30+ Wisata Pantai di Gunung Kidul Jogja, Terbaru & Paling Hits Dikunjungi 2018!

Wisata Pantai di Gunung Kidul
Pantai Nguluran taken by @teraskaca

Nyero.ID – Gunung Kidul terkenal dengan wisata pantainya yang cukup beragam. Bahkan ada banyak destinasi wisata baru yang mulai hits dikunjungi saat liburan.

Jika dulu kita lebih mengenal Pantai Baron, Kukup, dan Krakal, maka saat ini ada banyak pantai tersembunyi di Gunung Kidul yang masih sepi namun menawarkan keindahan alam begitu cantik.

Tidak hanya pantai Jogan dengan objek air terjun di tepiannya, pantai Nguluran dengan teras kaca di atas tebingnya, pantai Timang dengan kereta gantung yang menghubungkan batu besar di tengah laut.

Lebih dari itu, terdapat deratan pantai romantis yang siap memanjakanmu. Bahkan kamu bisa menikmati momen sunrise, sunset hingga berkemah di area camping ground sekitar pantai.

Urutan pantai di bawah ini lebih didominasi oleh destinasi terbaru, namun kami juga menyertakan beberapa pantai hits yang sering diperbincakan di media sosial.

1. Pantai Nglolang Gunung Kidul

Destinasi Pantai Nglolang Gunung Kidul
Photo by @myheru

Buat kamu yang ingin merasakan sensasi liburan ala private beach, berwisata ke Pantai Nglolang bisa menjadi pilihan terbaik.

Pantai tersembunyi yang berada di sebelah barat Pantai Sepanjang ini menyajikan keindahan alam yang begitu memikat dengan suasana yang tenang layaknya pantai pribadi.

Menikmati keindahan pantai dan mengexplore spot-spt cantik untuk berselfie bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan di sini.

Selain itu, kamu bisa camping dan bersantai ria sambil menunggu momen sunset di sore hari. Sebagai catatan, kamu harus waspada dengan keberadaan bulu babi yang ada di sekitar karang.

Untuk tiket masuk, kamu hanya perlu membayar Rp 10.000/orang. Biaya ini sudah termasuk akses menuju ke pantai-pantai lainnya di sekitarnya.

Meskipun belum begitu ramai, namun fasilitas standar seperti toilet dan warung makan sudah disediakan oleh pengelola setempat, jadi kamu tidak perlu khawatir.

Lokasi: Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, DIY.

2. Pantai Sanglen Gunung Kidul

Wisata Pantai Sanglen Gunung Kidul
Photo by @firman_mahmudi

Satu lagi destinasi wisata pantai ala private beach yang bisa kamu singgahi saat liburan di Gunung Kidul, yaitu Pantai Sangleng, terletak diantara Pantai Watu Kodok dan pantai Sepanjang.

Keindahan pantai ini tidak kalah dengan pantai berpasir putih lainnya di Gunung Kidul. Namun, akses jalan menuju lokasi masih belum begitu bagus.

Tapi, kamu tidak perlu khawatir karena fasilitas yang tersedia sudah cukup memadai, seperti toilet, muashola, warung makan, dan persewa tenda.

Buat kamu yang ingin menenangkan diri di tempat sepi, Pantai Sangleng adalah pilihan terbaik. Kamu juga bisa berkemah dengan biaya retribusi sekitar Rp 7.000/orang.

Lokasi: Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, DIY.

3. Pantai Watu Kodok Gunung Kidul

Wisata Pantai Watu Kodok Gunung Kidul
Photo by @bangtotor_

Masih dengan keindahan pantai pasir putih dan birunya laut, kamu akan dimanjakan dengan suasana pantai yang masih sangat asri.

Di pantai ini, kamu bisa mengexplore keindahan pantai dari atas bukit, melakukan aktivitas camping, hingga berburu spot foto keren. Termasuk momen sunrise dan sunsetnya, tidak boleh kamu lewatkan.

Fasilitas yang tersedia di pantai ini cukup lengkap, mulai dari area parkir, toilet, warung makan, mushola dan penginapan.

Untuk biaya retribusi pun cukup murah, yaitu Rp 10.000/orang belum termasuk parkir kendaraan.

Lokasi: Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, DIY.

