25 Tempat Wisata Lombok Paling Rekomended & Hits Dikunjungi

Wisata Lombok Paling Rekomended

Nyero.ID – Lombok memang sangat identik dengan wisata pantai yang mempesona. Tentu saja wisata alam Gunung Rinjani begitu populer di kalangan para tarveller, terutama mereka yang gemar dengan petualangan.

Lombok juga identik dengan keberadaan Suku Sasak yang terkenal dengan budaya menenun. Tradisi ini bahkan masih dilestarikan hingga saat ini dan menjadi salah satu destinasi wisata budaya yang sangat menarik untuk dijelajahi.

Tidak heran jika banyak wisatawan domestik maupun mancanegara yang menjadikan Lombok sebagai destinasi wisata favorit saat liburan.

Selain pantai dan gunung, potensi wisata di Lombok juga cukup beragam. Berikut ini adalah 25 daftar rekomendasi wisata Lombok yang wajib dijelajahi.

Bukit Pergasingan

Wisata Bukit Pergasingan Lombok
Photo by @broodis

Dengan ketinggian sekitar 1.700 mdpl, Bukit Pergasingan bisa menjadi lokasi untuk melakukan pemanasan sebelum mendaki Gunung Rinjani.

Lokasi ini juga bisa jadi jalur alternatif untuk mendaki ke puncak Rinjani.

Bukit ini masuk dalam wilayah Desa Sembalun di Lombok Timur dan bisa ditempuh dalam waktu sekitar 2-3 jam dari kota Mataram.

Meskipun jalur pendakian di bukit ini tidak terlalu ekstrim seperti pada pendakian ke Gunung Rinjani, namun tetap saja wisatawan harus berhati-hati, terutama ketika melewati jalur tanah berbatu dengan kemiringan sekitar 60-70 derajat.

Sebuah tantangan tersendiri bagi siapapun yang ingin menguji nyali.

Salah satu view yang sangat unik adalah panorama sawah yang terlihat membentuk pola kotak-kotak.

Selain itu juga terlihat pemandangan Gunung Rinjani yang kokoh berdiri, termasuk juga landscape perbukitan dan pemukiman penduduk di Desa Sembalun yang terlihat damai.

Selain di tempat ini, kamu juga bisa berkunjung ke beberapa bukiti disekitarnya, seperti: Bukit Nanggi, Bukit Selong Sembalun Lawang, Bukit Anak Dara, Bukit Batu Hidung, Bukit Mereseq, dan Bukit Hatory.

Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Tunak

Taman Wisata Alam TWA Gunung Tunak
Photo by @widyayamin

Untuk mencapai puncak bukit, kaki bisa mendaki bukit dengan berjalan kaki.

Walaupun jalan yang dilalui cukup terjal dan berbatu, namun semua kelelahan akan segera terbayar dengan pemandangan alamnya yang sangat mempesona.

Perbukitan yang menghijau dengan hawa sejuk yang menyegarkan semakin menggoda ketika pandangan mata lepas memandang lautan tanpa batas dan tebing-tebing karang yang kokoh berdiri.

Tempat wisata ini memang memadukan tiga panorama sekaligus, yaitu hutan, perbukitan dan juga pantai.

Untuk menikmati pemandangan indah yang menenangkan, cobalah untuk menyaksikannya dari atas gardu pandang yang designnya menyerupai tower listrik, sangat unik.

Perlu nyali tinggi untuk memanjat gardu pandang ala tower listrik ini karena hembusan angin yang cukup kencang jadi sebuah tantangan yang harus harus dihadapi.

Lokasi: Desa Merta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah.

Gua Bangkang

Wisata Alam Gua Bangkang Lombok
Photo by @ezytravel

Gua Bangkang (Gua Gale-Gale) ini merupakan habitat dari ribuan ekor kelelawar yang telah ada sejak ratusan tahun lali.

Dinding gua yang lumayan tinggi dan pemandangan epik bisa jadi alasan utama kamu melanjutkan trip kesini.

