Jogja Exotarium, Destinasi Wisata Edukasi di Mlati Sleman

Liburan Asik dengan keluarga dan anak terciinta di Wisata Jogja Exotarium
Photo by @rhiriekey

Nyero.ID – Yogyakarta dikenal sebagai kota budaya dengan nuansa tradisi Jawa yang begitu kental. Destinasi wisata budaya di Jogja pun cukup lengkap, mulai dari Keraton, Taman Sari, Malioboro hingga Kotagede yang terkenal dengan kerajinan peraknya.

Bukan hanya destinasi wisata budaya saja, destinasi wisata lainnya di Jogja cukup beragam mulai dari wisata alam, sejarah, hiburan, dan edukasi. Salah satu yang terbaru adalah Jogja Exotarium yang berada di kawasan Mlati, Sleman.

Mini Zoo Jogja Exotarium merupakan destinasi wisata edukasi yang dikemas dalam bentuk taman wisata. Taman wisata edukasi ini diresmikan pada tanggal 23 Desember 2017 dan langsung disambut antusiasme masyarakat untuk mengunjunginya.

Dibangun di lahan seluas 9 hektare, Mini Zoo Jogja Exotarium Education Center sangat cocok dijadikan tujuan wisata keluarga yang mengedukasi. Tempat ini bukan hanya dibuka sebagai taman wisata saja tetapi juga ditujukan untuk mengembangbiakkan satwa sehingga bisa tetap lestari dan tidak punah.

Wisata Anak di Jogja Exotarium
Photo by @jogjaexotarium

Hal ini sangat sesuai dengan visi dan misi dari Mini Zoo Jogja Exotarium yang ingin mempertahankan kelestarian lingkungan, keramahan, dan juga kearifan lokal dengan berbasis edukasi satwa dan alam.

Tempat wisata ini juga diharapkan bisa menjadi pusat kegiatan pendidikan dan training dengan mengedepankan kualitas dalam pelayanan. Serta memberikan pengalaman perjalanan wisata yang menyenangkan dalam bentuk edukasi satwa dengan tetap mengedepankan keamanan dan kenyamanan pengunjung.

Untuk memberikan kenyamanan lebih, Mini Zoo Jogja Exotarium juga dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas yang cukup lengkap di dalamnya.

Beberapa fasilitas tersebut antara lain adalah kolam renang untuk anak, kolam tangkap ikan, outbound training, spot edukasi perikanan, spot edukasi pertanian, tubing anak, hingga cafe, resto dan spot foto selfie.

Lokasinya yang mudah diakses dan berada tidak begitu jauh dari pusat kota menjadikan tempat ini sangat menarik untuk tujuan wisata di akhir pekan.

Dengan suasana alam yang asri dan teduh, pengunjung akan diajak untuk menikmati liburan dengan cara yang lebih menyenangkan.

Untuk memantapkan rencana liburanmu ke Jogja Exotarium akhir pekan ini, berikut adalah informasi tentang harga tiket masuk, jam buka, fasilitas, daya tarik, dan lokasi yang perlu diketahui.

Harga Tiket Masuk

Untuk menikmati wisata edukasi dan permainan di Jogja Exotarium, harga tiket masuk yang harus dibayarkan sebesar Rp 15.000 untuk hari biasa dan Rp 20.000 untuk akhir pekan dan hari libur nasional. Harga tiket tersebut berlaku untuk anak usia minimal 3 tahun dan sudah termasuk tiket masuk ke Taman Bunga Parijoto Puspawarni.

*harga tiket masuk bisa berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan pihak pengelola

Jam Buka

Mini Zoo Jogja Exotarium buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB – 17.00 WIB sehingga pengunjung memiliki cukup waktu untuk menikmati suasana dan menjelajahi beberapa spot yang tersedia.

Pastikan untuk datang sesuai jam buka dan jadwal yang diinginkan agar bisa mengunjungi destinasi wisata lainnya yang terdekat.

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia di taman wisata Jogja Exotarium sudah cukup memadai sehingga pengunjung akan merasa semakin nyaman dan betah.

Beberapa fasilitas tersebut antara lain adalah gazebo selfie yang bisa digunakan sebagai tempat berkumpul dan berfoto selfie, wahana oubound untuk anak, kolam renang, kolam tangkap, tubing, terapi ikan, gerobak sapi, cafe, resto, dll.

Daya Tarik

Jogja Exotarium merupakan destinasi wisata edukasi di kawasan Mlati Sleman yang sangat menarik untuk dijadikan tujuan wisata bersama keluarga.