4. Pantai Nguluran Gunung Kidul

Wisata Pantai di Gunung Kidul
Pantai Nguluran taken by @teraskaca

Pantai Nguluran bukanlah pantai baru di Gunung Kidul, namun belakangan mulai hits karena memiliki spot baru yang terlihat unik.

Selain unik, spot ini juga terlihat ekstrim yaitu jembatan atau teras kaca tepat di atas bibir pantai.

Keunikan ini membuat wisatawan ramai berkunjung untuk sekedar berburu foto selfie maupun kegiatan swafoto dengan laut lepas sebagai latarnya.

Siapa pun yang berada di sini dan melihat ke bawah, akan nampak hempasan ombak yang begitu jelas.

Jadi bagi kamu yang ingin menguji keberanian dan menghasilkan foto keren, bisa berkunjung ke sini.

Untuk biaya retribusi wisatawan dikenakan tiket masuk sekitar RP. 5.000 dan biaya parkir sebesar RP. 2.000.

Lokasi: Bolang, Girikarto, Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, DIY.

5. Pantai Sarangan Gunung Kidul

Destinasi Pantai Sarangan Gunung Kidul
Photo by @intel_punk_046

Suasana pantai yang masih sangat alami dengan hamparan pasir indah dengan nuansa biru laut juga bisa kamu dapati di pantai Sarangan.

Ombak pantai yang tidak terlalu besar seolah menyapa lembut tebing batu karang di bibir pantai yang terlihat asri.

Di sini, kamu bisa bersantai lalu menikmati keindahan pantai. Selain itu, kamu juga bisa camping di kawasan pantai ini.

Untuk mendapatkan view cantik, kamu bisa naik ke atas bukit dan mengexplore keindahan pantai dari atas ketinggian, sangat recommend buat menyaksikan pesona sunrise di pagi hari.

Fasilitas di pantai ini juga sudah cukup memadai, seperti toilet, warung makan, gazebo, mushola, dan penginapan membuat liburanmu semakin nyaman dan menyenangkan.

Lokasi: Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, DIY.

6. Pantai Widodaren Gunung Kidul

Destinasi Pantai Widodaren Gunung Kidul
Photo by @norel08

Satu lagi pantai tersembunyi di Gunung Kidul yang akan memanjakanmu dengan pesona dan keindahannya. Pantai berpasir putih ini masih sangat alami dengan air lautnya yang begitu jernih.

Suasana pantai masih tenang, sangat cocok untuk melepas penat dan sejenak menyingkir dari kesibukan.

Di pantai ini kamu bisa menikmati keindahannya atau berkemah agar bisa menikmati suasana pantai lebih lama, terutama saat momen.

Lokasi: Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, DIY.

7. Pantai Nglimun Gunung Kidul

Wisata Pantai Nglimun Gunung Kidul
Photo by @musiid

Di pantai ini kamu akan dimanjakan dengan panorama pantai dan lautan biru yang begitu luas membentang, membuat pikiran semakin adem dan rileks.

Pantai ini masih satu kawasan dengan Pantai Ngedan, tepatnya di sebelah barat. Dari area parkir Pantai Ngedan, kamu hanya perlu berjalan kaki melewati jalan setapak berpaving sekitar 5-10 menit.

Kamu bisa menikmati keindahan pantai dari atas tebing karang karena keindahan alam yang tersaji begitu luar biasa. Lokasi wisata Pantai Nglimun juga menjadi spot favorit bagi para pemancing.

Lokasi: Desa Krambil Sawit, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, DIY.

8. Pantai Kayu Arum Gunung Kidul

Wisata Pantai Kayu Arum Gunung Kidul
Photo by @anasakhsani

Pantai yang masih bersih dan sangat alami ini berada di garis lurusi Baron Tekno Park (BTP) dengan jarak sekitar 1 km.

Tiket masuknya pun hanya perlu bayar Rp 5.000 di BTP dan sekalian titip kendaraan di tempat tersebut. Butuh waktu sekitar 20 menit untuk sampai ke lokasi pantai dengan berjalan kaki.

Tiba di lokasi pantai kamu akan dimanjakan dengan pesona pantai berpasir putih yang begitu eksotis, sangat recommend untuk menenangkan diri dan menghilangkan penat.

Lokasi: Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, DIY.

9. Pantai Wohkudu Gunung Kidul

Wisata Pantai Wohkudu Gunung Kidul
Photo by @rendy.febrian.5

Keindahan Pantai Wohkudu tidak perlu diragukan lagi, paduan warna alami yang begitu menggoda menjadi sebuah pemandangan yang luar biasa.