Waktu terbaik untuk menjelajahi gua eksotis ini adalah ketika sore hari atau menjelang sunset, dimana kawanan kelelawar akan mengepakkan sayapnya secara massal dan meninggalkan gua.  Jangan lupa bawa topi ya!

Lokasi: Dusun Bangkang, Desa Kuta, Kec. Pujut, Kab. Lombok Tengah.

Sumber Aik Kalak

Wisata alam Sumber Aik Kalak Lombok
Photo by @agoesvigliosi

Aik Kalak bisa diartikan sebagai air panas. Sumber air panas ini menjadi salah satu tempat yang sangat penting bagi Suku Sasak.

Konon menurut warga sekitar, berendam di Aik Kalak bisa bermanfaat untuk mengatasi berbagai macam penyakit, terutama penyakit kulit dan persendian.

Selain itu, bisa juga untuk menajamkan panca indera, menenangkan jiwa dan membuat awet muda.

Bukan hanya berkhasiat untuk kesehatan, Aik Kalak juga banyak dikunjungi untuk keperluan tertentu.

Salah satunya adalah untuk menguji kesaktian pusaka dengan cara dicelupkan pada airnya. Aik Kalak memang menyimpan potensi alam yang mempesona dan juga sarat akan unsur mistis.

Jadi saat kamu di Lombok, jangan lupa mampir dimari dan rasakan aura mistik di area sekitar.

Desa Bayan Sasak

Wisata Desa Bayan Sasak Lombok
Photo by Pinterest.com

Wisata Lombok yang kental akan unsur budaya ini bisa menjadi pilihan tepat bagi kamu yang ingin mengetahui Suku Sasak secara mendalam, yaitu suku asli Lombok.

Masyarakat di desa ini masih memegang teguh berbagai tradisi warisan leluhur meski begitu mereka pun tidak menutup diri dari budaya modern.

Salah satu budaya yang masih dipertahankan hingga saat ini adalah kebiasaan nyirih.

Lokasi: Desa Bayan, Kabupaten Lombok Utara.

Selain Desa Bayan Sasak, ada beberapa desa adat lain yang bisa kamu kunjungi ketika berlibur ke Lombok, yaitu Desa Adat Blek yang terletak di Lembah Sembalun, Desa Sade di Kecamatan Pujut, Lombok Tengah, Desa Segenter di Kecamatan Bayan, Lombok Utara, Desa Ende, dan Desa Beleq di Gumantar, Kayangan, Lombok Utara.

Taman Narmada

Wisata Taman Narmada Lombok
Photo by @egiantino

Taman Narmada adalah sebuah taman yang dibangun sejak tahun 1727 oleh Raja Mataram Lombok, Anak Agung Ngurah Karang Asem, dengan luas sekitar 2 hektare.

Design taman ini dibuat menyerupai Gunung Rinjani dengan bangunan pura di bagian atas yang disebut Kalasa.

Salah satu spot menarik yang banyak digemari wisatawan adalah mata air yang berasal dari Gunung Rinjani, konon mata air ini bisa membuat seseorang awet muda dan terlihat lebih bercahaya.

Lokasi: Desa Lembuak, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat.

Masjid Klenteng Lombok

Wisata Masjid Klenteng Lombok
Photo by @ifaasyihab

Lombok dikenal dengan julukan pulau seribu masjid, karena di wilayah ini banyak terdapat bangunan masjid.

Salah satu bangunan masjid unik terdapat di Dusun Jurang Malang di kawasan Desa Sasaot.

Mushola yang sering disebut dengan Masjid Cina atau Masjid Klenteng ini memiliki bentuk bangunan unik seperti wihara atau klenteng.

Mesjid ini juga sering disebut dengan Masjid Merah karena bangunan lebih didominasi dengan warna merah.

Di sekitar masjid juga dibangun taman yang asri sehingga membuat suasana semakin sejuk dan menenangkan.

Masjid ini dibangun oleh Ang Tian Kok dan istri, seorang keturunan Tionghoa yang menjadi mualaf dan kemudian berganti nama menjadi H. Ahmad Maliki.

