Wisata Lemah Rubuh Bantul

Wisata Hits Baru Lemah Rubuh Jogja
Photo by @rini_astuti_

Nyero.ID – Berbicara tentang wisata di Bantul, tentu sangat identik dengan wisata Pantai Parangtritisnya yang begitu melegenda, lengkap dengan berbagai macam mitos di dalamnya.  Berada di ujung selatan Provinsi DIY, Bantul memang terkenal dengan beberapa wisata pantainya yang menawan.

Selain pantai, Bantul juga terkenal dengan gumuk pasirnya yang unik.  Spot wisata ini bahkan sering digunakan sebagai arena untuk kegiatan sandboarding yang cukup menantang.  Masih di kawasan pantai selatan, wisatawan juga bisa menyambangi pemandian air panas Parang Wedang yang konon memiliki khasiat untuk kesehatan.

Selain itu yang tidak kalah populer sebagai tujuan wisata di Bantul adalah Goa Selarong, Goa Cerme, hingga Makam Raja-Raja Imogiri yang menyimpan cerita sejarah dan budaya di dalamnya.

Deretan tempat wisata tersebut memang sangat populer di kalangan wisatawan dan sudah terkenal sajak jaman dulu.  Dengan perkembangan dunia pariwisata saat ini, rupanya Bantul juga memiliki ragam destinasi wisata baru yang tak kalah menawan dan cukup hits di kalangan wisatawan.

Diantaranya adalah wisata Curug Pulosari di wilayah Pajangan, Air Terjun Randusari di kawasan Dlingo, Curug Banyunibo, dan Air Terjun Kedung Pengilon yang begitu eksotis.  Selain wisata air terjun, Bantul juga menawarkan sensasi liburan asik dengan destinasi wisata perbukitan yang sangat hits dan difavoritkan oleh wisatawan.

Wisata alam dengan nuansa perbukitan yang begitu eksotis bak negeri di awan bisa ditemukan di beberapa tempat di Bantul.  Diantaranya adalah Puncak Becici, Kebun Buah Mangunan, Gardu Pandang Bukit Mojo, Pinus Pengger, Bukit Bego, Tebing Watu Mabur, Bukit Parang Endog, Jurang Tembelan, Watu Goyang, Watu Ngadek, Gardu Pandang Pinus Asri, Watu Amben hingga Bukit Lintang Sewu.

Trend wisata dengan panorama perbukitan memang sedang booming dalam dunia pariwisata, sehingga banyak menarik perhatian wisatawan.  Wisata alam yang disajikan pun dikombinasikan dengan spot-spot foto kekinian yang membuat para pecinta selfie berbondong-bondong mengunjunginya.

Selain wisata perbukitan seperti yang telah disebutkan di atas, Bantul juga memiliki destinasi wisata alam kekinian dengan spot foto yang instagrammable sebagai daya tariknya.  Sebut saja Rumah Hobbit Mangunan, Seribu Batu Songgo Langit, hingga Hutan Pinus Mangunan.

Masih dengan destinasi wisata kekinian ala kaum milenial, salah satu yang baru terekspose dan langsung hits di kalangan wisatwan adalah Wisata Lemah Rubuh yang berada di Selopamioro, Imogiri, Bantul.

Desa Selopamioro sendiri merupakan salah satu wilayah di Kabupaten Bantul yang dikenal sebagai desa budaya yang terus mengembangkan potensi wisatanya dengan berbagai daya tarik di dalamnya.  Desa ini dikelilingi oleh perbukitan dengan landscape yang begitu menawan, sehingga sangat potensial untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata unggulan.

Lokasi Lemah Rubuh yang berada di wilayah Desa Selopamioro pun memiliki daya tarik tersendiri.  Tempat wisata ini menyajikan pemandangan alam yang sangat menawan, dengan latar tebing cantik dan liukan Sungai Oya yang begitu menggoda.

Salah satu keunikan dari tempat wisata ini adalah keberadaan gardu pandang berbentuk sangkar burung dalam ukuran ekstra besar.  Gardu pandang ini menjadi salah satu spot favorit untuk berfoto karena bentuknya cukup unik dengan view alam sekitarnya yang memanjakan mata.  Di tempat ini pengunjung bisa menikmati panorama alam yang asri dan sejuk untuk sekedar melepas penat.

Sebelum merencanakan liburan seru ke Lemah Rubuh Bantul, berikut ini adalah info penting seputar harga tiket masuk, jam operasional, fasilitas, daya tarik, dan lokasi wisata yang perlu diketahui.