Hamparan pasir putihnya terlihat begitu kontras dengan sentuhan warna biru laut dan hijaunya bukit serta rerumputan di tepi pantai.

Selain itu tatanan tebing karang di sini, bisa kamu jadikan spot foto instgramable. Siapapun akan merasa kagum dan terpesona dengan keindahannya.

Kamu juga bisa camping di tepi pantai untuk menikmati keindahan pantai secara maksimal.

Tiket masuk ke pantai ini cukup murah, yaitu Rp 3.000/orang dan parkir Rp 2.000 untuk sepeda motor.

Lokasi: Wiroso, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, DIY.

10. Pantai Sepanjang Gunung Kidul

Wisata Hits Pantai Sepanjang Gunung Kidul
Photo by @bayu_yogantara

Jarak Pantai Sepanjang kurang lebih 70 km dari Kota Jogja dan bisa ditempuh sekitar 2 jam perjalanan.

Tiba di pantai ini kamu akan disambut dengan hamparan pasir putih yang sangat luas dan bersih dengan air lautnya yang begitu jernih.

Suasana yang masih sangat alami begitu tarasa membuat siapapun akan betah untuk menikmati keindahannya.

Selain menyajikan pesona alamnya yang memanjakan mata, di pantai ini kamu bisa melakukan berbagai macam aktivitas yang menyenangkan seperti jalan-jalan di sepanjang bibir pantai, camping, bersantai di gazebo, dan wisata kuliner.

Harga tiket masuk untuk menikmati keindahan Pantai Sepanjang cukup murah, yaitu Rp 10.000 per orang belum termasuk biaya parkir.

Harga tersebut sudah termasuk biaya retribusi untuk mengakses pantai lainnya, seperti Pantai Baron, Kukup, Krakal, Indrayanti,  Sundak dan Pok Tunggal.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata ini cukup memadai, diantaranya area parkir, mushola, kamar mandi/toilet, rumah makan, toko oleh-oleh dan area camping.

Lokasi: Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, DIY.

11. Pantai Sedahan Gunung Kidul

Wisata Hits Pantai Sedahan Gunung Kidul
Photo by @sukapergidarirumah

Destinasi wisata Pantai Sedahan bisa menjadi pilihan terbaik buat kamu yang suka menikmati momen liburan dengan sensasi petualangan.

Akses jalan yang tidak mudah sangat sepadan dengan keindahan Pantai Sedahan yang begitu menakjubkan.

Perpaduan antara pasir putih, laut biru dengan ombak yang bersahabat, dan batu karang di kedua sisinya membuat pesona Pantai Sedahan semakin tak terlupakan.

Selain bersantai ria dan berburu spot foto selfie, di kawasan pantai ini kamu bisa camping bareng teman-teman dengan biaya Rp 10.000/orang, untuk tiket masuk cukup bayar Rp 5.000 saja belum termasuk parkir.

Fasilitas yang tersedia sudah cukup memadai, seperti area parkir, kamar mandi, dan warung makan.

Lokasi: Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, DIY.

12. Pantai Jungwok Gunung Kidul

Wisata Hits Pantai Jungwok Gunung Kidul
Photo by @g.r.adityawan

Suasana pantai yang tenang dan relatif sepi membuat pantai ini terasa seperti pantai pribadi, terlebih dengan lingkungannya yang masih sangat alami.

Bukit batu karang di bibir pantai seolah menjadi pemecah ombak yang menghalau datangnya gelombang.

FYI, waktu terbaik untuk menikmati keindahan Pantai Jungwok adalah saat sunrise di pagi hari.

Untuk fasilitas tidak perlu khawatir, karena sudah ada toilet, warung makan dan juga deretan bangku di pinggir pantai yang eye catching sehingga membuat momen liburanmu semakin menyenangkan.

Lokasi: Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, DIY.

13. Pantai Watu Lumbung Gunung Kidul

Wisata Hits Terbaru Pantai Watu Lumbung Gunung Kidul
Photo by @iwan_jhunz16

Pantai yang masih sepi, tenang, alami dan begitu mempesona dengan air lautnya yang super jernih.