Aik Nyet

Wisata alam Aik Nyet Lombok
Photo by @azhari_ahsan

Aik Nyet masih berada di kawasan hutan Seseot dengan pesona alam yang masih sangat asri dan sejuk.

Kolam pemandian Aik Nyet memiliki enam pancuran yang disebut dengan “pancor enam”.

Konon sumber mata air ini tidak pernah mengering dan selalu mengalir sepanjang tahun.

Suasana di sekitar kolam pemandian ini sangat menyejukkan mata dengan pepohonannya yang menghijau.

Kamu bisa berjalan di jalan setapak dengan pemandangan di sekitarnya yang bikin adem dan betah.

Baca: 20 Destinasi Wisata Solo yang paling Terkenal, Biar Tripmu Gak ke Klewer Mulu!

Pura Meru

Wisata Pura Meru Lombok
Photo by @laurie.b27

Pura Meru merupakan pura terbesar di Lombok yang telah dibangun sejak sekitar tahun 1720 oleh Anak Agung Made Karangasem bersama 33 desa yang turut membantu.

Pura ini dibangun dengan tujuan untuk menyatukan beberapa tempat yang sering digunakan sebagat tempat untuk menghakimi pelaku kejahatan.

Bangunan pura terlihat unik karena memiliki atap yang bertingkat.  Selain digunakan sebagai tempat ibadah umat Hindu, Pura Meru juga menjadi destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Simbol 33 desa ditampilkan dalam bentuk Sanggah putih yang berjumlah 33. Sedangkan bagian lainnya yang tak kalah menarik adalah meru bertingkat yang menjulang tinggi.

Salah satu meru memiliki 11 tingkat sementara dua lainnya memiliki 9 tingkat. Meru di pura ini melambangkan dewa-dewa yang ada dalam keyakinan agama Hindu.

Sebagai tempat ibadah, Pura Meru tentu menetapkan peraturan bagi pengunjung yang harus dipatuhi.

Diantaranya adalah larangan masuk pura bagi wanita yang sedang datang bulan, harus berpakaian sopan dan mengenakan selendang yang diikatkan di pinggang.

Untuk selendang biasanya akan dipinjamkan oleh petugas atau penjaga.

Tidak jauh dari lokasi Pura Meru, kamu juga bisa menjelajahi keindahan Pura Taman Mayura yang dilengkapi dengan taman air nan eksotis.

Cukup menyeberang jalan saja wisatawan sudah bisa sampai di Pura Taman Mayura yang dibangun pada tahun 1744.

Lokasi: Jl. Selaparang, Cakranegara, Kecamatan Mataram, Kota Mataram.

Pura Batu Bolong

Keindahan Wisata Pura Batu Bolong Lombok
Photo by @alitmahardi

Pura Batu Bolong berjarak kurang lebih 12 km dari Kota Mataram, NTB berdekatan dengan Pantai Senggigi.

Pura ini telah berdiri sejak tahun 1533, dan dibangun oleh seorang resi dari Jawa Timur yang bernama Dang Hyang Dwijendra yang menyebarkan agama Hindu ke Pulau Bali dan Lombok.

Nama Batu Bolong sendiri merujuk pada lokasi pendirian pura yang berada di batu besar berupa perbukitan yang terdapat lubang pada bagian bawahnya.

Pura yang berhadapan langsung dengan Selat Lombok dan Gunung Agung ini mampu menghadirkan nuansa spiritual yang mendalam bagi umat Hindu yang sedang melakukan ibadah di pura ini.

Menikmati keindahan pura yang dipadukan dengan sunset dan view pantai di sore hari bisa menjadi momen yang tak terlupakan.

Ragam fasilitas yang tersedia di sekitar lokasi pura juga memberikan kenyamanan tersendiri bagi kamu yang ingin tinggal lebih lama.

Mulai dari penginapan atau hotel, resort, restoran, dan kios souvenir semuanya ada untuk sensasi liburan yang semakin menyenangkan.