Harga Tiket Masuk

Untuk harga tiket masuk per April 2019 masih gratis.  Namun jika tempat wisata ini semakin ramai pengunjung, mungkin pihak pengelola akan mengenakan tarif masuk sesuai ketentuan yang berlaku.

Jam Operasional

Tempat wisata alam kekinian ini buka setiap hari mulai pagi sampai sore hari sehingga kamu bisa menyesuaikan agenda liburanmu ke tempat ini agar momen liburan di Lemah Rubuh semakin menyenangkan.

Fasilitas

Meskipun terbilang baru, namun tempat wisata murah meriah ini sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas standar, seperti toilet, pendopo, dan warung makan.  Jadi liburanmu ke tempat ini akan tetap nyaman dan menyenangkan.

Daya Tarik

Seperti destinasi wisata alam lainnya, Lemah Rubuh Bantul menyajikan panorama alam yang begitu memanjakan mata.  Di sekitarnya terdapat tebing perbukitan yang menghijau dengan lingkungan yang masih asri dan sejuk.  Pesona Lemah Rubuh semakin menawan saat dipadukan dengan aliran Sungai Oya bernuansa hijau tosca yang begitu memikat.

Selain menyajikan keindahan alam, wisata Lemah Rubuh Bantul juga memiliki keunikan tersendiri dengan adanya gardu pandang berbentuk sangkar burung.  Sangkar burung berukuran besar ini didesain sedemikan rupa sehingga memberikan sentuhan yang sedikit berbeda, membuat tempat wisata ini terlihat semakin menarik.

Gardu pandang ini menjadi salah satu spot favorit yang banyak digunakan untuk berfoto selfie.  Kombinasi antara bentuk yang unik dan warna yang menarik pada spot ini semakin kece ketika berpadu dengan latar panorama sungai dan tebing yang begitu eksotis.

Tempat wisata yang memadukan pesona alam dan konsep yang lebih kekinian ini juga dilengkapi dengan fasilitas pendukung seperti toilet, pendopo, dan warung makan.  Meskipun fasilitas yang tersedia masih terbilang standar, namun pihak pengelola masih terus berupaya untuk mengembangkan wisata ini dan melengkapinya dengan fasilitas lain untuk kenyamanan pengunjung.

Lokasi wisata Lemah Rubuh Bantul yang tidak begitu jauh dari pusat Kota Jogja juga menjadi pertimbangan tersendiri bagi wisatawan untuk mengunjungi tempat wisata ini.  Demikian juga dengan akses jalan yang cukup mudah, membuat wisatawan semakin tertarik untuk menjelajahi keindahan wisata Lemah Rubuh.

Selain tidak jauh dari pusat Kota Jogja, rupanya Lemah Rubuh juga berdekatan dengan destinasi wisata lainnya di wilayah Selopamioro, yaitu Selopamioro Adventure Park (Spark), tepatnya di Dusun Jetis.  Tempat wisata ini menawarkan sensasi liburan seru dengan berbagai wahana permainan yang cukup menantang di dalamnya.

Untuk sensasi liburan yang tak terlupakan, kamu bisa melakukan aktivitas rafting bersama teman-temanmu.  Selain itu, yang tidak kalah menarik adalah wisata mendaki tebing menggunakan besi yang ditanam atau dikenal dengan istilah Via Ferrata.

Di atas tebing kamu akan disuguhi dengan panorama alam di ketinggian yang begitu istimewa. Suasana alam yang masih asri dengan panorama tebing nan eksotis ini memang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.   Tempat ini juga dilengkapi dengan gardu pandang hingga kafe dan pujasera yang menyajikan manu makanan tradisional.  Dijamin momen liburanmu akan semakin menyenangkan.

Jika waktunya memungkinkan, kamu bisa sekalian mencoba kegiatan seru di Selopamioro Adventure Park sehingga agenda liburanmu di Bantul semakin lengkap dan tak terlupakan.

Lokasi

Lokasi wisata Lemah Rubuh berada di Dusun Lemah Rubuh, Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, DIY.  Jarak tempat wisata ini hanya sekitar 21,6 km dari pusat Kota Jogja dan bisa ditempuh dalam waktu sekitar 44 menit.  Rutenya bisa melalui Jalan Imogiri Barat menuju ke arah Siluk dan Panggang.  Untuk mengetahui rute selengkapnya kamu bisa menggunakan aplikasi Google Maps.