Meskipun perjalanan yang harus ditempuh untuk mencapai ke lokasi tidak akan mudah, namun semua kelelahan akan segera terbayar dengan pesona pantai yang menakjubkan.

Perpaduan antara batu karang dan deburan ombak yang cukup keras menghadirkan suasana pantai yang begitu menenangkan. Sangat recommend buat refreshing dan foto-foto.

Lokasi: Jl. Pantai Watu Lumbung, Balong, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul.

14. Pantai Wediombo Gunung Kidul

Wisata Hits Romantis Pantai Wediombo Gunung Kidul
Photo by @tamboer_tsu

Gugusan batu karang yang tersebar di beberapa titik menjadi sebuah pemandangan yang luar biasa.

Pantai dengan pasir putih ini memiliki ombak yang cukup tinggi sehingga tidak direkomendasikan untuk aktivitas berenang, namun keindahan pantai ini sudah cukup sempurna untuk memanjakan mata.

Pantai ini juga sangat terkenal dengan panorama sunsetnya yang begitu eksotis dengan batu karang berbentuk unik, tempat ini sangat cocok buat objek fotografi.

Tiket masuk Pantai Wedi Ombo cukup murah, yaitu Rp 10.000/orang. Adapun fasilitas yang tersedia cukup lengkap, mulai dari area parkir yang luas, toliet, warung makan, mushola hingga penginapan.  Di kawasan pantai ini kamu juga bisa camping atau berenang di laguna kecil yang tidak jauh dari pantai.

Lokasi: Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, DIY.

15. Pantai Greweng Gunung Kidul

Wisata Hits Keren Pantai Greweng Gunung Kidul
Photo by @anangnajib2

Butuh tenaga ekstra untuk bisa mencapai lokasi Pantai Greweng karena akses jalannya cukup terjal dan menanjak.

Sebaiknya, kamu menggunakan sandal atau sepatu yang nyaman buat tracking saat berkunjung ke lokasi karena jarak pantai dari parkiran masih cukup jauh sekitar 1,5 km.

Keindahan Pantai Greweng yang begitu eksotis akan membuat rasa lelah sirna seketika. Terlebih lagi, pantai ini sangat nyaman dijadikan tempat untuk berkemah.

Dua bukit karang yang menghijau di kedua sisi pantai berpadu dengan hempasan ombak yang cukup keras membuat suasana pantai semakin menyejukkan mata.

Sangat recommend buat kamu yang ingin menghabiskan akhir pekan dengan berkemah atau sekedar untuk hunting foto dengan latar ombak sedang.

Tiket masuk ke lokasi pantai cukup murah, yaitu Rp 5.000 sudah termasuk akses 5 spot pantai lainnya di wilayah tersebut.

Fasilitas seperti toilet dan warung makan juga sudah cukup memadai  sehingga membuat liburanmu semakin nyaman di sana.

Lokasi: Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, DIY.

16. Pantai Nglambor Gunung Kidul

Wisata Snorkeling Pantai Nglambor Gunung Kidul
Photo by @anajalianaindah

Salah satu spot snorkeling yang direkomendasikan untuk menikmati waktu liburan di Gunung Kidul adalah pantai Nglambor.

Air laut yang sangat jernih membuat pemandangan di bawah laut terlihat begitu mempesona. Tidak mengherankan jika pantai ini menjadi destinasi wisata favorit di Gunung Kidul.

Untuk aktivitas snorkeling dikenakan biaya sekitar Rp 50.000 untuk sewa perlengkapan, dilengkapi dengan kegiatan foto-foto di bawah air.

Untuk mencapai lokasi, kamu bisa menggunakan sepeda motor yang bisa langsung turun ke bawah, berbeda dengan mobil yang tidak bisa masuk ke lokasi pantai dan harus jalan sekitar 2 km.

Namun, untuk memudahkan wisatawan, tersedia jasa ojek dengan ongkos Rp 5.000 saja, murah kan!

Untuk restribusi masuk ke lokasi pantai dikenakan biaya Rp 10.000/orang dengan fasilitas toilet dan warung makan sudah cukup memadai.

Lokasi: Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, DIY.

17. Pantai Siung Gunung Kidul

Wisata Cantik Pantai Siung Gunung Kidul
Photo by @agung_ariyantooto

Keberadaan batu karang raksasa yang menjorok ke arah laut, menyerupai siung atau gigi taring, menambah daya tarik destinasi ini.