Lokasi: Batu Bolong, Kecamatan Batulayar, Lombok Barat.

Pura Lingsar

Wisata Pura Lingsar Lombok
Photo by @fastatour

Ada tiga bangunan utama pada Pura Lingsar, yaitu Gaduh, Kemaliq dan Pesiraman. Pura ini menjadi simbol kerukunan umat beragama di Lombok.

Jika Gaduh menjadi tempat suci bagi umat Hindu maka Kemaliq menjadi tempat suci bagi umat Islam Wetu Telu namun juga bisa digunakan untuk tempat ibadah umat Hindu.

Pada area Kemaliq terdapat sebuah kolam kecil yang dihuni oleh ikan tuna yang konon merupakan jelmaan dari tongkat Raja Lombok yang bernama Datu Milir.

Menurut kepercayaan, siapapun yang melihat kemunculan ikan tersebut akan mendapatkan keberuntungan.

Selain itu ada juga sumber mata air berupa pancuran yang ada di area Kemaliq dan juga di Pesiraman.

Konon air dari pancuran tersebut berkhasiat untuk mengatasi berbagai keluhan penyakit.

Lokasi: Jl. Gora No. 2, Lembah Lingsar, Desa Lingsar, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat.

Bukit Merese

Spot Foto Cantik Bukit Merese Lombok
Photo by @wiecantiq

Pemandangan di bukit ini sangat mempesona dengan view pantai cantik yang jernih kebiruan.

Sementara di sekelilingnya merupakan perbukitan dengan dominasi rerumputan hijau bak permadani.

Beberapa spot cantik bisa digunakan untuk berfoto sehingga perjalanan yang menanjak menuju ke puncak bukit tidak akan sia-sia.

Lokasi: Jl. Kuta Lombok, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, NTB.

Bukit Malimbu

Pemandangan Cantik Bukit Malimbu Lombok
Photo by @syukrimahardhika

Destinasi Bukit Malimbu bisa menjadi pilihan tepat bagi wisatawan yang ingin berburu sunset dengan spot menawan.

Selain berburu sunset eksotis, Bukit Malimbu juga banyak dijelajahi untuk kegiatan bersepeda yang menantang.

Sambil menunggu datangnya sunset, kamu bisa menikmati suasana alam yang masih asri  dengan mencicipi beberapa menu makanan yang banyak dijual oleh penduduk sekitar.

Ada jagung bakar, bakso, makanan kecil, rujak dan yang pasti kelapa muda yang menyegarkan tenggorokan.

Tak ketinggalan juga, berbagai pernak pernik souvenir bisa kamu beli sebagai buah tangan untuk keluarga. Ada t-shirt, perhiasan mutiara dan cenderamata lainnya.

Lokasi: Bukit Malimbu, Kecamatan Senggigi, Kabupaten Lombok Barat atau sekitar 24 km dari pusat Kota Mataram.

Bukit Nipah

Obyek Wisata Bukit Nipah Lombok
Photo by Colouringindonesia.com

Bukit ini menawarkan sensasi sunset yang menakjubkan dengan siluet Gunung Agung yang epic dan view pantainya yang menawan.

Menjelajahi Bukit Nipah akan memberikan kepuasan tersendiri bagi para pemburu sunset di Pulau Lombok.

Lokasi: Bukit Nipah terletak di Malaka, Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, NTB.

Danau Segara Anak

Wisata Danau Segara Anak Rinjani Lombok
Photo by @danielyosep

Danau Segara Anak merupakan salah satu destinasi wisata yang identik dengan Pulau Lombok.

Spot cantik ini juga menjadi tempat yang wajib disinggahi oleh para pendaki yang ingin menaklukan Gunung Rinjani.

Dengan ketinggian mencapai kurang lebih 2.010 Mdpl, tentu butuh tenaga ekstra untuk bisa mencapai ke lokasi Danau Segara Anak.

Tapi perjalanan yang melelahkan sekitar 7-8 jam akan terbayar lunas begitu tiba di tempat yang penuh pesona ini.