Taman wisata ini dilengkapi dengan berbagai macam wahana yang cocok untuk semua kalangan, baik anak-anak, remaja maupun dewasa dengan suasana alam yang asri dan menyejukkan.

Salah satu wahana utama yang bisa dinikmati adalah mini zoo dengan berbagai macam koleksi satwa di dalamnya.

Beberapa satwa tersebut antara lain adalah reptil, hewan nokturnal seperti musang dan sugar glider, kura-kura darat, kelinci, kuda, ikan, kambing merino, hinggga taman burung dan taman kalkun. Taman wisata ini mengajak para pengunjung untuk menikmati liburan dengan wisata edukasi yang bermanfaat.

Diantaranya adalah edukasi satwa, edukasi budidaya peternakan seperti sapi dan kambing PE, edukasi budidaya perikanan seperti ikan produksi dan ikan hias, serta edukasi budidaya sayuran organik seperti tomat, cabai, sawi, terong, dan bayam.

Taman wisata ini juga dilengkapi dengan fasilitas outbound untuk anak yang didesain khusus bagi anak dibawah usia 13 tahun. Beberapa wahana bisa dicoba dengan aman karena anak-anak akan didampingi oleh petugas yang sudah berpengalaman.  Dengan kegiatan outbound ini anak-anak dilatih untuk lebih percaya diri.

Fasilitas lainnya yang tidak kalah menarik adalah kolam renang untuk anak yang dilengkapi dengan perosotan mini sehingga anak-anak bisa melakukan kegiatan renang dengan lebih seru dan menyenangkan.

Selain kolam renang, di Jogja Exotarium juga terdapat wahana kolam tangkap ikan yang dikhususkan bagi anak-anak usia balita hingga 13 tahun. Kolam ini memiliki kedalaman 30 cm sehingga sangat aman untuk aktivitas tangkap ikan.

Serunya lagi, hasil tangkapan ikan bisa dibawa pulang oleh anak-anak untuk dipelihara di rumah. Aktivitas lainnya yang bisa dilakukan di taman wisata ini adalah tubing yang akan menguji keberanian anak-anak dengan sensasi yang cukup menegangkan.

Dalam permainan ini anak-anak akan diajak menyusuri sungai dengan pelampung berupa ban.  Di setiap jeram terdapat instruktur yang berjaga sehingga aktivitas tubing tetap aman.

Liburan Keluarga di Jogja Exotarium
Photo by @jogjaexotarium

Daya tarik lainnya yang tidak boleh dilewatkan ketika berwisata ke Jogja Exotarium adalah aktivitas terapi ikan yang seru serta berkeliling taman menggunakan gerobak sapi. Selain menikmati suasana dan melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan, momen liburan tidak akan lengkap tanpa berfoto selfie dengan latar spot-spot kece. Salah satu spot yang bisa dieksplore adalah Taman Bunga Parijoto Puspawarni.

Taman bunga ini berada di tengah embung dengan kedalaman sekitar 3 meter sehingga pengunjung harus tetap hati-hati. Dengan luas lahan sekitar750 meter persegi, taman bunga ini dilengkapi dengan berbagai macam tanaman bunga. Diantaranya adalah bunga kertas, bunga mawar, bunga matahari, hingga bunga mata kucing.

Lokasi taman wisata yang berada di wilayah Mlati Sleman rupanya juga berdekatan dengan destinasi wisata lainnya yang tidak kalah menarik. Salah satunya adalah Sindu Kusuma Edupark yang berada di Jalan Jambon, Sinduadi, Mlati, Sleman.

Tempat wisata ini dilengkapi dengan berbagai macam wahana permainan seru yang cukup memicu adrenalin, diantaranya adalah bianglala raksasa, zipline, dan segway. Taman rekreasi ini menawarkan sensasi liburan yang seru dengan berbagai macam wahana dan fasilitas yang lengkap di dalamnya. Jika waktunya memungkinkan, kamu bisa sekalian mengunjungi Sindu Kusuma Edupark saat berlibur ke Jogja Exotarium.

Lokasi

Taman wisata Jogja Exotarium berada di Jalan Magelang Km. 8, Desa Sendangdadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, DIY. Jarak dari pusat Kota Jogja hanya sekitar 8,7 km  dan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 24 menit. Untuk mengetahui rute selengkapnya kamu bisa menggunakan aplikasi Google Maps.