Wisata Keluarga D’pongs Semarang: Lokasi, Rute & Harga Tiket Masuknya!

Wisata D'pongs Semarang
Photo by @dpongs_wisatakeluarga

Nyero.ID – Semarang merupakan ibukota Provinsi Jawa Tengah yang memiliki potensi wisata cukup beragam. Seperti Lawang Sewu, Kota Lama Semarang, Pantai Marina, Maron Mangrove Edupark hingga Water Blaster Graha Candi Golf memang sangat menarik untuk disambangi saat liburan.

Selain deretan wisata terkenal tersebut, beberapa tempat wisata di Semarang juga terkenal dengan sajian spot-spot instagrammable di dalamnya. Ada banyak tema yang diusung untuk menarik perhatian wisatawan dengan konsep kekinian yang tidak kalah menarik.

Tempat wisata alam dengan konsep kekinian memang sedang booming di kalangan wisatawan.  Tidak heran jika banyak bermunculan tempat wisata baru dengan daya tariknya masing-masing yang sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Salah satu tempat wisata baru di Kabupaten Semarang yang cukup hits adalah D’Pongs yang berada di kawasan Gunung Pati. Nama D’Pongs sendiri merujuk pada Desa Pongangan dimana tempat wisata ini berada.

Dengan luas lahan sekitar 4 hektare, D’Pongs berhasil mencuri perhatian wisatawan karena memiliki daya tarik tersendiri. Selain menyajikan panorama alam yang menyejukkan, tempat wisata ini juga dilengkapi dengan berbagai macam spot foto kece yang akan memanjakan para pecinta foto selfie.

Momen liburan di D’Pongs akan semakin menyenangkan karena tempat ini menyediakan beberapa wahana permainan seru. Diantaranya adalah outbound, flying fox, ATV, archery, high rope, horse ridding, hammock, glamping, paintball, mini trail, mini off road, hingga foto pets.

Wisata alam kekinian ini juga menawarkan sensasi liburan yang cukup lengkap dengan adanya kebun binatang mini yang mengedukasi. Di tempat ini pengunjung bisa berinteraksi dengan rusa totol dan memberi mereka makan secara langsung.

Lokasi wisata D’Pongs berada tidak jauh dari pusat Kota Semarang dan bisa dikunjungi dengan biaya yang cukup terjangkau. Tidak salah jika destinasi wisata ini menjadi salah satu tempat wisata alternatif yang menarik untuk dikunjungi saat liburan.

Buat kamu yang akhir pekan ini berencana untuk liburan di wisata D’Pongs, berikut adalah informasi tentang harga tiket, jam operasional, fasilitas, daya tarik, dan lokasi yang perlu diketahui.

Harga Tiket Masuk

Wisata D’Pongs di Gunung Pati, Semarang ini bisa dikunjungi dengan harga tiket masuk yang cukup terjangkau yaitu Rp 5.000 free air mineral.  Biaya yang cukup murah untuk menikmati suasana alam yang sejuk dan mengeksplore beberapa spot foto kece di dalamnya.

Untuk menikmati wahana permainan di tempat ini kamu akan dikenakan biaya yang cukup bervariasi mulai dari Rp 20.000 sampai Rp 125.000 tergantung jenis permainan yang dipilih.

*Harga bisa berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan pengelola

Jam Operasional

D’Pongs Gunung Pati, Semarang buka setiap hari mulai pukul 09.00 WIB sampai 17.00 WIB.  Waktu operasional yang cukup panjang akan membuat kamu lebih leluasa untuk menikmati liburan di tempat ini. Mulai dari berburu spot selfie hingga mencoba berbagai macam wahana permainan yang ada.

Fasilitas

Meskipun baru dibuka sejak pertengahan tahun 2018 lalu namun fasilitas yang tersedia di tempat ini sudah cukup memadai. Diantaranya adalah area parkir yang luas, spot foto, wahana permainan seru seperti flying fox, ATV, paintball, mini off road, high rope, dan horse ridding.

Ada juga fasilitas berupa mini zoo, rumah pohon, food court, pendopo, dll yang akan membuat momen liburanmu di tempat ini semakin menyenangkan.