Segara Anak bukan hanya menyajikan pesona alamnya yang cantik tetapi juga memiliki peran penting bagi warga lokal, terutama Suku Sasak dan juga umat Hindu.

Beberapa ritual dan upacara adat kerap kali diselenggarakan di Danau Segara Anak ini sebagai salah satu bentuk kearifan lokal yang masih dijunjung tinggi.

Selain mengeksplore keindahan Danau Segara Anak, wisatawan juga bisa menjelalahi beberapa goa yang berada tak jauh dari danau, seperti Goa Susu, Goa Payung dan Goa Manik.

Wisata Alam Hutan Lemor

Wisata Alam Hutan Lemor Lombok
Photo by Lombokatraktif.blogspot.co.id

Hutan Lemor terletak sangat strategis karena berada jalur menuju Taman Nasional Gunung Rinjani.

Hutan lindung dengan luas mencapai kurang lebih 90 hektare ini memiliki keankearagaman flora dan fauna yang banyak dimanfaatkan untuk keperluan penelitian.

Koleksi tumbuhan dan bunga di Hutan Lemor cukup beragam, termasuk berbagai jenis anggrek dengan aneka warna yang cantik menawan.

Sementara kawanan kera menjadi pemandangan lumrah yang bisa ditemui di kawasan Hutan Wisata Lamor.

Selain menyajikan pemandangan alam yang masih sangat asri dan sejuk, di kawasan hutan ini juga terdapat pemandian alami dengan air dinginnya yang menyegarkan.

Untuk sampai di kolam pemandian, kamu bisa menuruni anak tangga sembari menikmati sejuknya udara di alam pegunungan.

Lokasi: Dusun Cempaka, Desa Suela, Kecamatan Suela, kabupaten Lombok Timur.

Baca: 30+ Tempat Wisata Yogyakarta Terbaru dan Paling Hits, ada “Tangga Menuju Surga” lho!

Hutan Adat Mandala

Wisata Hutan Adat Mandala Lombok
Photo by Lombokgaleri.com

Hutan Adat Mandala merupakan kawasan hutan yang dilindungi secara adat.

Masyarakat Bayan meyakini bahwa Hutan Mandala sebagai tempat sakral.

Selain itu, keberadaan sumber mata air yang ada di kawasan hutan ini juga diyakini berhubungan langsung dengan Danau Segara Anak.

Hutan ini merupakan kekayaan alami yang senantiasa dijaga oleh warga masyarakat.

Untuk memasuki kawasan hutan pun kamu tidak boleh sembarangan.

Ada beberapa peraturan yang harus dipatuhi dan jika dilanggar maka akan dikenakan denda.

Aturan yang dibuat semata-mata bertujuan untuk menjaga kelestarian alam dan hutan sebagai anugerah dari Sang Pencipta yang memberikan manfaat bagi warga Bayan.

Selain menjelajahi hutan dan menikmati kesejukan udaranya, kamu juga bisa menikmati dinginnya air di kolam pemandian yang menampung sumber mata air Mandala.

Menjelajahi Desa Bayan dan melihat aktivitas warganya yang sedang menenun juga memberikan pengalaman tersendiri yang tak terlupakan.

Puas jalan-jalan, mencicipi hidangan kuliner khas Desa Bayan juga patut dicoba.

Lokasi: Desa Bayan, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara.

Wisata Gili Lombok

Wisata gili di Lombok ada beraneka macam, semuanya bisa kamu jelajahi bilamana ingin membedakan satu dengan lainnya. Tentu jika kamu memiliki waktu yang cukup. Di antaranya:

-Gili Trawangan

Wisata Gili Trawangan Lombok
Photo by Sarumpun.com

Pulau kecil di arah barat daya Pulau Lombok.

Selain menikmati keindahan pantai, kamu juga bisa mengeksplore potensi wisata alam yang ditawarkan di tawarkan di sana.

