mengusung konsep edukasi dan hiburan yang seru dan menyenangkan.  Selain menyajikan ruang terbuka hijau yang asri, suasana alam di kawasan taman ini semakin indah dengan adanya aliran sungai dan air terjun.

Salah satu lokasi yang cukup difavoritkan untuk berfoto adalah hamparan pohon bambu di perumahan Raffles dengan spot kece-nya yang instagrammable.

Lokasi:  Dusun II, Karansalam, Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Harga tiket masuk:  Rp 5.000

9.  Taman Kitiran

Sesuai dengan namanya, Taman Kitiran menyajikan spot kece berupa hamparan kitiran atau kincir angin mini dalam berbagai warna yang sangat meriah.  Dengan konsep yang unik, taman ini menjadi salah satu tujuan wisata selfie yang cukup difavortikan di Purwokerto.

Lokasi:  Jalan Moh. Besar, Kertasari, Pabuaran, Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Harga tiket masuk:  Rp 10.000 untuk hari biasa dan Rp 15.000 untuk akhir pekan.

10. Taman Hexagone

Taman wisata di Purwokerto ini mengusung konsep wisata selfie kekinian yang cocok untuk keperluan fotografi.  Hanpir di setiap sudut taman dilengkapi dengan spot-spot kece yang menarik untuk berfoto, diantaranya ada gardu pandang dan menara bambu.

Lokasi:  Dusun III Petir, Kalibagor, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Harga tiket masuk:  Rp 5.000

11.  Small World Purwokerto

Sesuai dengan namanya, tempat wisata di Purwokerto ini menyajikan konsep miniatur bangunan terkenal di dunia dalam satu kawasan.  Mulai dari Patung Merlion, Kincir Angin Belanda, Menara Eiffel, Kinkakuji, Taman Bunga Sakura, Opera House Sidney, Twin Tower, dll.

Lokasi:  Jalan Raya Baturaden Barat No. 270, Ketenger, Karangmangu, Baturaden, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Harga tiket masuk:  Rp 10.000 untuk anak-anak, Rp 20.000 untuk dewasa, dan Rp 25.000 untuk akhir pekan.

12.  Desa Wisata Ketenger

Tepat wisata di Purwokerto ini menyajikan suasana alam khas pedesaan yang indah dengan lingkungan alamnya yang begitu asri.  Konsep liburan di tempat ini sangat lengkap sehingga memberikan pengalaman tersendiri yang tidak akan terlupakan.

Di desa wisata ini pengunjung bisa bermalam di villa dengan tarif yang sangat terjangkau. Selain itu juga bisa mengeksplore keindahan Curug Bayan, peninggalan sejarah berupa rel lengkap dengan lorinya, kesenian tradisional hingga mencicipi kuliner khas Banyumas.

Lokasi:  Dusun II Ketenger, Ketenger, Baturaden, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Harga tiket masuk:  Rp 5.000

13.  Telaga Sunyi

Lokasi Telaga Sunyi berada tengah hutan damar dan pinus, atau sekitar 2,5 km dari kawasan lokawisata Baturaden, Purwokerto.  Nuansa alam yang begitu kental dengan suasana asri di Telaga Sunyi memberikan efek relaksasi yang bikin betah.

Lokasi:  Limpakuwus, Sumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Harga tiket masuk:  Rp 10.000

14.  Curug Gomblang

Air terjun dengan ketinggian sekitar 50 meter ini berada di lokasi yang cukup tersembunyi sehingga menyajikan keindahan alam yang begitu mempesona.

Suasana yang begitu alami dengan lingkungan asri di sekitarnya membuat siapapun betah untuk berlama-lama di tempat ini.

Di lokasi wisata ini terdapat fasilitas selfie deck yang bisa dimanfaatkan untuk berfoto dengan keindahan Curug Gomblag sebagai latarnya.

Lokasi:  Desa Baseh, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.  Atau sekitar 40 menit dari pusat Kota Purwokerto.

Harga tiket masuk:  Rp 5.000