Daya Tarik

Lokasi wisata yang tidak terlalu jauh dari pusat kota dan mudah untuk diakses menjadi daya tarik tersendiri yang membuat tempat ini cocok untuk dikunjungi bersama teman atau keluarga.  Destinasi wisata keluarga ini menawarkan konsep liburan asik dengan berbagai macam wahana permainan di dalamnya.

Memasuki area D’Pongs pengunjung bakal disambut dengan tulisan D’Pongs berwarna orange yang terlihat begitu kontras dengan hijaunya pepohonan di sekitarnya.  Banyak wisatawan yang berfoto dengan background tulisan ini karena terlihat menarik dan bisa menjadi kenangan kalau pernah ke tempat ini.

Tempat wisata dengan konsep bermain di alam terbuka menyediakan beberapa macam wahana permainan yang akan membuat liburanmu semakin seru. Diantaranya adalah hammock bertingkat yang bisa kamu gunakan untuk sekedar bersantai dan berfoto ria dengan background pepohonan hijau.

Tidak cukup hanya bersantai saja menikmati suasana alam, di tempat ini kamu juga bisa menjajal permainan di wahana archery dengan didampingi oleh seorang pembimbing. Selain memanah, pengunjung bisa menjajal kemampuannya dalam mengendarai mini trail atau ATV dengan medan yang cukup menantang.

Masih belum puas dengan wahana permainan tersebut, jangan lewatkan untuk menjajal kekuatan otot dengan bergelantungan di wahana high rope. Untuk menjajal wahana ini kamu akan didampingi oleh seorang instruktur sehingga lebih aman.

Puas bergelantungan masih ada wahana seru lainnya yang bisa dijajal, yaitu flying fox yang tak kalah menantang. Dengan ketinggian sekitar 8 meter, kamu bakal diajak untuk meluncur dengan jarak sekitar 40-50 meter. Peralatan yang digunakan pun sudah memenuhi standar keamanan sehingga kamu bisa meluncur dengan tenang.

Jika tidak ingin menjajal flying fox atau ATV, kamu bisa mencoba wahana permainan paint ball yang bisa dimainkan bersama teman-teman satu komunitas.

Di permainan ini kamu bisa mengasah kemampuanmu dalam mengatur strategi dan menembakkan peluru ke arah lawan untuik merebut benteng pertahanan. Dijamin momen liburanmu akan semakin seru dan tak terlupakan.

Bagi yang suka berkuda atau ingin merasakan sensasi naik kuda, kamu bisa menjajal naik kuda di tempat ini.

Kuda yang digunakan dalam wahana ini merupakan kuda impor dengan badan yang tinggi dan tegap. Buat anak-anak juga tersedia kuda poni yang bisa dikendarai untuk berkeliling area wisata.

Destinasi wisata alam dan petualangan D’Pongs semakin menarik karena lokasinya yang berada di Gunung Pati berdekatan dengan tempat wisata lainnya seperti Desa Wisata Kandri, Goa Kreo, dan Taman Mburi Omah.

Di Desa Wisata Kandri kamu akan diajak untuk menikmati suasana pedesaan yang syahdu dengan nuansa alam dan budaya yang cukup kental. Di kawasan desa wisata ini juga terdapat tempat wisata lain seperti Goa Kreo dan Waduk Jatibarang.

Untuk sensasi liburan seru dengan spot nan menawan, kamu juga bisa menyambangi Taman Mburi Omah yang berada di Talunkacang, Gunung Pati. Selain spot foto yang unik dan kekinian, di tempat ini kamu bakal disuguhi dengan panorama alam yang indah dengan view hamparan Waduk Jatibarang.

Jika waktunya memungkinkan, kamu bisa sekalian mengunjungi Desa Wisata Kandri dan Taman Mburi Omah sehingga momen liburanmu di Kota Semarang semakin lengkap.

Lokasi

D’Pongs merupakan tempat wisata terbaru di Semarang yang terletak di Desa Pongangan, Kecamatan Gunung Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah.  Letaknya tidak terlalu jauh dari pusat kota, hanya sekitar 14,8 km dan bisa ditempuh dalam waktu sekitar 34 menit saja tergantung kondisi lalu lintas.

Untuk mengetahui rute lengkap menuju ke lokasi wisata D’Pongs kamu bisa menggunakan aplikasi Google Maps.

Baca: Oleh-oleh Khas Semarang Paling Terkenal yang Wajib Kamu Bawa Pulang!