Mulai dari mengunjungi konservasi penyu di dekat Pelabuhan Gili Trawangan, menjelajahi keindahan bawah laut dengan diving dan snorkeling, berburu sunset, memancing, bersepeda dan kegiatan menyenangkan lainnya.

-Gili Air

Wisata Gili Air Lombok
Photo by @gabrielegandola

Sama halnya denga gili trawangan, gili Air juga menawarkan pemandangan cantik yang tidak kalah menariknya.

Fasilitas yang tersedia di Gili Air cukup lengkap sehingga kamu bisa menikmati liburan dengan nyaman.

Kamu juga bisa menginap di penginapan atau hotel yang ada di Gili Air.  Tentu restoran dan kafe juga bisa kamu temui di lokasi wisata nan eksotis ini.

-Gili Meno

Wisata Gili Meno Lombok
Photo by @ataste_ofwanderlust

Gili Meno berada di tengah-tengah antara Gili Trawangan dan Gili Air dengan pesona alamnya yang menakjubkan.

Pulau yang dikelilingi pantai berpasir putih ini menawarakan sensasi liburan yang tak terlupakan.

Mengunjungi gili ini wisatawan bisa mencoba naik cidomo, yaitu alat transportasi tradisional berupa gerobak yang ditarik oleh kuda.

Selain ketiga Gili di atas yang sudah sangat kesohor di kalangan wisatawan, ada banyak gili lainnya di Lombok yang bisa dieksplore keindahannya.

Seperti Gili Nanggu, Gili Kedis, Gili Layar, Gili Sudak, Gili Asahan, Gili Kondo, dan Gili Sulat.

Masing-masing gili tentu memiliki daya tarik dan keindahan tersendiri sehingga kamu bisa menikmati waktu liburanmu dengan menjelajahi beberapa gili di Lombok yang eksotis dan mempesona.

Batu Mekar Lingsar

Wisata Batu Mekar Lingsar Lombok
Photo by @lombokleisure

Wisata Desa Batu Mekar Lingsar bisa menjadi spot unik dan menantang bagi wisatawan yang ingin menguji adrenalin dengan bermain arung jeram.

Kamu bisa melakukan kegiatan arung jeram dan menyusuri sungai dengan pemandangan alam di sekitarnya yang menakjubkan.

Tebing bebatuan, area persawahan menjadi suguhan menarik yang sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Lokasi: Desa Batu Mekar, Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat.

Desa Tete Batu

Wisata Desa Tete Batu Lombok
Photo by @rizkisetyawati9

Desa Tete Batu, sebuah wilayah di kaki Gunung Rinjani yang bisa kamu jelajahi dengan pesona alam indah dan menggoda.

Berada di ketinggian sekitar 700 Mdpl, Desa Tete Batu menyuguhkan hawa sejuk pegunungan yang menyegarkan, dan tentunya bebas polusi.

Perbukitan yang terjal dan area persawahan yang membentang menjadi pemandangan yang sangat menarik.

Di tempat ini kamu juga dapat menemukan air terjun, taman wisata, serta hamparan perkebunan tembakau yang memberikan nuansa alam yang berbeda.

Keindahan alam yang mempesona semakin sempurna dengan keramahan penduduk lokal yang masih menjaga nilai-niai tradisinya.

Lokasi: Desa Tete Batu yang terletak di Kecamatan Sikut, Lombok Timur.

Museum Mataram

Wisata Museum Mataram Lombok
Photo by Hipwee.com

Museum sejarah dan budaya ini diresmikan pada tahun 1982.

Ada banyak koleksi bersejarah yang disimpan di museum ini, yang tidak terbatas pada peninggalan suku di Lombok dan Sumbawa saja tetapi juga beberapa peninggalan bangsa Cina yang sempat singgah di Pulau Lombok untuk berdagang.

Di area lobby, kamu akan menyaksikan kolaksi buaya muara sepanjang 4,1 meter yang telah diawetkan, sementara di sisi kanan dan kiri terdapat beberapa lukisan tentang adat dan kesenian Pulau Lombok dan juga Sumbawa.