Bukit karang yang terbentang di sekitar pantai menjadi salah satu spot favorit untuk aktivitas fotografi dan kegiatan ekstrem seperti panjat tebing.

Dari atas bukit, kamu bisa menikmati keindahan Pantai Siung yang begitu mempesona dengan hamparan pasir putihnya yang lembut, juga bisa mengeksplore keindahannya dengan berswafoto.

Liburanmu juga akan semakin nyaman dengan beberapa fasilitas standar yang tersedia, seperti area parkir, toilet, warung makan dan penginapan.

Lokasi: Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, DIY.

18. Pantai Jogan Gunung Kidul

Destinasi Hits Pantai Jogan Gunung Kidul
Photo by @paunk_eigner

Selain menyajikan keindahan pantai yang begitu mempesona, salah satu daya tarik pantai ini adalah keberadaan air terjun dengan ketinggian sekitar 12 meter yang aliran airnya mengalir ke pantai.

Saat musim kemarau, debit air terjun sangat kecil. Meski begitu, ada banyak spot foto selfie yang kece yang bisa diexplore untuk melengkapi koleksi foto liburanmu.

Fasilitas yang tersedia sudah lumayan lengkap, mulai dari toilet, warung makan, mushola, dan warung kelontong.

Lokasi: Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, DIY.

19. Pantai Indrayanti Gunung Kidul

Wisata Hits Keren Pantai Indrayanti Gunung Kidul
Photo by @dewigadavi

Pantai Pulang Syawal atau lebih dikenal dengan nama Pantai Indrayanti menjadi salah satu destinasi wisata unggulan yang banyak direkomendasikan untuk dikunjungi saat liburan.

Memiliki tipikal yang sama dengan pantai lainnya di wilayah Gunung Kidul, pantai ini menyajikan keindahan alam yang memikat.

Dengan perpaduan garis pantai yang luas, pasir putih yang lembut dan birunya air di laut lepas.

Fasilitas di pantai ini cukup lengkap, seperti toilet, gazebo, penginapan, rumah makan dan cafe. Selain bersantai, kamu juga bisa menyewa jetski untuk aktivitas yang lebih seru. Tiket masuk cukup murah yaitu Rp 10.000.

Lokasi: Dusun Ngasem, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, DIY.

20. Pantai Sadranan Gunung Kidul

Wisata Hits Snorkeling Pantai Sadranan Gunung Kidul
Photo by @korinatour.id

Biaya retribusi untuk masuk ke kawasan Pantai Sadranan sangat bersahabat, yaitu Rp 10.000/orang belum termasuk parkir.

Pantai dengan hamparan pasir putih ini menawarkan sensasi liburan yang bikin rileks dengan view pantai yang menakjubkan.

Selain menyajikan keindahan pantai, keindahan bawah lautnya juga tak kalah menggoda. Kamu bisa melakukan aktivitas snorkeling dan berfoto di bawah air untuk sensasi liburan yang berbeda.

Waktu terbaik untuk menikmati keindahan alam bawah laut adalah di sore hari saat air laut surut. Kamu juga bisa menyewa kano untuk berkeliling pantai atau camping rame-rame di kawasan pantai untuk menikmati suasana pantai sepuasnya.

Akses jalannya sudah beraspal dan bisa dilalui bus, tapi tetap harus ekstra hati-hati karena jalurnya sempit, berliku dan menanjak.

Fasilitas yang tersedia cukup memadai, seperti area parkir, toilet, gazebo, persewaan alat snorkeling, kano, dan warung makan.

Lokasi: Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, DIY.

21. Pantai Ngandong Gunung Kidul

Wisata Hits Foto ria di Pantai Ngandong Gunung Kidul
Photo by @tristan_z.o.e

Letaknya yang tersembunyi membuat pantai ini terlihat lebih tenang dan syahdu dengan pemandangan alamnya yang menakjubkan.

Bukan hanya menawarkan keindahan semata, di pantai ini kamu juga bisa melakukan aktivitas yang menyenangkan seperti bermain kano dan snorkeling untuk mengexplore keindahan alam bawah lautnya.

Keberadaan batu karang besar menyerupai pulau menjadikan pantai ini cocok dijadikan tempat untuk berselfie maupun berswafoto, Kamu bisa menjadikan batu karang tersebut sebagai objek fotografimu.

