Wisata Dusun Semilir Eco Park Bawen, Spot Instagrammable dengan Nuansa Pedesaan di Semarang!

Wisata Dusun Semilir Eco Park Bawen
Photo by @m.prasetyo_eko

Nyero.ID – Terkenal dengan jajanan lumpia-nya, Semarang memiliki ragam destinasi wisata yang menarik untuk dieksplore. Bukan hanya kawasan Kota Lama yang sarat akan nilai-nilai historis saja, di Semarang kita bisa melipir sejenak ke wilayah pedesaan dengan destinasi wisata yang begitu menyejukkan. Salah satu yang terbaru dan langsung hits di kalangan wisatawan adalah Dusun Semilir Eco Park Bawen.

Dusun Semilir Eco Park Bawen merupakan tempat wisata kekinian yang berada di Jalan Soekarno Hatta No. 49, Ngemple, Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Ikon wisata terbaru di Semarang ini trial opening pada akhir Mei 2019 dan resmi dibuka pada bulan Desember 2019 bertepatan dengan masa liburan. Meskipun masih dalam tahap pengembangan, namun sebagian area sudah dibuka untuk umum dan langsung menarik perhatian wisatawan.

Tempat wisata ini sangat cocok untuk tujuan wisata keluarga di akhir pekan karena memadukan konsep alam di pegunungan dengan nuansa pedesaan yang begitu kental.

Spot Wisata Instagramable Dusun Semilir Eco Park Bawen
Photo by @holiday.ayey

Konsep wisata yang disajikan semakin lengkap dengan adanya warisan asli Indonesia, jelajah kuliner, dan juga wisata edukasi yang terpadu dalam satu lokasi wisata.

Salah satu daya tarik utama yang menjadi ikon tempat wisata ini adalah keberadaan kubah stupa yang begitu unik. Deretan kubah ini terbuat dari susunan kerangka bernuansa coklat dengan lapisan kaca yang membuat tampilannya semakin terlihat artistik.

Bagian luar yang dilengkapi dengan rangkaian bambu dan kayu membuat area ini semakin nyaman dengan kesan tradisional di dalamnya. Bukan hanya menyajikan pesona stupa yang unik, Dusun Semilir Eco Park Bawen juga dilengkapi dengan toko khusus yang menyediakan aneka macam kerajinan tradisional dan kain batik.

Tidak ketinggalan juga dengan kuliner-nya yang menyajikan aneka camilan tradisional seperti lanting, gulali, intip, hingga bandeng presto yang menjadi salah satu ikon kuliner di Semarang.

Dengan konsep alam pegunungan dan pedesaan, Dusun Semilir Eco Park semakin sejuk dipandang karena dilengkapi dengan suasana hutan tropis di dalam ruangan.

Meskipun areanya tidak begitu luas, namun nuansa alam yang tersaji menjadikan ruangan kubah stupa terasa begitu menyejukkan.

Untuk memberikan kenyamanan lebih bagi para pengunjung, objek wisata kekinian di Semarang ini dilengkapi dengan ragam fasilitas yang cukup memadai. Beberapa fasilitas tersebut antara lain adalah area parkir, spot selfie, restoran, toko oleh-oleh, kursi roda untuk penyandang difabel dan lansia, serta berbagai fasilitas penunjang lainnya.

Untuk memantapkan agenda liburanmu di Dusun Semilir Eco Park Bawen, berikut adalah beberapa informasi terkait harga tiket masuk, jam buka, fasilitas, daya tarik, dan lokasi yang perlu diketahui.

Harga Tiket Masuk

Untuk menikmati keindahan Dusun Semilir Eco Park Bawen harga tiket masuk yang harus dibayarkan sebesar Rp 5.000 per orang.  Sementara ongkos parkir untuk motor sebesar Rp 2.000, Rp 5.000 untuk mobil dan Rp 20.000 untuk bus. Dengan harga tiket yang sangat terjangkau pengunjung bisa menikmati berbagai macam spot foto secara gratis.

Sedangkan untuk menikmati menu makanan di Jembatan Senggol dan Resto Sepoi-sepoi diberlakukan sistem transaksi cashless.  Adapun pembayarannya menggunakan kartu khusus yang di top up.

Dengan ketentuan pengunjung bisa mendapatkan kartu seharga Rp 50.000 yang terdiri dari deposit Rp 10.000 dan saldo sebesar Rp 40.000 yang bisa digunakan untuk berbelanja.  Jika saldo tidak mencukupi maka bisa melakukan top up.