Ada juga koleksi mesin tenun tradisional yang banyak digunakan warga setempat untuk menghasilkan kain tenun.  Serta beberapa koleksi kain tenun khas Suku Sasak dan Suku Bima.

Tidak ketinggalan juga beberapa koleksi porselen antik peninggalan Dinasti Ching, serta berbagai macam patung dan alat permainan rakyat.

Bahkan naskah kuno berupa tulisan di daun lontar juga bisa dilihat di museum ini.

Mengunjungi museum ini bisa membuat kamu mengenal lebih jauh tentang sejarah dan budaya di Pulau Lombok yang masih lestari hingga saat ini.

Lokasi: Jl. Panji Tirta Negara No. 06, Mataram.

Rinjani Waterpark

Wisata Rinjani Waterpark Lombok Timur
Photo by @wahyutanoto22

Dengan luas lahan mencapai kurang lebih 1,8 hektare, Rinjani Waterpark menyajikan sensasi liburan seru bareng keluarga.

Konsep ecowater yang diusung oleh taman rekreasi ini berasal dari sumber mata air alami Rakam yang jernih dan menyegarkan.

Fasilitas yang disediakan pihak pengelola cukup lengkap dan memadai.

Selain berbagai wahana permainan seru di taman wisata air ini juga tersedia fasilitas pendukung lainnya seperti foot court, pelayanan keamanan, life guard dan juga ruang pertemuan.

Objek wisata ini buka setiap hari mulai pukul 09.00-18.00 WIB.

Lokasi: Rakam, Kecamatan Selong, Kabupaten Lombok Timur.

Cafless Waterpark

Obyek Cafless Waterpark Lombok
Photo by @setiawan__denny

Ada banyak wahana permainan seru yang bisa kamu coba, mulai dari kolam arus, blue hold, kolam anak, kolam dewasa, racer slide, waterboom, dan wahana lainnya yang tak kalah serunya.

Fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap, mulai dari area parkir, mushola, restoran, toilet, gazebo, dan fasilitas lainnya yang akan membuat pengunjung semakin nyaman.

Objek wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.00-18.00 WIB.

Lokasi: Jl. Raya Gunungsari-Tanjung Km2, No. 1, Kekait, Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat, NTB.

Nirwana Waterpark

Wisata Nirwana Waterpark Lombok
Photo by @baiqechyrichy

Beberapa wahana permainan air yang seru menawarkan aktivitas liburan yang menyenangkan, termasuk fasilitas arena futsal dan flying fox yang disediakan oleh pengelola.

Jadi tenmpat ini bisa menjadi alternatif liburan saat berada di Lombok.

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman, Rembiga, Kecamatan Mataram, Kota Mataram, NTB.

Kura-kura Waterpark

Wisata Kura-kura Waterpark Lombok
Photoi by Lomboknesia.blogspot.co.id

Kura-kura waterpark menyajikan pemandangan yang cukup unik dengan patung kura-kura yang mendominasi di beberapa sudut kolam renang.

Suasana yang teduh dan asri serta keberadaan patung kura-kura dalam berbagai gaya menjadi daya tarik tersendiri yang cukup menyita perhatian kamu nantinya.

Selain berenang dan bermain air, beberapa spot cantik berlatar patung kura-kura bisa kamu pilih untuk berfoto ria.

Lokasi: Sriwijaya, Kota Mataram, NTB.

Baca: 15+ Tempat Wisata di Malang Paling Populer, Ada yang Serem juga lho! Berani Coba?

Selain berkunjung ke tempat wisata di Lombok, kamu juga bisa berburu souvenir khas Lombok seperti kain tenun Songket Lombok dan juga topeng.

Untuk mendapatkan kain tenun handmade berkualitas, langsung saja ke Desa Sukarara, Kecamatan Jonggat Lombok Utara yang mayoritas penduduknya adalah penenun tradisional.  Sedangkan untuk pembuatan kerajinan kayu seperti topeng bisa dilihat langsung di Desa Labuapi, Lombok.