Untuk tarif naik kano maupun snorkeling cukup terjangkau, masing-masing dikenakan biaya Rp 50.000 saja.

Lokasi: Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, DIY.

22. Pantai Seruni Gunung Kidul

Wisata Hits Terbaru Pantai Seruni Gunung Kidul
Photo by @ohhrama

Rute menuju ke lokasi Pantai Seruni masih satu arah dengan Pantai Pok Tunggal, jika ke Pok Tungga ambil arah kanan maka untuk sampai ke Pantai Seruni ambil arah yang ke kiri.

Letaknya yang tersembunyi diantara tebing batu karang yang tinggi membuat keindahannya semakin sempurna.

Keindahan pantai semakin terekspose dengan banyaknya postingan foto Pantai Seruni di media sosial.

Di pantai ini kamu bisa menikmati waktu santai dan merelaksasi pikiran, bermain air dan tentunya foto-foto.

Lokasi: Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, DIY.

23. Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul

Menikmati Sunset di Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul
Photo by @dditroger

Pohon Duras yang sebatang kara di tepi pantai membuat pantai ini terkenal dengan sebutan Pok Tunggal.

Pantai nan eksotis ini diapit oleh beberapa bukit, yaitu Bukit Tirta Pok Tunggal Asri di sebelah barat dan Bukit Panjong di sebelah timur.

Pantai yang didominasi dengan hamparan pasir putih dan birunya laut ini terlihat semakin sempurna dengan pesona sunset di kala senja menyapa.

Lokasi: Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, DIY.

24. Pantai Watu Lawang Gunung Kidul

Wisata Hits Keren Pantai Watu Lawang Gunung Kidul
Photo by @nana_racv

Sesuai dengan namanya, di pantai ini kamu akan menjumpai goa yang di depannya terdapat sebuah batu dengan bentuk menyerupai pintu.

Goa ini sering digunakan untuk upacara Nyadran oleh warga sekitar, yaitu setiap bulan Sya’ban.

Suasana pantai begitu tenang dengan hamparan pasir putihnya yang dipisahkan oleh dua batu karang besar.

Di pantai ini terdapat cekungan-cekungan batu karang yang di dalamnya terdapat ikan-ikan kecil.

Sekedar bersantai atau berburu spot foto kece bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan untuk mengisi waktu liburanmu di pantai ini.

Lokasi: Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, DIY.

25. Pantai Timang Gunung Kidul

Wisata Baru Paling Hits Pantai Timang Gunung Kidul
Photo by @hafizahkhalid93

Siapkan nyalimu untuk sensasi liburan yang memacu adrenalin di Pantai ini

Dari perjalanan yang cukup menantang dan butuh tenaga ekstra, kamu masih akan ditantang untuk melakukan aktivitas ekstrem lainnya.

Aktivitas ekstrem ini berupa menyeberang ke Pulau Timang dengan menggunakan kereta gantung tradisional di atas laut lepas.

Untuk aktivitas ini kamu akan dikenai biaya Rp 150.000. Selain kereta gantung kamu juga bisa mencoba sensasi jembatan gantung yang tak kalah ekstrem.

Pantai Timang memang tidak menyajikan keindahan khas pantai dengan pasir putihnya, pemandangan laut lepas dan aktivitas menyeberang di atas laut lepas menjadi daya tarik tersendiri yang cukup menyedot perhatian wisatawan.

Buat kamu yang kurang suka dengan aktivitas ekstrem bisa foto-foto dan menikmati keindahan Pantai Timang di gardu pandang yang tersedia.

Lokasi: Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, DIY.

26. Pantai Kesirat Gunung Kidul

Wisata Hits Baru Pantai Kesirat Gunung Kidul
Photo by @chan_ikhsan93

Satu lagi pantai eksotis di Gunung Kidul yang akan memanjakanmu dengan keindahannya.

Berbeda dengan pantai lainnya yang didominasi dengan hamparan pasir putih, Pantai Kesirat dikelilingi oleh tebing-tebing yang curam dan berbatasan langsung dengan laut dalam.

Satu-satunya cara terbaik untuk menikmati keindahan pantai ini adalah dengan camping di atas bukit.

Selain itu, banyak pemancing mania yang datang ke tempat ini untuk melakukan aktivitas rock fishing yang menyenangkan.

Lokasi: Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, DIY.