Jam Buka

Dusun Semilir Eco Park Bawen buka setiap hari mulai pukul 10.00 WIB – 21.00 Wib untuk hari biasa dan pukul 10.00 WIB – 22.00 WIB untuk akhir pekan dan hari libur lainnya.

Fasilitas

Meskipun terbilang baru dan masih dalam tahap pengembangan, namun fasilitas yang tersedia di tempat ini sudah cukup memadai.

Beberapa fasilitas tersebut antara lain adalah area parkir, spot selfie, restoran, toko oleh-oleh, hingga kursi roda untuk penyandang difabel dan lansia.

Untuk kedepannya pihak pengelola masih akan melengkapi berbagai fasiilitas yang ada agar pengunjung semakin nyaman dan betah.

Diantaranya adalah mini zoo, danau buatan, glamping, area outbound, dan wahana permainan yang dibangun di lahan seluas 14 hektare.

Daya Tarik

Dusun Semilir Eco Park Bawen merupakan destinasi wisata baru di Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang.  Konsep yang ditawarkan oleh objek wisata ini cukup lengkap sehingga sangat menarik untuk dijadikan tujuan wisata di akhir pekan atau hari libur lainnya.

Dusun Semilir memadukan konsep wisata alam khas pegunungan dan pedesaan yang dilengkapi dengan wisata kuliner dan edukasi di dalamnya.

Daya tarik utama dari tempat wisata ini adalah keberadaan kubah stupa yang berjumlah lima buah dengan bentuk unik ala Candi Borobudur. Kubah ini terbuat dari rangka coklat tua yang dipadukan dengan lapisan kaca bening sehingga memunculkan efek artistik yang begitu unik.

Sementara pada bagian terasnya dibuat dari rangkaian bambu dan kayu dengan kesan tradisional yang begitu kental.

Ruangan di dalam kubah stupa terdiri dari beberapa area dengan temanya masing-masing.  Beberapa diantaranya merupakan toko khusus yang menyediakan aneka macam kerajinan tradisional dan batik.

Di bagian lainnya merupakan area kuliner dengan menu jajanan tradisional yang cukup menggoda, seperti gulali, lanting, bakpia, hingga bandeng presto yang merupakan salah satu ikon kuliner di Semarang.

Yang tidak kalah menarik, di dalam ruangan kubah stupa juga terdapat area dengan nuansa hutan tropis yang asri. Meskipun tidak begitu luas, namun nuansa alam di area ini terlihat menarik dan cukup menyejukkan.

Area lain yang bisa dieksplore adalah Jembatan Senggol yang terbuat dari material bambu, kayu dan jerami dengan nuansa alami yang begitu kental. Meskipun disebut dengan jembatan senggol, namun jalur untuk berjalan di jembatan ini cukup luas sehingga tidak perlu khawatir akan berdesak-desakan.

Jembatan senggol dilengkapi dengan deretan food court, pernak-pernik lucu dan bangku-bangku mungil untuk sekedar beristirahat. Selain bersantai dan menikmati suasana, momen asik di jembatan senggol sangat menarik untuk diabadikan dalam bidikan kamera.

Perjalanan di ujung jembatan senggol akan disambut dengan resto berkonsep tradisional modern yang dikenal dengan nama Sepoi-sepoi Food Garden. Namanya sangat sesuai dengan suasana adem dan sejuk karena semilir angin yang berhembus.

Objek Wisata Dusun Semilir Eco Park Bawen
Photo by @dulaz_wickson

Meskipun fasilitas yang tersedia sudah cukup memadai, namun pihak pengelola masih akan terus melengkapi ragam fasilitas di dalamnya agar pengunjung semakin betah dan nyaman.

Lokasi Dusun Semilir Eco Park yang berada di Kecamatan Bawen rupanya juga berdekatan dengan destinasi wisata lainnya yang tidak kalah menarik.  Salah satunya adalah Eling Bening yang berada di Jalan Sarjono, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang.  Tempat ini menyajikan keindahan alam yang begitu menyejukkan sehingga sangat cocok untuk refreshing.

Lokasi

Dusun Semilir Eco Park berada di Jalan Soekarno Hatta No. 49, Ngemple, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.  Lokasi wisatanya cukup strategis karena berdekatan dengan gerbang tol Bawen dan berada di pinggir jalan utama Solo-Semarang.  Jarak lokasi wisata dari pusat Kota Semarang sekitar 37,1 km dan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 42 menit.  Untuk mengetahui rute selengkapnya kamu bisa memanfaatkan aplikasi Google Maps.