27. Pantai Gesing Gunung Kidul

Wisata Hits Terbaru Pantai Gesing Gunung Kidul
Photo by @damasrakanda

Pantai berpasir putih yang diapit oleh dua bukit karang ini juga menawarkan sensasi liburan yang asik dan menyenangkan.

Kamu bisa mengexplore keindahan pantai dari atas bukit, bisa juga berfoto ria dengan spot area perbukitan atau kamu bisa berkeliling menggunakan perahu nelayan yang disewakan.

Selain menikmati panorama pantai yang menyejukkan mata, kamu juga bisa berburu kuliner seafood dan nasi thiwul yang menggugah selera dengan harga yang relatif terjangkau.

Fasilitasnya pun sudah cukup lengkap mulai dari toilet, area parkir, warung makan dan masjid. Tiket masuk ke pantai Gesing sangat murah, yaitu Rp 6.000/orang sudah termasuk parkir kendaraan roda 2.

Lokasi: Panjolomulyo, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, DIY.

28. Pantai Ngrenehan Gunung Kidul

Wisata Hits Naru Pantai Ngrenehan Gunung Kidul
Photo by @ad.setya

Gugusan batu karang di kedua sisi pantai membuat pantai ini terlihat seperti teluk, semakin menawan dengan kombinasi warna biru laut dan langit yang membentang luas.

Di pantai ini, kamu bisa bermain air atau berenang di sekitar pantai dengan ombak yang cukup landai. Di tepi pantai juga terdapat deretan perahu nelayan yang membuat suasana pantai semakin berwarna.

Jangan lupa untuk mencicipi lezatnya sajian seafood sembari menikmati hembusan angin pantai yang menyejukkan.

Lokasi: Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, DIY.

29. Pantai Ngobaran Gunung Kidul

Wisata Baru Hits Pantai Ngobaran Gunung Kidul
Photo by @dayatulrochman

Salah satu ciri khas Pantai Ngobaran adalah keberadaan pura, mushola dan tempat ritual kejawen yang seolah menjadi simbol keberagaman dan toleransi yang mendalam di daerah ini.

Pantai ini hanya berjarak sekitar 2 km dari Pantai Ngrenehan sehingga bisa sekalian mampir. Di pantai ini kamu akan dimanjakan dengan suasana pantai yang begitu indah.

Saat air laut sedang surut, hamparan rumput laut yang menghijau membuat pemandangan di pantai semakin terasa sejuk.

Fasilitas yang tersedia di pantai ini cukup lengkap, seprti toilet, area parkir, dan warung makan dengan sajian seafood yang lezat.

Lokasi: Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, DIY.

30. Pantai Slili Gunung Kidul

Wisata Hits Kekinian Pantai Slili Gunung Kidul
Photo by @gufron.alghozali87

Pantai Slili menyajikan keindahan pantai yang begitu eksotis, dengan kombinasi pasir putih, bukit karang dan jernihnya lautan.

Paduan warna alami yang cukup kontras memberikan kesejukan tersendiri membuat pikiran semakin rileks, cocok dijadikan sebagai tempat rekreasi keluarga.

Saat air laut surut, kamu bisa melihat ikan-ikan kecil yang terjebak diantara bebatuan. Selain itu, kamu juga bisa berfoto selfie dengan background laut atau spot foto keren yang tersedia.

Fasilitas seperti kamar mandi, area parkir dan warung makan sudah cukup memadai sehingga liburanmu semakin nyaman.

Lokasi: Jl. Pantai Krakal, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, DIY.

31. Pantai Drini Gunung Kidul

Wisata Hits Kekinian Pantai Drini Gunung Kidul
Photo by @yudhausro

Pantai ini cukup unik karena memiliki dua sisi pantai yang berbeda, di sebelah barat memiliki karakter ombak yang cukup besar dan menjadi tempat berlabuh bagi perahu nelayan.

Sementara di sisi timur terdapat sebuah teluk seperti laguna yang dihiasi oleh hamparan rumput laut dan batu karang.

Air laut yang begitu jernih membuat pemandangan bawah laut terlihat jelas. Untuk mendapatkan view yang berbeda, kamu bisa ke puncak Pulau Drini melalui anak tangga yang sudah tersedia.

Kamu juga bisa menikmati lezatnya olahan ikan di beberapa warung makan yang ada di pantai ini.

Lokasi: Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, DIY.